ADS

Jangan Selalu Bilang Ya Kepada Buyer Anda.

Jangan Selalu Bilang "Ya" Kepada Buyer Anda.
Takut kehilangan kesempatan bukan berarti harus melanggar batas-batas kemampuan kita. Memberikan info yang tidak sempurna dan tidak benar bisa diartikan bahwa anda berbohong kepada customer anda.

Kita memahami betapa mahal peluang bertemu buyer dan mendapat kepercayaannya untuk membeli produk kita. Karena mahalnya peluang tersebut seringkali teman-teman UMKM berupaya untuk menyenangkan buyer dengan informasi-informasi yang sebenarnyat tidak "benar" atau tidak "tepat". Misalnya: sebetulnya sangat mustahil mengirimkan barang tersebut dalam seminggu, tetapi alasannya takut kehilangan kesempatan maka bicara ke buyer bisa kirim seminggu dengan kualitas yang sama menyerupai dimaksudkan buyer.

Kebohongan-kebohongan yang sementara ini dianggap sepele oleh UMKM  ini sebetulnya merupakan potensi komplain yang cukup besar di kemudian hari dan akhirnya buyer kehilangan kepercayaan terhadap bisnis kita. Kita hanya menginginkan transaksi awal tetapi tidak berpikir bagaimana transaksi itu akan berulang dan buyer tersebut menjadi customer loyal kita.

Kami mengembangkan pengalaman ini ketika masih berbisnis ekspor furniture pada ketika furniture masih menjadi primadona ekspor Jawa Tengah sekitar tahun 1996 - 2008. Kami tidak ingin teman-teman pelaku UMKM ketika ini masih bertindak hal yang sama dengan apa yang kami dan teman-teman lakukan pada masa-masa tersebut. 

Yang paling berharga dari sebuah peluang ialah bagaimana pembeli melihat bisnis kita dengan sebenar-benarnya sehingga kita mempunyai keleluasaan menyampaikan semua keterbatasan kita sebelumnya. Dengan info yang benar maka ekspektasi buyer ialah sesuatu yang terukur oleh kita, sesuatu yang sangat mungkin kita penuhi.

Ketika ekspektasi buyer tersebut sanggup kita penuhi, hal ini berarti kita telah memuaskan impian dan kebutuhan buyer dan selanjutnya kekerabatan jangka panjang terbuka luas untuk bisnis kita.

Demikian sharing dari kami hari ini, biar selalu sukses membangun kekerabatan baik dengan buyer anda.


Subscribe to receive free email updates:

ADS