Food Replica berupa key holder produksi UMKM Jawa Tengah |
Bicara handicaft niscaya tidak akan pernah lepas dari desain dan workmanship, dan kedua kemampuan tersebut harus benar-benar dikuasai oleh para produsen jikalau produknya ingin mendapat legalisasi komersial dari pasar.
Khusus untuk UMKM yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata tersebut, kami juga akan perlakukan dengan penanganan khusus alasannya ialah merupakan asset dan prospek bagi pemerintah tempat dalam membuatkan peresapan tenaga kerja di masa mendatang.
Faisol - seniman patung yang mendalami patung fiberglass.
Faisol - seniman patung yang mendalami patung fiberglass.
Awalnya saya juga sudah tidak ingat saat seorang penerima training marketing online kami ini akan bisa memproduksi food replica ibarat di atas, alasannya ialah saat ikut dalam training kami Faisol membawa produk miniatur tugu muda. Dan alasannya ialah kebiasaan buruk saya, saya memperlihatkan kritik yang agak pedas sehingga justru memicu alumni S2 ISI Yogyakarta untuk mencoba produk-produk gres sebagai tantangan dari kemampuan yang bahwasanya telah ia miliki.
Sampai pada akhirnya, melalui socal media (instagram) Faisol memperlihatkan produk barunya tersebut kepada saya. Pertama kami yang saya lihat niscaya workmanship dan desain-desain yang bisa ia kerjakan, luar biasa! Faisol bisa memperlihatkan kelasnya sebagai seorang seniman food replica.
Food Replica - Key Holder |
Food Replica - Key Holder |
Food Replica - Key Holder |
Food Replica - Key Holder |
Food Replica - Key Holder |
Dengan kemampuan dasar sebagai seorang seniman patung, perluasan produk bukanlah duduk masalah yang berarti bagi UMKM ini. Pasar pun akan memperlihatkan nilai lebih dari produknya ini.
Meskipun perjuangan Faisol ini masih tergolong baru, dengan kualitas produk ini kami siap mendampinginya untuk menembus pasar-pasar yang layak dengan produknya, bukan sekedar dijajakan di pinggir jalan melainkan di Mall, Hotel, Resto, Cafe dan sebagainya.
Food Replica - Pasarnya ialah bisnis.
Dalam pemasaran, saya mengingatkan bahwa sebaiknya pasar yang dibidik oleh produsen ialah pasar bisnis ibarat reseller, biro maupun distributor. Dengan kemampuannya dalam hal customized product, UMKM ini bisa menggarap proyek-proyek khusus yang terkait dengan food replica, contohnya Museum Food & Gastronomy yang selama ini menjadi keinginan kami.
Pasar ekspor pun mulai kami pertimbangkan dengan kenyataan kualitas dari produk UMKM ini yang layak untuk diperdagangkan ekspor.
Pasar di bidang promosi dan branding pun merupakan pasar yang sangat luas bagi produk-produk yang bisa merepresentasikan sebuah produk dengan sangat detail.
Meskipun masih pemula, namun para pelaku UMKM harus mempu menciptakan segmentasi dan targeting yang benar sebelum bisa memilih posisi yang sesuai dengan sasaran pasarnnya.
Apa yang kami persiapkan kini dalam mendampingi UMKM ialah desain kemasan dan peningkatan kapasitas produksi.
Tetap kreatif dan inovatif, jikalau ingin tetap eksis.