ADS

Sdm & Teknologi, 2 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Dalam Perubahan Bisnis.

SDM & Teknologi, 2 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Dalam Perubahan Bisnis.

Jangankan perusahaan skala UMKM, bahkan masih banyak perusahaan besar pun ada yang belum menyadari bahwa perusahaan bisnis telah terjadi. Mereka masih berkutat dengan cara-cara yang konvensional dalam menuntaskan permasalahan-permasalahan bisnis yang terjadi ketika ini, contohnya pada menurunnya sales dan memudarnya merk mereka.
 
Bahkan bisa jadi bahwa merk mereka ketika ini malah head to head dengan merk kecil yang secara masif mempromosikan diri melalui sosial media yang murah. Dalam revolusi digital ketika ini hal tersebut ialah lumrah adanya. Disrupsi merk ! Sekali lengah maka brand-brand besar tersebut akan terlibas oleh gerakan cepat dari brand-brand kecil yang begitu gencar berkomunikasi dengan pasarnya di social media.
 
Pasar tengah berubah, pasar terus bereksplorasi pada hal-hal yang gres sebagaimana abjad secara umum dikuasai dari generasi millenial yang menguasi pasar ketika ini. Perubahan ini tentunya mempengaruhi bisnis kita ketika ini, dan menuntut perubahan-perubahan fundamental dalam taktik dan format bisnis yang ada ketika ini.
 
Banyak hal yang harus berubah dalam bisnis kita, tetapi ada 2 hal yang paling fundamental untuk memulai perubahan tersebut, yaitu:
  1. SDM, kunci sukses dari awal perubahan ialah perubahan SDM dalam bisnis kita. Apakah SDM yang kita miliki telah bisa menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada? Apakah kita telah memahamkan perubahan ini kepada mereka? SDM yang kompeten yang tidak "mati" oleh rutinitas ialah SDM yang diharapkan untuk menjawab perubahan-perubahan pasar yang ada. Mereka harus bisa update dengan segala jalan masuk isu yang mereka miliki, dan mereka harus benar-benar melek teknologi terkini.
  2. Teknologi, ialah alat bantu perusahaan yang wajib dimiliki. Mulai dari internet, website, sosial media dan applikasi penjualan, promosi dan pembayaran harus dibentuk sedemikian mudahnya untuk customer mereka. Dengan teknologi ini pula perusahaan akan mulai membangun network bisnis yang lebih cepat dan bisa berkomunikasi dengan pasar yang lebih luas.
Dengan melaksanakan persiapan pada kedua kompoen di atas, ke depannya perusahaan akan sangat memungkinkan untuk menciptakan konsep-konsep bisnis yang lebih "entertaining" kepada customer ketikan customer mereka butuh "experience" yang lain dari apa yang pernah mereka dapatkan sebelumnya.
 
SDM menjadi sangat penting ketika dalam kondisi tersulit, perusahaan harus berubah total dalam bisnisnya, atau format bisnisnya. Karena hal ini sangat memungkinkan dalam revolusi digital di masa mendatang. SDM yang bermental entrepreneur ialah SDM yang diharapkan oleh perusahaan di masa mendatang. Suskes!
 
 
 
 

Subscribe to receive free email updates:

ADS