ADS

Produk Genteng Kebumen Dan Tantangannya Ke Depan

Pembekalan Strategi Pemasaran Produk Genteng di Sruweng, Kebumen
Seolah ketika pernah di puncak, maka tidak akan pernah turun. Mungkin hal ini yang dialami oleh para pengrajin genteng di Sruweng (Soka), Kebumen. Hadirnya persaingan atap baja ringan dan genteng ringan menciptakan bisns sebagian besar masyarakat Sruweng menjadi berubah keadaannya. Permintaan dari waktu ke waktu dengan niscaya terus menurun alasannya yakni pasar lebih menentukan jenis genteng gres yang lebih ringan, mudah dan murah.

Permasalahan inilah yang sedang disikapi oleh UPP IPTEKIN BAPPEDA Jawa Tengah, selain dengan membekali pemahaman pengrajin mengenai apa yang mereka hadapi kini dan bagaimana mengatasinya juga dalam kesempatan ini diberikan training singkat bagaimana melapisi genteng dengan glazur serta bagaimana menciptakan keramik sederhana dari Team Nuanza Porcelen.

Pada kesempatan ini, kami menawarkan pembekalan mengenai bagaimana kondisi perubahan pasar yang terjadi ketika ini, perkembangan teknologi dan taktik marketing mudah untuk menghadapinya.

Memahami permasalahan marketing bisa dilihat dari 3 komponen yang ada; yaitu PRODUK, CUSTOMER dan BRANDING. Bagaimana kondisi dan kemampuan pengembangan dari produk genteng yang ketika ini ada? Merupakan porsi terbesar dalam pembahasan kami hari ini, alasannya yakni produk genteng yang usang sudah dinilai oleh customer tidak sesuai dengan perkembangan teknologi konsutruksi ketika yang yang cenderung lebih praktis, ringan dan murah. Produk genteng Kebumen dari segi desain, ketebalan dan pembuatannya harus mendapat sentuhan teknologi semoga bisa menjadi pertimbangan customer kembali. Pengurangan berat dan penemuan desain, ketebalan dan materi baku perlu dipikirkan oleh para pengrajin.

Dari sisi CUSTOMER, pada kesempatan ini kami mengajak para pengrajin untuk lebih mengenali pasar yang akan dibidik dan bagaimana mereka melaksanakan segmentasi, targeting dan positioning. Tentunya bahasa yang istilah yang kami pakai harus sesuai dengan level audience, alasannya yakni pada bab ini mereka harus paham benar. Tujuannya yakni untuk mempersiapkan taktik pemsaran yang sesuai dengan produk dan pasarnya.

Masalah branding kami tekankan pada bagaimana mereka membangun komunikasi dengan pasar melalui komunikasi dua arah yang efisien dan efektif untuk memahami apa yang gotong royong dibutuhkan oleh customer. Komunikasi ketika ini banyak terbantu dengan adanya teknologi gosip yang semakin canggih dan on-hand.

Sementara ini dalam taktik B-nya, team UPP IPTEKIN BAPPEDA Jateng juga menghadirkan team dari Nuanza Porcelen Boyolali untuk menawarkan training singkat dalam pelapisan genteng dengan glazur dan bagaimana menciptakan produk keramik.

Pelatihan melapis genteng dengan glazur
Pemberian hibah alat pun dilakukan oleh UPP IPTEKIN kepada kelompok pengrajin untuk keperluan pelapisan glazur. Diharapkan dari training ini nanti ke depan sudah akan muncul "inovasi" gres genteng Kebumen yang bisa bersaing dengan kompetitornya, yaitu atap genteng baja ringan. Sebagian kecilnya diperlukan muncul juga pengrajin keramik yang bisa membawa nilai komersial yang lebih tinggi.






 

Subscribe to receive free email updates:

ADS