ADS

Umkm Hebat, Anda Akan Paham Dikala Anda Terlibat Di Dalamnya.

UMKM Hebat !
Akan sulit untuk memuji mereka hebat, ketika kita tidak terlibat dalam melihat eksklusif peran mereka. Merasakan semangat mereka untuk tetap survive, semangat mereka untuk belajar, semangat mereka untuk bermanfaat dan semangat mereka untuk mencapai cita-citanya, sungguh luar biasa. 

Mereka hebat? Mungkin seolah berlebihan ketika kami menyampaikan demikian, namun ketika di dikala yang sama kami juga menghadapi betapa banyak orang  yang "belum" punya keberanian memulai sesuatu, maka kami melihat perbedaan antara lebih dan kurang. Ternyata tidak gampang untuk membangun keberanian, tidak semua orang bisa.

Mereka hebat? Sebuah pertanyaan sederhana, apakah kita selalu termotivasi untuk belajar? Dari perjalalanan bertahun-tahun bersama mereka, hingga kini pun mereka masih terus semangat untuk belajar, berguru untuk selalu lebih baik dari sebelumnya. 

Mereka hebat? Ya, mereka telah pertanda dalam kondisi apapun mereka masih survive hingga sekarang. Mereka telah berguru bangun dari titik terendah mereka, merangkak niscaya untuk setahap demi setahap lebih baik dari sebelumnya.

Mereka hebat? Ya, hingga kini pun mereka masih tetap fokus pada impian mereka yang sederhana yaitu "tetap bertumbuh dan berkembang".

Tugas para penggiat dan pendamping UMKM ialah selalu menjaga motivasi mereka untuk terus berguru dan berkembang. Sebenarnya beberapa teori bisnis yang kami berikan hanyalah semacam tonggak-tonggak pijakan kaki untuk mereka naik ke jenjang yang lebih tinggi. Pada saatnya nanti mereka akan berada di atas kita, dan setidaknya kita bisa meminta tunjangan mereka untuk membina UMKM yang lain. Semua ada gilirannya.

UMKM Hebat ialah UMKM yang Mandiri.

Kemandirian ialah suatu taraf entrepreneurship yang kami harapkan dari UMKM-UMKM yang telah melalui jenjang-jenjang pembinaan, baik oleh kami maupun dari pemerintah. Mereka harus tetapkan sendiri kapan mereka akan berhenti "menyusu" kepada pemerintah untuk kemudian memulai petualangan bisnis mereka sendiri.

Biarlah pemerintah berganti asuhan dengan UMKM-UMKM yang baru, yang memang harus dibimbing dan dibina menyerupai UMKM yang sebelumnya. 

Mandiri dan bisa bersaing global ialah tujuan dari proses training kami. Memberikan peluang kepada mereka untuk berinteraksi dengan pasar ialah jalan yang bijaksana untuk membangun profesionalisme mereka. Setiap kegagalan mereka berinteraksi dengan pasar ialah indikasi kepada kami untuk selalu memperbaiki persiapan dan pembekalan kami kepada mereka.

Produk yang berkualitas ialah kata kunci yang harus dipahami oleh setiap UMKM. Produk yang unik dan menunjukkan solusi dan benefit kepada customer ialah peluang mereka dalam memenangkan persaingan. 

Layanan dan komunikasi yang baik ialah cara untuk membangun kepercayaan pasar. Dan harga ialah budi anda untuk membuatkan pasar anda. Ketika anda mengambil porsi keuntungan yang besar maka porsi dari kawan bisnis anda akan menyempit sehingga peluang mereka untuk berkembang juga akan semakin tipis. Semoga goresan pena singkat ini bermanfaat, tetap semangat dan sukses!
 


Subscribe to receive free email updates:

ADS