Pembekalan pemasaran pada pegawai persiapan pensiun di Hotel Grand Wahid Salatiga. |
Tidak gampang menjadi seorang pensiunan ketika ini, ketika semua biaya kebutuhan hidup meningkat tajam sementara pensiun dan pesangon mereka tidaklah cukup. Menyikapi hal ini, BKD Propinsi Jawa Tengah menggelar pembekalan kewirausahan kepada sekitar 1.000 pegawai masa pensiun setiap tahunnya, yang terbagi dalam beberapa gelombang.
Bekal pengelolaan keuangan, perencanaan perjuangan dan entrepreneurship merupakan bekal yang sangat diperlukan oleh para audience ketika mereka memasuki masa pensiun dalam waktu 1-2 tahun mendatang. Pengelolaan keuangan terbaik ialah bagaimana mendapat penghasilan, dan entrepreneurship merupakan keputusan yang rasional ketika ini.
Tentunya ada pemahaman bahwa tidak semua orang terlahir bukan untuk menjadi pengusaha, namun bila dipahami lebih dalam bahwa ada banyak hal yang bisa dijadikan perjuangan maka mungkin pengertian menjadi pengusaha akan berkembang lebih luas. Bahkan mempunyai warung di rumah pun kita sudah bisa disebut seorang pengusaha, selama kita bisa mengelola warung tersebut sebagai sumber penghasilan yang bisa berkembang.
Untuk menjadi seorang pengusaha tentu harus mempunyai usaha, dan ketika telah mempunyai perjuangan maka upaya pemasaran menjadi sangat kritis untuk disikapi. Gagal dalam pemasaran maka perjuangan anda bisa kandas, oleh alasannya ialah itu bekal pengetahuna mengenai pemasaran menjadi sangat penting bagi para pemula usaha.
Teknik Pemasaran di Era Digital
Di sini kami tidak ingin menyampaikan mana yang lebih baik, apakah digital marketing atau konvensional marketing. Semuanya baik, dan bisa melaksanakan kombinasi di antara keduanya akan jauh lebih baik. Pemilihan di antara keduanya biasanya didasarkan pada siapa pasar yang akan dibidik, perkembangan teknologi yang menghipnotis bidang bisnsi dan kebutuhan efisiensi dan efektivitas dalam memperkenalkan bisnis dan pemasarannya.
Menempatkan siapa sasaran pasar kita dan melaksanakan positioning yang sempurna merupakan hal yang paling mendasar, biak dalam pemasaran digital maupun pemasaran konvesional. Ketika kita berhasil melaksanakan segmentasi dan targeting dengan tepat, maka positioning yang akan kita lakukan akan benar.
Mulai dari mengidentifikasi pasar, memahami pasar, mengetahui permasalahan dan kebutuhan pasar serta bisa menawarkan solusi terhadap permasalahan pasar menjadi hal yang perlu dipahami sebagai esensi aktivitas pemasaran. Semua hal ini bisa dilakukan ketika kita mempunyai kemampuan komunikasi yang baik.
Membangun taktik pemasaran yang efektif ialah membangun taktik yang sesuai dengan STP (Segmentasi, Targeting dan Positioning) yang telah kita lakukan. Mulai dari bagaimana membangun PRODUK kita biar bisa menjadi "umpan" kepada sasaran pasar kita, membangun PRICE (harga) yang sesuai dengan tingkat daya beli sasaran pasar kita, membangun saluran distribusi yang sesuai dengan kebutuhan pasar kirta serta membangun promosi yang paling efektif dalam menjangkau pasar kita.
Tidak hanya pemasaran konvensional, pemasaran digital pun membutuhkan hal yang sama, hanya saja dalam pemasaran digital kita telah banyak dibantu dengan teknologi yang sangat memudahkan kita dalam menjangkau pasar kita. Tidak tidak perlu melaksanakan segmentasi dan targeting sendiri lantaran teknologi bisa membantu kita untuk melaksanakan hal ini. Dan hampir semua ketika ini bisa tergantikan dengan teknologi, hanya esensi marketing yang masih akan bertahan.
Apa yang Dibutuhkan Untuk Melakukan Pemasaran Digital?
Pasti akan banyak item yang akan muncul ketika kita bertanya apa saja yang diperlukan dalam pemasaran digital, tetapi bila kita paham yang kita hadapi ialah pemula perjuangan maka kita perlu menyebutnya satu persatu.
Kita hanya akan menghimbau mereka untuk mempunyai asset, yaitu berupa website dan akun sosial media serta tool (alat) untuk memainkannya, yaitu ilmu SEO (Search Engine Optimization) dan SMM (Social Media Marketing).
Kita pasar kita menjadi "mobile" maka kita harus mempunyai "informasi" yang mobile juga, yaitu mempunyai webiste, dan bila belum bisa maka kita akan menggantikannya dengan fan page yang memang disediakan oleh face book sebagai platform bisnis.
Website harus responsif, light (ringan), informatif dan simple sebagaimana juga degnan fan page. Bahasa visual, baik berupa foto maupun video memilki nilai tambah dalam social media, oleh alasannya ialah itu para pemula perjuangan harus membekali diri dalam menciptakan konten visual yang baik dalam media social dan websitenya.
SEO terbaik ialah konten yang sesuai dengan konteks atau konsep website dan social media serta penyampaian pesan yang baik kepada audience yang tepat. SMM yagn terbaik ialah bagaimana melaksanakan edukasi bisnis dan produk secara santun kepada audience yang tepat,. Dalam socila media, hard sales akan sangat membosankan dan mengganggu audience kita.
Materi di atas ialah rangkuman selama 1 jam kami menawarkan pembekalan "Teknik Pemasaran di Jaman Digital", semoga bermanfaat juga bagi pembaca yang lain.