Tanpa disadari, pergeseran dari media korporasi ke media personal semakin terang arahnya. Saat inilah para blogger atau celegram yang lebih dikenal dengan sebutan "influencer" mempunyai peluang yang besar untuk berkembang. Bukan omong kosong, alasannya nyatanya memang demikian besar pengaruhnya kepada audience yang disasar.
Blog atau akun sosial media yang mempunyai pasar yang segemented yaitu media yang diharapkan oleh para pemilik merk untuk berpromosi. Baik secara pribadi maupun melalui agency, para pemilik merk terus melaksanakan perburuan influencer yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Selling Up, Branding Up Bersama DiahDidi.Com |
Market Brief
Dominasi pasar oleh generasi milenial membawa dampak perubahan sikap pasar yang sangat signifikan. Beberapa ciri sikap generasi milenial yaitu mobile & connected, high flexibility, high speed, spesialisasi, menyukai kepraktisan dan efektif. Perilaku ini menunjukkan stimulasi terhadap akselerasi transformasi digital yang sedang berlangsung ketika ini.
Dominasi pasar oleh generasi milenial membawa dampak perubahan sikap pasar yang sangat signifikan. Beberapa ciri sikap generasi milenial yaitu mobile & connected, high flexibility, high speed, spesialisasi, menyukai kepraktisan dan efektif. Perilaku ini menunjukkan stimulasi terhadap akselerasi transformasi digital yang sedang berlangsung ketika ini.
Selaras dengan perubahan ini, media promosi yang diharapkan oleh pasar yaitu media yang bersifat online dan mobile, mengingat waktu mereka dalam keseharian tersita oleh kedekatannya dengan smartphone. Media online ini terbukti telah menggeser media-media konvensional menyerupai TV, Radio dan Surat Kabar. Konten promosi pun ketika ini menyesuaikan dengan perkembangan media ketika ini, yaitu konten online baik berupa visual maupun audio visual. Konten visual menjadi sangat penting dalam melaksanakan komunikasi dengan pasar.
DiahDidi.Com
DiahDidi.Com yaitu media online yang membidik pembaca perempuan yang menggemari aktivitas “memasak” dengan konten berisikan edukasi masak beserta resep-resepnya. Yang menarik dari DiahDidi.Com yaitu pembacanya yang sangat loyal dan organik. Mengapa organic? Karena pembaca-pembaca DiahDidi.Com tidak dipicu oleh iklan melainkan dengan sukarela mereka mengikuti blog masak ini semenjak awal. Hal inilah yang mengakibatkan daya tarik tersendiri bagi para advertiser di samping jumlah viewer-nya yang cukup besar setiap harinya.
Making Cooking Video, DiahDidi.Com |
DiahDidi.Com yaitu media online yang membidik pembaca perempuan yang menggemari aktivitas “memasak” dengan konten berisikan edukasi masak beserta resep-resepnya. Yang menarik dari DiahDidi.Com yaitu pembacanya yang sangat loyal dan organik. Mengapa organic? Karena pembaca-pembaca DiahDidi.Com tidak dipicu oleh iklan melainkan dengan sukarela mereka mengikuti blog masak ini semenjak awal. Hal inilah yang mengakibatkan daya tarik tersendiri bagi para advertiser di samping jumlah viewer-nya yang cukup besar setiap harinya.
Food blog DiahDidi.Com biasanya dimanfaatkan oleh advertiser atau sponsor untuk memenuhi sasaran mereka dalam visibilitasnya Google Search. Selain blog DiahDidi.Com, media ini juga berasosiasi dengan social media pendukung yaitu Face Book, Instagram dan YouTube.
Social media yang sangat mendukung promosi suatu merk ketika ini yaitu Instagram dan YouTube, yang tentunya mempunyai karakteristik dan kelebihan masing-masing. Jika dulu IG @bunda_didi yaitu pendukung dari DiahDidi.Com, ketika ini IG @bunda_didi sudah sanggup berdiri sendiri sebagai media promosi yang sangat efektif sebagai “awareness”. Sementara YouTube juga kami bangkit untuk untuk menjadi “arsip” promosi audio visual yang sewaktu-waktu sanggup diakses dengan gampang secara mobile selain sebagai media promosi itu sendiri.
Social media yang sangat mendukung promosi suatu merk ketika ini yaitu Instagram dan YouTube, yang tentunya mempunyai karakteristik dan kelebihan masing-masing. Jika dulu IG @bunda_didi yaitu pendukung dari DiahDidi.Com, ketika ini IG @bunda_didi sudah sanggup berdiri sendiri sebagai media promosi yang sangat efektif sebagai “awareness”. Sementara YouTube juga kami bangkit untuk untuk menjadi “arsip” promosi audio visual yang sewaktu-waktu sanggup diakses dengan gampang secara mobile selain sebagai media promosi itu sendiri.
Secara umum DiahDidi.Com masih relevan dengan perubahan-perubahan pasar sebagaimana yang kami gambarkan di atas.
Apa yang Bisa Dilakukan DIahDidi.Com untuk Membangun Sebuah Brand?
Kehadiran konten DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi sudah menjadi rutinitas penantian harian bagi para viewer dan followernya. Jumlah viewer, follower dan peringkatnya dalam Google Search menunjukkan peluang yang lebih besar bagi sebuah merk untuk mengambil perhatian para viewer dan follower DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi.
Make a Cooking Video, DiahDidi.Com |
Kehadiran konten DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi sudah menjadi rutinitas penantian harian bagi para viewer dan followernya. Jumlah viewer, follower dan peringkatnya dalam Google Search menunjukkan peluang yang lebih besar bagi sebuah merk untuk mengambil perhatian para viewer dan follower DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi.
Liputan produk dengan kemasan sajian resep DiahDidi.Com dirasakan oleh para pengiklan cukup membawa imbas (influence) kepada viewer dan follower. Foto produk dalam kaitan resep DiahDidi.Com di IG @bundadidi serta video pembuatan resep dengan produk pengiklan juga menunjukkan dampak yang cukup berpeluang tinggi untuk menjadi sebuah awareness. Sementara itu promosi berupa konten audio visual melalui YouTube juga sanggup sangat mendukung produk pengiklan tersebut.
Apa yang telah dilakukan DiahDidi.Com untuk Brand?
Beberapa merk yang diperkenalkan semenjak awal oleh DiahDidi.Com yaitu produk Kongbap dari Marifood, Gula Cari dari Gulanas, produk-produk tepung premix dari Sriboga Flour Mills. Banyak produk-produk kuliner yang secara sporadik melaksanakan promosi melalui media DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi menyerupai Supermi, Kecap Indofood dan berbagai produk-produk dari UMKM. Untuk produk perlengkapan masak, beberapa merk yang sudah berafiliasi dengan kami yaitu Rupa-Rupa.Com, Mito, Vicenza, Panasonic, Mito, Medina, Caraca, Tupperware, Lock & Lock dan sebagainya.
Nilai Item Jasa Yang Ditawarkan DiahDidi.Com
Beberapa merk yang diperkenalkan semenjak awal oleh DiahDidi.Com yaitu produk Kongbap dari Marifood, Gula Cari dari Gulanas, produk-produk tepung premix dari Sriboga Flour Mills. Banyak produk-produk kuliner yang secara sporadik melaksanakan promosi melalui media DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi menyerupai Supermi, Kecap Indofood dan berbagai produk-produk dari UMKM. Untuk produk perlengkapan masak, beberapa merk yang sudah berafiliasi dengan kami yaitu Rupa-Rupa.Com, Mito, Vicenza, Panasonic, Mito, Medina, Caraca, Tupperware, Lock & Lock dan sebagainya.
Nilai Item Jasa Yang Ditawarkan DiahDidi.Com
Beberapa produk promosi yang sanggup dimanfaatkan oleh merk atau pengiklan yaitu sebagai berikut:
- Ulasan Produk @ DIahDidi.Com (Website)
- Posting Foto + Resep @bunda_didi (IG)
- Posting Video Resep @bunda_didi (IG)
- Cooking Video at YouTube by DiahDidi.Com
- Cooking Video with Client (working hours)
- Advertising @ DiahDidi.Com (Website), Size: 300x250 pixel Event Online, Excld. Prize (Fee Management)
Remark:
- Untuk event online, harga hanya fee penyelenggaranan event online di website DiahDidi.Com dan semua social media (facebook dan instagram @bunda_didi), belum termasuk hadiah dan pengiriman hadiah.
- Cooking video with Client durasinya yaitu selama jam kerja (per session).
- Video resep kuliner yaitu video dengan single shoot dengan memakai camera smartphone sebagaimana video-video terbaru DiahDidi.Com di IG @bunda_didi
Demikian apa yang sementara ini ditawarkan kepada Prospek Customer untuk kerjasama promosi dengan DiahDidi.Com beserta social medianya.Untuk keterangan lebih lanjut sanggup kontak WA ke 082134823929.