ADS

Memperkuat Konsep Bisnis Anda Biar Survive Dan Grow.

Memperkuat Konsep Bisnis Anda Agar Survive dan Grow.
Dari pengalaman di lapangan, banyak saya temui beberapa pelaku UMKM memulai bisnisnya dengan "terencana" dan "spontan". Bukan dilema anggun yang mana, tetapi bagaimana kita perlu mempertajam konsep yang sudah ada (terencana) dan juga menata yang bersifat "spontan".

Akan sering terjadi banyak pembiasaan pada konsep-konsep bisnis kita dikala kita menjalankan bisnis, dan hal tersebut ialah masuk akal adanya. Setiap pembiasaan yang terjadi akan memperkaya dan mempertajam perbaikan konsep kita menuju sebuah portofolio bisnis yang sangat berharga di masa mendatang. Portofolio bisnis ini merupakan asset intangible kita yang mungkin dapat berharga lebih mahal dari asset fisik kita. kita harus membangun bisnis dengan aliran yang sepert ini. Ada konsep dan planning bisnis yang telah terkoreksi sebagai "best practise" dan ada "bukti fisik" keberlangsungan bisnis itu sendiri.

Seringkali hal yang terlihat sederhana justru tidak sesederhana itu, alasannya ialah semakin sederhana bisnis yang kita sodorkan maka bahwasanya kita harus semakin mempu membuat setiap elemen bisnis tersebut spesial, detail dan mendalam. Detail dan kedalaman dari setiap elemen bisnis hanya dapat dicapai apabila kita telah mengalaminya dan membuat setiap solusi atas semua permasalahan yang terjadi.

Ambil misal, seorang pedagang bakso dalam menyikapi persaingan bisins: Dia harus terus berpikir bagaimana produk baksonya harus terus menjadi Istimewa bagi pelanggannnya. Dengan terus merenungkan, apa yang bahwasanya yang membedakan produknya dengan pesaing? Apa yang mengakibatkan produknya unik? Apa yang membuat pelanggannya tetap bertahan dengan produk baksonya?

Dengan merenungkan hal-hal tersebut di atas, maka pelaku bisnis akan senantiasa mencari hal-hal gres untuk mempertahankan bisnisnya. Terus mendalami kekuatan bisnsinya dan terus mencari peluang yang terbaik untuk mempertahankan bisnisnya.

Apa yang harus dilakukan dikala pesaing mengeluarkan pruduk gres yang menyasar pada pasarnya? Berapa usang produk yang mereka pasarkan ini dapat bertahan? Produk gres apa yang akan mereka kembangkan di masa mendatang? Dan sebagainya. Dengan merenungkan hal-hal tersebut maka pelaku perjuangan akan disadarkan bahwa setiap bisnis mempunyai masa hidup yang terbatas dan mereka harus segera membuat produk atau bisnis gres untuk mempertahankan cash flow perusahaan.

Sebuah konsep bisnis yang besar lengan berkuasa yang telah terbukti sebagai best practise ialah "nilai" yang bahwasanya ada pada bisnis anda, alasannya ialah ditangan orang yang berpengalaman serta mempunyai sumber daya untuk mengembangkanya maka bisnis akan berkembang lebih luas dan cepat. Di sinilah nanti para pelaku perjuangan mulai membuka diri untuk sesuatu yang lebih besar dengan menghadirkan kawan kerja dan investor untuk bisnisnya.

Sudahkah anda merenungkan bisnis anda yang sudah berjalan? Apakah anda telah bukukan pengalaman-pengalaman solusi bisnis anda ke dalam sebuah buku konsep yang lengkap dan sudah terbukti berhasil? Mulailah dan sukses.






Subscribe to receive free email updates:

ADS