Bergesernya media dari offline dan online belum sepenuhnya mematikan bisnis surat kabar konvensional. Jika hanya melihat dari sudut pandang pada produk korannya memang pelan-pelan media konvensiona ini mulai terkikis, tetapi kalau melihat pada asset jaringan distribusinya maka bekerjsama bisnis distribusi surat kabar masih mempunyai potensi yang luar biasa dalam menggarap promosi.
Transformasi digital sangat efektif menjangkau generasi millenial, yaitu generasi yang berkelahiran mulai tahun 1980, generasi yang sangat bersahabat dengan perkembangan dan konsumsi informasi digital. Namun untuk generasi sebelumnya, transformasi digital seolah masih alot untuk sepenuhnya menguasainya, generasi inilah yang masih menjadi pasar potensial bagi bisnis media konvensional ibarat koran. Mereka lebih percaya pada dapat dipercaya media koran konvensional.
Generasi "tua" inilah yang menjadi bantalan distribusi dan hidupnya bisnis koran konvensional, dan mereka rata-rata sudah mapan dalam hal ekonomi, terlebih mereka rata-rata yaitu pelanggan yang setia dan menjadi potensi bagi pasar produk-produk pengiklan.
Selalu kreatif mencermati setiap asset yang dimiliki yaitu kunci sukses dalam setiap bisnis. Jika kita jeli melihat asset dan potensi yang ada, maka bekerjsama yang sangat bernilai dari bisnis koran konvesional yaitu jaringan distribusinya termasuk frekwensi distribusi yang rutin. Jika setiap koran mempunyai jaringan pelanggan (distribusi) yang jumlahnya yaitu puluhan ribu apakah hal ini bukan sebagai potensi sasaran promosi bagi pada pemilik brand? Apalagi titik-titik distribusi (pelanggan) tersebut sudah teruji loyal selama puliuhan tahun.
Sangat luar biasa sekali asset jaringan distribusi ini, dan hal ini dapat dikembangkan oleh banyak sekali pemilik koran dan juga bagi para pemilik merk untuk mulai menggarap "media promosi" usang tapi gres ini. Bisa jadi biaya promosi dengan cara ini masih memungkinkan untuk efisiensi bagai pemilik merk dikala biaya iklan tidak terjangkau oleh budget mereka.
Persaingan yang ketat memaksa setiap pemilik bisnis (brand) harus selalu kreatif dan jeli menyikapi setiap potensi dan asset yang dimiliki. Bagi teman-teman pelaku UMKM, peluang menjangkau pasar yang telah "terverifikasi" loyalitasnya sebagai pelanggan dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan promosi produknya.
Materi promosi yang menarik berupa visual gambar dan colorfull sangat membantu membangun daya tarik promosi kita. Yang perlu dicatat, jaringan distribusi surat kabar bersifat ekspress, sore drop promosi dan pagi selanjutnya bahan promosi telah hingga kepada pelanggan surat kabar tersebut. Selamat mencoba dan sukses!