ADS

Benarkah Sudah Banyak Yang Beralih Ke Gula Cair ?

Gula Cair, produk UMKM untuk konsumsi industri.
Mengawal promosi dan pemasaran produk salah satu binaan kami ini, menunjukkan banyak wawasan dan pengetahuan kami wacana produk gula cair ini. Bahkan ketika produk ini kami bawa untuk kompetisi UKM Pangan Award 2016 lalu, dan bisa menjadi runner up untuk salah satu kategori, hal ini menunjukkan motivasi kepada kami bahwa produk ini benar-benar mempunyai prospek pemasaran yang anggun di masa mendatang.

Sebagaimana perjalanan bisnis brand-brand lain, GULANAS (merk Gula Cair) ini juga mengalami banyak hambatan di awal perjalanan mulai dari kualitas, kapasitas produksi, kemasan, teknologi maupun finansial. Justru bukan sekedar duduk perkara pengetahuan dan pemahaman mengenai produksi yang membuatnya terus berkembang, melainkan justru contoh pikir dan perilaku mental dari pelaku UMKMnya yang membuatnya demikian.

Ulet, tangguh, selalu termotivasi dan positif thinking dari pelaku UMKM ini, selalu menjadi catatan bagi kami betapa hal-hal tersebut merupakan asset terbesar dari entrepreneurship. Sikap dapat berdiri diatas kaki sendiri dan siap hadir dalam persaingan merupakan hal-hal penting yang harus dimiliki oleh para pelaku UMKM yang lain.

Produk gula cair dalam jerigen 5 liter yang siap disupply untuk industri besar dan menengah.
Terseok-seok di awal perjalanan sudah pasti, tetapi tetap bisa bertahan bahkan semakin berkembang itulah yang paling penting dalam perjalanan bisnis. Memasok beberapa pasar modern merupakan wujud keberanian UMKM yang satu ini, alasannya ialah ketika itu justru kondisi keuangan perusahaan sedang tidak aman namun ternyata keputusan yang diambil tidak salah alasannya ialah jalur ini memang harus ditempuh supaya brand-nya semakin dikenal masyarakat.

Sebagai produk skala UMKM yang masih gres dalam kancah pertempuran gula cair, dimana brand-brand raksasa sudah bercokol sebelumnya, tentunya bukan perkara gampang untuk menyakinkan pasar. Tetapi dengan impian untuk "hadir" dalam pertempuran saja, sudah cukup menunjukkan sebuah alternatif bagi pasar untuk memilih piliihannya.

Jika ketika ini penjualan dari produk ini semakin meningkat, maka aliran mudah kami ialah bahwa produk ini sudah mendapat awareness dari pasar dan sedikit banyak pasar sudah teredukasi dengan keberadaan produk gula cair yang lebih mudah dari gula pasir. Bahkan ketika ini produk ini sedang berjuang untuk mendapat sertifikasi dan akreditasi bahwa produk gula cair ini lebih sehat kaena mempunyai IG (index glikemik) yang rendah. Pasar yang dilayani ketika ini ialah rumah tangga dengan kemasan botol dan industri dengan kemasan jerigen yang keduanya bisa berjalan dengan baik.

Pengembangan Produk

Terus berinovasi dengan pengembangan produk, GULANAS juga sedang berbagi produ gres berupa Flavoured Ligquid Cane Suger dengan varian rasa orange, strawberry, cocopandan, melonn dan leci. Yang menarik ialah flavour yang ditambahkan berasal dari buah alami sehingga masih dalam konsep sehat yang diyakininya.
 
Produk Flavoured Liquid Cane Sugar
Dengan pencapaian yang telah diraih kini ini, justru perusahaan harus semakin fokus pada posisinya sebagai manufaktur sehingga nantinya UMKM ini akan banyak menggandeng biro maupun kawan pemasaran yang lain. Tidak disangsikan lagi bahwa produk gula cair ini akan menjadi produk massal (industri) di masa mendatang sehingga menunjukkan optimisme kepada kawan untuk berhubungan dengan GULANAS.

Satu kewajiban yang sedang kami garap bareng dengan UMKM ini ialah menunjukkan edukasi produk kepada masyarakat dan juga melaksanakan promosi secara kontinyu kepada pasar. Hal mana yang merupakan dasar dalam membangun optimisme kepada para kawan bahwa perusahaan ini berkembang dan pasar berhak untuk mendapat alternatif produk dan mendapat solusi dari duduk perkara kepraktisan dan kesehatan.

Selain fokus pada pasar lokal di pulau Jawa, UMKM ini pun sudah bertekad untuk menembus pasar ekspor alasannya ialah sudah dilengkapi dengan banyak sekali legalitas yang diperlukan untuk kebutuhan ekspor. Beberapa usul ekspor pun sudah mulai dipenuhi, meskipun belum dalam skala FCL alasannya ialah masih dalam taraf ujicoba produk. 

Beberapa industri masakan dan minuman besar pun sudah melaksanakan ujicoba produk menyerupai industri kecap untuk produk gula merah cair, industri kudapan dan beberapa industri minuman. Sudah beberapa industri yang sudah menunjukkan keputusan untuk memakai produk gula cair ini meskipun dilakukan dengan cara yang bertahap. Beberapa UMKM di bidang pangan pun sudah banyak yang mulai memakai produk gula cair ini alasannya ialah duduk perkara kepraktisannya.

Waktulah yang nanti akan menunjukkan tanggapan bahwa memang produk gula cair ini sudah diterima oleh pasar, dan masyarakat mulai beralih kepada produk gula dalam wujud cair ini. Momen inilah yang kami tunggu untuk menciptakan UMKM ini menjadi besar, dan setidaknya kami mempunyai dongeng yang lengkap atas training UMKM, mulai dari awal dan diakhiri dengan sukses.



Subscribe to receive free email updates:

ADS