ADS

Apakah Gelaran Kompetisi Bisnis Umkm Itu Perlu?

Apakah Kompetisi Bisnis UMKM Itu Perlu?
Kadang pertanyaan yang sederhana justru butuh pedoman yang sangat kompleks dan komprehensif sebagaimana saat ada pertanyaan apakah kompetisi bisnis UMKM itu perlu? Pertanyaan dari sesama konsultan UMKM ini memang tampakya sederhana namun saya sendiri tidak berani menjawab asal-asalan lantaran takut balasan saya bisa menjadi perdebatan yang panjang setelahnya.

Kompetisi yang dimaksudkan disini ialah event yang menjadi ajang bisnis UMKM. Dan untuk balasan yang aman, saya pun mencoba memperlihatkan balasan bahwa hal itu tergantung dari tujuan yang ingin dicapai dari kompetisi tersebut. Misalnya kompetisi Biz Plan, yang tertujuan untuk mengedukasi pemula perjuangan dan UMKM untuk bisa menciptakan Biz Plan yang serealistis mungkin dan mereka juga dituntut untuk menguasai pengetahuan dan ketrampilan di bisnis tersebut. Konsep bisnis dan Biz Plan masih sangat memungkinkan untuk dikompetisikan, untuk kompetisi penemuan dan kreasi produk pun masih memungkinkan untuk dikompetisikan termasuk juga kompetisi "wirausahawan sukses". 

Namun, apakah "BISNIS" itu sendiri bisa dikompetisikan? Nah hal ini yang saya harus mulai hati-hati menjawabnya lantaran yang dimaksud bisnis itu parameternya sangat banyak dan masing-masing bisnis memilki parameter yang berbeda-beda. Sama produknya belum tentu sama sistem manajemennya lantaran berbeda pelaku usaha. Produk sejenis namun bisa jadi berbeda pasar yang dibidiknya. Masuk pasar yang sama namun menerapkan taktik harga yang berbeda dan sebagainya.

Bisnis itu sendiri merupakan suatu kekhasan tersendiri, dan semakin khas maka semakin besar peluangnya dalam memenangkan persaingan. Dengan demikian bukankah akan semakin sulit menciptakan kriteria-kriteria dalam memperbandingkan satu bisnis dengan bisnis yang lainnya? Dibutuhkan banyak kategori untuk mewadahi banyaknya bisnis yang ada.

Pertanyaan dari rekan saya yang sangat kritis ini sebetulnya sedikit banyak sudah bisa saya tebak ke arah mana selanjutnya. Dan ternyata benar, bahwa pertanyaan berikutnya ialah apakah UMKM yang menang dalam ajang kompetisi bisnis itu niscaya akan sukses dalam menyebarkan bisnisnya? 

Dan saya pun harus menjawab dengan hati-hati lagi bahwa semua ajang kompetisi tersebut dimaksudkan untuk memperlihatkan lebih banyak peluang kepada para pelaku UMKM untuk lebih berkembang. Ketika peluang sudah didapatkan oleh UMKM tesebut maka seharusnya kesempatan untuk berkembang sudah di depan mata, namun saat para pemenang ajang kompetisi tersebut masih tetap "jalan di tempat" maka ada banyak masukan terhadap konsep ajang kompetisi tersebut mulai dari kriteria evaluasi hingga dengan keterlibatan pihak-pihak yang terkait dengan tujuan dari ajang kompetisi ini.

Jika ajang kompetisi tersebut dirancang dengan sangat rapi dan selektif serta terintegrasi maka bukan hal yang tidak mungkin bahwa pemenang kompetisi bisnis tersebut akan terdorong naik dengan sendirinya. Oleh alasannya ialah itu penyelenggara ajang kompetisi yang kebanyakan ialah instansi pemerintah, mereka harus selalu mengkaji ulang kompetisi-kompetisi yang telah diselenggarakannya, semoga kualtias kompetisinya semakin lebih baik dan bisa memperlihatkan jaminan bahwa pemenangnya ialah benar-benar UMKM yang bisa terbukti sukses.









Subscribe to receive free email updates:

ADS