ADS

Fgd Inkubator Bisnis (Kkib) Feb Undip

Forum Group Discussion (FGD) Inkubator Bisnis (KKIB) FEB UNDIP
Dunia training UMKM di Jawa Tengah semakin sempit ketika masing-masing pihak saling diperkenalkan satu dengan yang lain, menyerupai halnya ketika FGD Inkubator Bisnis (KKIB) FEB UNDIP yang mengundang segenap stakeholders dan mitra-mitra FEB UNDIP untuk mendengarkan sosialisasi dan konsep bisnis dari KKIB FEB UNDIP tesebut. Kegiatan ini berlangsung di Laboratorium Kewirausahaan FEB UNDIP di Kampus Tembalang.

Pastinya bukan untuk bersaing, alasannya yaitu kami justru ingin bersinergi satu dengan yang lain bahkan hadir di sini dari beberapa universitas yang mempunyai kegiatan yang hampir sama. Sinergi dan saling memperlihatkan masukan dan santunan merupakan semangat yang sempurna dalam membangun ekonomi Indonesia ketika ini.

Hadir dalam kegiatan ini wakil-wakil dari instansi pemerintah terkait, asosiasi, perguruan tinggi tinggi, perbankan, penggiat UMKM dan UMKM itu sendiri sehingga FGD kali ini dapat memunculkan masukan-masukan yang bermanfaat untuk semua stake holders.

Forum Group Discussion (FGD) Inkubator Bisnis (KKIB) FEB UNDIP
Kewirausahaan memang harus diperkenalkan semenjak dini kepada para mahasiswa biar mereka mempunyai alternatif pilihan lain selain menjadi job seeker sesudah lulus nanti. Sudah bukan jamannya lagi lulusan universitas mencari kerja, jaman kini mereka harus sudah dapat jadi job creator semenjak masih mengenyam pendidikan di perguruan tinggi tinggi.

Meskipun semenjak awal inkubator bisnis ini didesain untuk mahasiswa, namun pada pengembangannya nanti inkubator bisnis ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat umum yang tentunya pihak pengelola akan mempersiapkan banyak sekali hal yang dapat mengakomodasikan kebutuhan dari masyarakat yang ingin terjun dalam kewirausahaan.

Saran, masukan, kebanggaan dan sekaligus kritik telah ditampung dan ditanggapi dengan sangat kondusif. Dari pihak kami (Rumah UMKM) dan Google sedikit memperlihatkan kritik yang hampir menyerupai yaitu mengenai iming-iming modal awal dan modal training yang berdasarkan kami dapat mengaburkan fokus dan niat mereka berwirausaha. 

Saat ini yang diharapkan oleh para calon wirausaha yaitu kreativitas dan inovasi, justru degnan keadaan yang "tidak ada modal" sehingga kreativitas mereka terpacu dan teruji. Mungkin tujuan pemberian modal awal yaitu untuk memotivasi saja, namun kami justru kawatir bahwa pemberikan modal tanpa alasan penjualan dan undangan akan menciptakan mereka beralih fokus.

Secara keseluruhan, kami para stake holders dan kawan bersepakat untuk saling mendukung satu dengan yang lain alasannya yaitu training UMKM yaitu kiprah bersama bukan kiprah salah satu pihak. Sinergi yang terjadi akan banyak memperlihatkan laba banyak sekali pihak, dan percepatan pengembangan UMKM di Jawa Tengah akan dapat dicapai.














Subscribe to receive free email updates:

ADS