ADS

Pasar Telah Berubah, Taktik Marketing Harus Diubah.

Digital Marketing, seni administrasi yang berfokus pada pencapaian dan visibilitas bisnis anda.
Paling kondusif menyampaikan jikalau ketika ini kita sedang memasuki masa "transisi digital" alasannya yaitu contoh usang masih berjalan namun contoh gres pun sudah niscaya berlaku. Hal ini pun berlaku pada bidang marketing, aneka macam adaptasi yang harus dilakukan oleh para pelaku UMKM terkait hal ini.

Lantas apakah ilmu marketing konvensional tidak akan berlaku lagi? Masih berlaku, namun semua telah mengalami "ekstraksi", yaitu: diambil esensinya saja dari bagaimana kita mengetahui esensi dan tujuan pemasaran kita, memahami esensi permasalahan dan mengetalui contoh dan mekanisme marketing secara esensi. Selebihnya akan mengikuti pola-pola modern yang berlaku ketika ini.

Ini juga akan menjadi tantangan bagi saya ketika memperlihatkan materi pemasaran kepada para pelaku UMKM, alasannya yaitu niscaya semua materi akan diubahsuaikan dengan perkembangan jaman ketika ini. Semua aspek seni administrasi mulai dari seni administrasi product, price, place & promotion akan mengalami adaptasi terutama pada aspek place dan promotion yang akan mengalami perubahan besar.

Promotion channel akan didominasi dengan pemanfaatan sosial media disamping mobile web yang akan menjadi kebutuhan dasar dalam promosi. Bukan website, tetapi mobile web alasannya yaitu market telah mobile dan semua dikendalikan on-hand.

Dengan cara konvensional, perusahaan besar akan sulit tertandingi oleh UMKM namun dengan revolusi logistik ketika ini sangat sulit dibedakan jaringan distribusi perusahaan besar maupun perusahaan UMKM. Bahkan para pelaku UMKM juga diuntungkan dengan sistem pembayaran yang mobile. Tidak akan ada beda antara yang besar dan yang kecil, yang berperan yaitu bagaimana anda menciptakan produk anda tidak ada bedanya dengan produk perusahaan besar. Masalah kuliatas dan legalitas saja !

Lantas apa akan saya edukasikan kepada para pelaku UMKM di masa mendatang ? Yang niscaya yaitu info mengenai perubahan pasar, esensi marketing, business is about connecting the dots dan digital marketing (SMM dan SEO). Materi inilah yang harus dipahamkan kepada para pelaku UMKM ketika ini. Dunia telah berubah, pasar telah bergeser.

Pada akibatnya UMKM sudah akan dituntut untuk selalu update gadget-nya semoga dapat mengikuti perkembangan jaman, alasannya yaitu "dot" yang dimaksudkan terkoneksi melalui gadget tersebut. Hal ini berlaku pada UMKM yang memang terkoneksi dengan pasar secara langsung. Bagi yang UMKM pelaku produksi, gadget akan banyak membantu mereka untuk melaksanakan jalan masuk info teknologi produksi dan kemasan yang terbaru.

Wow ! Benarkan UMKM kita sudah siap ? Siap tidak siap yaitu tanggung jawab pribadi dari para pelaku usaha, kiprah kita sebagai penggiat UMKM yaitu menyadarkan, membekali dan memahamkan serta mendampingi mereka.










Subscribe to receive free email updates:

ADS