ADS

Pemasaran Penting, Sebab Tiba Di Awal Dan Di Simpulan Bisnis Anda.

Apa yang customer anda pikirkan ?
Selalu menarik jikalau bicara mengenai marketing, mulai dari definisi hingga dengan seni administrasi marketingnya. Meskipun sudah terbekali dengan teori marketing yang berlimpah, kadang sulit untuk menciptakan seni administrasi marketing yang efisien dan efektif dan itulah kenyataannya.

Bahkan di kalangan pelaku UMKM, merka masih sulit membedakan apa itu marketing apa tiu sales. Pemahaman bahwa pemasaran yaitu cara-cara bagaimana "membuang" produk secepat-cepatnya dan ketika ditanya apa bedanya dengan penjualan, sementara dari mereka masih menjawab bahwa penjualan dan pemasaran yaitu sama.

Lebih parah lagi, masih ada sementara pihak menyakini bahwa dalam pemasaran yaitu sen kelicikan yang menjauhkan customer dari kenyataan sebenarnya.

Marketing yaitu seni bagaimana memberikan kondisi yang sebenarkan dari bisnis anda, marketing yaitu seni bagaimana anda mengenali dan mengidentifikasi pasar, berkomunikasi untuk memahami kebutuhannya, bisa memuaskan kebutuhan pelanggan dengan produk yang dihasilkannya serta bisa menghasilkan keuntungan. Pemasaran atau marketing berbeda dengan penjualan, jikalau marketing berfokus pada pasar sedangkan penjualan berfokus pada produk, penjualan merupakan salah satu bab dari pemasaran.

Mengapa Marketing Begitu Penting ?

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa marketing itu penting sesudah produk sudah dihasilkan, namun dalam pembuatan konsep dan bisnis plan marketing harus sudah hadir semenjak awal. Pertimbangan pemasaran hadir dikala penentuan keputusan produk, dan hal ini yang sering diabaikan oleh para pelaku UMKM pada umumnya.

Membuat produk tanpa mempertimbangkan aspek pemasaran semenjak awal sering memunculkan banyak permasalahan penjualan pada akhirnya. Hal ini sering dikeluhkan oleh para pelaku UMKM alasannya yaitu memang semenjak awal tidak pernah mempertimbangkan aspek pemasaran di awal konsep. Bahkan beberapa produk yang unik sekalipun justru hadir dengan dasar fatwa pemasaran yang kuat.

Bagaimana mengenali pasar dan mengidentifikannya melalui segmentasi pasar, targeting dan positioning menjadi sangat penting sebagai dasar pembuatan seni administrasi marketing. Dalam seni administrasi produk sekalipun, differensiasi bisa dilakukan ketika kita tahu siapa pasar kita dan siapa pesaing kita sehingga kita bisa memilih differensiasi apa yang akan kita lakukan terhadap produk kita. Hal serupa terjadi juga pada seni administrasi harga, seni administrasi distribusi dan seni administrasi promosi yang akan kita lakukan setelahnya.

Datang di awal dan di akhir, memang benar adanya. Karena tujuan dari pemasaran yaitu memuaskan pelanggan. Jika kita tidak tahu ekspektasi pelanggan, bagaimana ktia bisa memuaskan (memenuhi) kebutuhannya? Komunikasi yang efektif dan berfokus pada customer merupakan kunci bagaimana produsen bisa mempertemukan apa yang menjadi ekspektasi customer dengan produk yang dihasilkannya. Apakah produk tersebut merupakan solusi atas dilema (kebutuhan) customer? Apakah produk tersebut memperlihatkan manfaat bagi customer?

Hal-hal yang fundamental ini jikalau bisa dipahami dan diapplikasikan dalam aktivitas bisnis para pelaku UMKM, maka revolusi besar akan terjadi dalam bisnis mereka. Bisnis mereka ada alasannya yaitu customer, dan mungkin ini yang memperlihatkan pemahaman bahwa customer yaitu raja.



Subscribe to receive free email updates:

ADS