ADS

5 Cara Membangun Jaringan Bisnis.


Membangun Jaringan Bisnis
Strategi dan taktik pengembangan bisnis telah berubah secara dramatis dalam dekade terakhir. Telepon hampir lama untuk membuat kontak awal dengan pelanggan potensial, apalagi surat pos. Panggilan telepon? Lupakan. Jika Anda tidak dikenal, anda tidak akan melewati tahap awal ini.  Email yang tidak diminta? Anda akan diblokir sebagai spammer.

Saat ini, pengembangan bisnis yang sukses bergantung pada membangun hubungan yang dipercaya dan memanfaatkan kekerabatan tersebut untuk memenuhi prospek baru. Hubungan ini membentuk tulang punggung jaringan bisnis anda. Sangat penting bagi anda untuk terus tumbuh dan memelihara kekerabatan ini, alasannya ialah sebagian besar pertumbuhan bisnis anda akan berasal dari jaringan bisnis anda.

Berikut ialah lima cara untuk membangun dan memanfaatkan jaringan bisnis anda untuk mengembangkan bisnis.

1. Selalu Cari Referensi
Pelanggan anda hampir niscaya tahu rekan mereka yang membutuhkan produk atau layanan anda. Sangat sanggup diterima untuk meminta acuan mereka dan meminta izin untuk memakai nama mereka untuk perkenalan. Dengan kontak yang dirujuk di tangan dan pelanggan terpercaya sebagai cadangan, anda sanggup melaksanakan panggilan telepon atau mengirim email untuk mendapat perkenalan. Setelah prospek anda mendengar atau melihat nama rekannya, nda akan mempunyai peluang sukses yang lebih besar dalam kontak pengantar Anda.

2. Gunakan Testimonial

Pelanggan anda ialah pendukung terpenting anda. Tanyakan kepada mereka apakah mereka bersedia menawarkan kesaksian wacana produk atau layanan anda. Mereka kemungkinan besar akan baiklah alasannya ialah mereka ingin anda dan bisnis anda berhasil, terutama alasannya ialah itu memperkuat keputusan mereka untuk memakai produk atau layanan anda. Kesaksian mungkin berupa kutipan sederhana atau studi masalah yang lebih panjang yang memperlihatkan bagaimana produk atau layanan Anda memecahkan persoalan mereka. Setelah mendapat kesaksian, anda perlu menemukan media untuk mempublikasikannya. Itu harus diposting di situs web anda. Anda juga harus mencari dan mengidentifikasi publikasi atau situs yang akan tertarik untuk mempublikasikan studi kasus.

3. Berpartisipasi dalam Industrial Meeting
Percaya atau tidak, pertemuan tatap muka tidak akan mati. Berpartisipasi dalam industrial meeting, konferensi, dan ekspo dagang ialah cara yang manis untuk memelihara kekerabatan dengan rekan kerja, jaringan, dan bertemu orang baru. Jika industri anda mempunyai asosiasi perdagangan nasional, bergabunglah dan ikutlah dalam pertemuan mereka. Jika produk atau layanan anda dipakai secara lokal, bergabunglah dengan Kamar Dagang setempat dan hadiri pertemuan mereka. Karena mahal untuk menghadiri pertemuan, maksimalkan efek kehadiran dengan mencoba mengatur pertemuan satu-satu tatap muka dan identifikasi cara lain untuk meningkatkan partisipasi dan visibilitas anda di pertemuan: Cari kesempatan berbicara, mensponsori rehat kopi, atau mengatur lokakarya pendidikan.

4. Blog
Semua orang sepertinya mempunyai satu atau sedang berbicara wacana membuat satu alasan yang bagus. Mempublikasikan blog eksklusif di situs web perusahaan anda ialah cara yang manis bagi pelanggan dan prospek anda untuk mengenal anda (personal branding), filosofi bisnis anda dan perusahaan, produk dan layanan anda. Blog juga memungkinkan komentar dan mengaktifkan interaksi dimana anda sanggup menjalin kekerabatan gres dan mengembangkan jaringan bisnis anda. Blog anda ialah kawasan di mana anda sanggup menyebarkan anekdot yang memperlihatkan keahlian anda atau posisi anda pada topik industri yang kontroversial. Dan akan menghasilkan traffic ke situs anda sehingga mesin pencari mengidentifikasi kata kunci di blog.

5. Jadilah Sosial
Kembangkan jaringan bisnis anda dengan memakai situs dan aplikasi media sosial, ibarat LinkedIn, Twitter, facebook dan komunitas jaringan online lainnya. Namun, sebelum anda terjun ke media sosial, anda harus sepenuhnya memahami medium, cara kerjanya, dan bagaimana anda sanggup menggunakannya untuk menguntungkan bisnis Anda. LinkedIn ialah kawasan yang manis untuk memulai dan mengembangkan jaringan bisnis anda. Twitter dan instagram ialah situs mikroblog yang akan melengkapi blog anda.

Menggunakan kombinasi dari taktik pengembangan bisnis yang teruji dan bersama dengan seni administrasi media umum baru, jaringan bisnis anda akan tumbuh, ibarat halnya perusahaan anda. Selamat mencoba dan sukses!

Subscribe to receive free email updates:

ADS