ADS

Bisnis Sukses Diawali Dengan Perencanaan Bisnis Yang Baik


Manapaki bisnis step-by-step menuju sukses
Banyak yang menyampaikan bahwa yang paling sulit dalam bisnis yaitu "memulainya", namun sesungguhnya yang lebih sulit yaitu mempertahankannya. Memulai yaitu kesulitan awal, dan mempertahan yaitu kesulitan-kesulitan yang selanjutnya akan kita hadapi sambil terus belajar.

Jika saya menyampaikan bahwa "bisnis yang sukses diawali dengan perecanaan yang baik" mungkin terdengar menyerupai teori, namun sebetulnya hal ini saya ambil dari contoh-contoh simpel dari para pelaku perjuangan yang telah mencapai level "usahanya jalan" ditambah dengan acuan dari para pengusaha yang telah sukses yang berhasil saya temui. Ternyata perencaanaan yang baik menuntun mereka untuk terus menapaki tangga demi tangga dengan lebih pasti.

Itulah sebabnya dalam konsultasi yang saya gelar untuk para UMKM, langkah pertama yaitu saya ingin mendengar apa konsep bisnis mereka, selanjutnya apa yang unik dari produk mereka, alasan apa konsumen mau membeli produk mereka, sejauh mana pencapaian mereka atas bisnis yang dijalankan dan hambatan apa yang mereka hadapi ketika ini.

Bukan tanpa lantaran saya melontarkan pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, selain untuk mengukur bagaimana mereka membangun konsep dan planning bisnisnya juga untuk mengetahui posisi bisnis mereka ketika ini. Dengan tanggapan yang diberikan akan membantu saya untuk memperlihatkan pemahaman yang sesuai dengan kondisi bisnis mereka dan juga alternatif-alternatif solusi yang dibutuhkan.

Pasti diharapkan beberapa kali konsultasi untuk mencapai suatu keinginan solusi, dan itulah wujud dari pendampingan kami. Kadang diharapkan kunjungan ke lokasi perjuangan untuk melihat dengan terperinci permasasalahan yang dihadapi, kerana bisa jadi para pelaku UMKM kurang kemampuan dalam berkomunikasi. 

Kunci sukses dari sebuah konsultasi yaitu bagaimana mengidentifikasikan permasalahan dengan tepat, sehingga alternatif solusi yang diberikan bisa sesuai keinginan dan kemampuan dari pelaku UMKM. Mengingat solusi ini harus bisa diapplikasikan di lapangan, maka pengalaman simpel diharapkan oleh seorang konsultan.

Kembali kepada perencanaan, sebuah konsep dan perencanaan bisnis merupakan sebuah "peta" yang menggambarkan bisnis kita secara global dan memperlihatkan panduan ke arah mana yang akan kita tuju. Tanpa ada perencanaan, bisa jadi arah bisnis kita melenceng dari apa yang kita harapkan. Sebuah peta atau rute dengan beberapa etape yang harus dicapai merupakan citra perencanaan bisnis yang baik, atau sering disebut road map. Road map ini memperlihatkan citra target-target pencapaian yang akan kita lalui secara sedikit demi sedikit dan detail taktik pencapaiannya.

Perencanaan bisnis ini yang akan menuntun kita dengan relatif "aman" dari satu etape ke etape berikutnya sehingga memperlihatkan peluang hingga ke tujuan dengan lebih aman. Hal ini pula yang akan dilihat oleh para kawan pembiayaan dan investor ketka mau berhubungan dengan para pelaku UMKM, merekan hanya mau melihat sesuatu yang "aman" meskipun hal itu masih di atas kertas. Namun, kita perencanaan bisnis yang disajikan bisa dijabarkan secara detail maka peluang untuk berhasil menjadi lebih besar dan kawan pembiayaan juga kan lebih yakin bahwa mereka telah berhubungan dengan pihak yang benar.

Demikian apa yang bisa saya share hari ini, agar bermanfaat bagi para pelaku UMKM untuk selalu mempersiapkan konsep dan perencanaan bisnis dengan baik. Dan sungkan untuk mereview planning bisnisnya, lantaran kondisi berubah secara dinamis dan banyak hal yang harus selalu diadaptasi dengan kondisi sebenarnya. Kemampuan seorang pengusaha akan teruji dalam kemampuan menciptakan perencanaan bisnis yang baik.





 

Subscribe to receive free email updates:

ADS