ADS

Orang Sukses Ialah Orang Yang Mau Terus Belajar

Maju bersama Kadin Jateng
Semakin kritis dan esensial pertanyaan dari teman-teman UMKM, hal ini yang menciptakan aku bahagia menghadapinya meskipun kadang banyak pertanyaan yang sulit aku jawab ketika ini. Salah satu pertanyaan dari mereka ialah "kriteria orang yang sukses", yang sering terlontar dari mereka yang tentunya balasan yang akan keluar dari verbal aku akan menjadi contoh mereka untuk menata diri dan usahanya.

Sebuah pertanyaan yang kalau kita dalami maksudnya, menciptakan aku bangun di antara pertaruhan yang mendebarkan, sebab kalau aku jawab dengan salah maka seolah aku menjerumuskan mereka dengan tujuan yang salah. Jawaban yang benar pun sifatnya sangat relatif.

Akhirnya aku jawab pertanyaan itu sebagai berikut, semua dalam konteks biar para binaan kami selalu merasa termotivasi dan terus berkembang:
  1. Sukses ialah proses, dan bersifat dinamis. Jika kita mencontohkan sukses itu dengan sebuah sosok "orang sukses" maka bekerjsama kita menawarkan contoh statis, sebab seharusnya yang kita contohkan ialah rangkaian upaya bagaimana beliau mencapai level tersebut. "Orang sukses" tersebut senantiasa harus bergerak maju, tetap berkembang dan lebih baik dari ketika beliau dicontohkan.
  2. Sukses bukanlah tujuan final dari suatu perjalanan, karena sukses tidak ada akhirnya. Karena sukses senantiasa bergerak beriringan dengan waktu, maka sukses tidak mengenal kata akhir. Perjalanan menjadi lebih baik, lebih baik dan lebih baik lagi merupakan rangkaian perjalanan yang ketika panjang. Anda tidak perlu melihat tujuan yang sangat panjang tersebut, cukup ketika hari ini lebih baik dari kemarin saja.
  3. Sukses bukanlah sekedar nilai nominal yang kita buat, melainkan nilai manfaat yang dapat kita berikan kepada orang lain. Banyak orang yang berhasil membukukan nominal yang luar biasa dalam perjalanan perjuangan dan hidupnya, namun ketika semua hasil itu tidak bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan, maka mereka bukanlah orang sukses sebab sukses bukanlah untuk diri sendiri melainkan harus membuatkan dengan sesama dan lingkungan.
  4. Sukses merupakan sebuah proses yang terukur dan tertata dengan baik, sehingga hal ini seharusnya dapat menjadi rujukan proses bagi orang lain. Jarang sukses diperoleh dari hal yang namanya "kebetulan", sebab kalau hal ini terjadi maka waktu penikmatannya hanyalah sebentar, melainkan sebab sebuah upaya "yang sesungguhkan" teratur dan tertata meskipun kadang kita jarang menyadarinya.
  5. Sukses dimulai dari upaya pribadi untuk memperbaiki pola pikir dan perilaku mental, tidak dapat dikelola secara kolektif. Sehingga upaya memotivasi kesuksesan harus fokus pada masing-masing pribadi (one-to-one motivation).
  6. Sukses ialah sebuah harmonisasi nilai hidup seseorang, nilai agama dan nilai usaha. Sukses tidak dapat dilihat dari satu sisi saja, melainkan harus dilihat dari sisi-sisi yang lain. Kesuksesan di satu sisi sering tidak dapat berlangsung lama, ketika di sisi yang lain tidak demikian adanya. Seringkali orang sukses hanya dilihat dari sisi perjuangan (bisnis).
Ke-6 Jawaban di atas itulah balasan saya, yang tentunya bukan sebuah pedoman atau hukum melainkan apa yang aku pikirkan ketika ini. Tidak hanya mereka, kami pun selalu butuh motivasi untuk menjadi sukses dan motivasi itu ada pada ke-6 balasan aku tersebut.
 
Semoga sharing ini bermanfaat, dan dapat menjadi ihwal buat teman-teman UMKM yang lain. Orang yang sudah merasa sukses hari ini, ialah orang yang tanpa sadar menggali ketidaksuksesannya sendiri.



Subscribe to receive free email updates:

ADS