Food Blog yang membantu promosi produk-produk pangan |
Dominasi pasar oleh generasi milenial membawa dampak perubahan sikap pasar yang sangat signifikan. Beberapa ciri sikap generasi milenial ialah mobile & connected, high flexibility, high speed, spesialisasi, menyukai kepraktisan dan efektif. Perilaku ini memperlihatkan stimulasi terhadap akselerasi transformasi digital yang sedang berlangsung dikala ini.
Selaras dengan perubahan ini, media promosi yang diharapkan oleh pasar ialah media yang bersifat online dan mobile, mengingat waktu mereka dalam keseharian tersita oleh kedekatannya dengan smartphone. Media online ini terbukti telah menggeser media-media konvensional ibarat TV, Radio dan Surat Kabar. Konten promosi pun dikala ini menyesuaikan dengan perkembangan media dikala ini, yaitu konten online baik berupa visual maupun audio visual. Konten visual menjadi sangat penting dalam melaksanakan komunikasi dengan pasar.
DiahDidi.Com
DiahDidi.Com ialah media online yang membidik pembaca perempuan yang menggemari acara “memasak” dengan konten berisikan edukasi masak beserta resep-resepnya. Yang menarik dari DiahDidi.Com ialah pembacanya yang sangat loyal dan organik. Mengapa organic? Karena pembaca-pembaca DiahDidi.Com tidak dipicu oleh iklan melainkan dengan sukarela mereka mengikuti blog masak ini semenjak awal. Hal inilah yang mengakibatkan daya tarik tersendiri bagi para advertiser di samping jumlah viewernya yang cukup besar setiap harinya.
Food blog DiahDidi.Com biasanya dimanfaatkan oleh advertiser atau sponsor untuk memenuhi sasaran mereka dalam visibilitasnya Google Search. Selain blog DiahDidi.Com, media ini juga berasosiasi dengan social media pendukung yaitu Face Book, Instagram dan YouTube.
Social media yang sangat mendukung promosi suatu merk dikala ini ialah Instagram dan YouTube, yang tentunya mempunyai karakteristik dan kelebihan masing-masing. Jika dulu IG @bunda_didi ialah pendukung dari DiahDidi.Com, dikala ini IG @bunda_didi sudah dapat berdiri sendiri sebagai media promosi yang sangat efektif sebagai “awareness”. Sementara YouTube juga kami berdiri untuk untuk menjadi “arsip” promosi audio visual yang sewaktu-waktu dapat diakses dengan gampang secara mobile selain sebagai media promosi itu sendiri.
Secara umum DiahDidi.Com masih relevan dengan perubahan-perubahan pasar sebagaimana yang kami gambarkan sebelumnya.
Apa yang Bisa Dilakukan DIahDidi.Com untuk Membangun Sebuah Brand?
Kehadiran konten DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi sudah menjadi rutinitas penantian harian bagi para viewer dan followernya. Jumlah viewer, follower dan peringkatnya dalam Google Search memperlihatkan peluang yang lebih besar bagi sebuah merk untuk mengambil perhatian para viewer dan follower DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi.
Liputan produk dengan kemasan sajian resep DiahDidi.Com dirasakan oleh para pengiklan cukup membawa efek (influence) kepada viewer dan follower. Foto produk dalam kaitan resep DiahDidi.Com di IG @bundadidi serta video pembuatan resep dengan produk pengiklan juga memperlihatkan dampak yang cukup berpeluang tinggi untuk menjadi sebuah awareness. Sementara itu promosi berupa konten audio visual melalui YouTube juga dapat sangat mendukung produk pengiklan tersebut.
Apa yang telah dilakukan DiahDidi.Com untuk Brand?
Beberapa merk yang diperkenalkan semenjak awal oleh DiahDidi.Com ialah produk Kongbap dari Marifood, Gula Cari dari Gulanas, produk-produk tepung premix dari Sriboga Flour Mills. Banyak produk-produk masakan yang secara sporadik melaksanakan promosi melalui media DiahDidi.Com dan IG @bunda_didi ibarat Supermi, Kecap Indofood dan berbagai produk-produk dari UMKM. Untuk produk perlengkapan masak, beberapa merk yang sudah berhubungan dengan kami ialah Rupa-Rupa.Com, Mito, Vicenza, Midena, Tupperware, Lock & Lock dan sebagainya.
Mengapa kalau brand-brand besar telah melirik blog untuk berpromosi, justru UMKM tidak memanfaatkannya?
Mengapa kalau brand-brand besar telah melirik blog untuk berpromosi, justru UMKM tidak memanfaatkannya?
Biaya promosi di blog tentunya jauh lebih murah dibandingkan dengan media komersial lain, dan yang lebih penting, blog lebih personal dan gampang berinteraksi dibandingkan dengan situs-situs perusahaan besar. Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman UMKM dalam merencankan promosi perjuangan dan produknya. Tetap semangat membangun dari kecil.