ADS

Naik Kelas Dengan Display Produk Yang Menawan

Penataan display ekspo yang menawan
Sudah beberapa pengusaha besar dan beberapa pejabat dari dinas terkait melayangkan keprihatinan mereka atas "display" produk ketika ekspo UMKM. Kebanyakan dari UMKM masih tidak memahami arti pentingnya display produk dalam membangun gambaran yang baik atas produk dan usahanya. 

Fasilitas yang diberikan oleh pemerintah berupa stand ekspo gratis tidak benar-benar dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dalam membangun gambaran perusahaan dan produknya. Jangankan melaksanakan dekorasi stand yang menarik, dalam menata produk pun mereka tidak ada bedanya ketika berdagang di pasar tradisional. Dengan kondisi yang selalu berulang menyerupai ini, ekspo produk UMKM kurang bisa membangun daya tarik bagi para pengunjung pameran.

Ada baiknya beberapa UMKM diajak melaksanakan studi banding ekspo ketika IFFINA dan IFFEX digelar, semoga mereka terbuka wawasannya bahwa ekspo yakni ajang untuk membangun gambaran perusahaan dan produknya bukan ajang untuk sekedar menjual produk.


Tips Menata Display Produk Dalam Pameran
 
Ketika pelaku UMKM mempunyai produk B2B, atau produk yang menyasar pada bisnis maka ekspo yakni peluang yang besar dalam pemasaran produknya. Berbeda ketika produk mereka yakni produk yang menyasar ke customer langsung, maka ekspo dagang hanya akan memperlihatkan imbas penjualan sesaat. 
 
Inilah mengapa seleksi produk dan akseptor ekspo dari kalangan UMKM harus benar-benar ketat, baik dari sisi prospek pasarnya, kualitas produk dan kemampuan produksinya hingga pada kesiapan dan kemampuan mereka ketika difasilitasi dalam pameran. Kemampuan dan kesiapan mereka ini bisa dijajaki dengan wawacancara mengenai konsep stand pamerannya. Masih jarang kami menemukan pelaku UMKM yang difasilitasi oleh pemerintah bisa menjawab konsep stand ekspo mereka.
 
Menurut Exhibitor Magazine, sekitar 80% pengunjung ingin melihat produk fisik. Hal ini merupakan alasan utama bagi produsen guna menampilkan produk andalan mereka untuk memperlihatkan kepada pembeli potensial mereka. Aturan menampilkan produk terbaik dalam ekspo selalu berlaku untuk kondisi ini, oleh lantaran itu seorang produsen harus mempersiapkan produk-produk andalan mereka dengan sebaik-baiknya. Ingat, hanya produk yang terbaik dan produk yang bisa anda jawab dengan lengkap dan terang kepada pengunjung.
 
Di sisi lain, pembeli tiba ke ekspo dagang lantaran mereka ingin mendapat produk yang mereka inginkan dan ingin melihat secara pribadi produk yang sebenarnya, melihatnya performa produk dan bisa membandingkannya pribadi dengan produk-produk pesaing. Menyikapi hal ini, persiapan produk menjadi sangat penting baik dari sisi produk itu sendiri, produk knowledge yang diharapkan oleh pembeli dan kelengkapan informasi komersial yang menempel pada produk tersebut.
 
Dalam sebuah ekspo dagang, niscaya akan tampil ratusan atau ribuan produk dari semua akseptor pameran. Dalam merancang ruang yang efektif untuk menampilkan produk Anda, maka ada beberapa pertanyaan yang perlu mendapat tanggapan sebelumnya:
  • Seberapa besar - atau kecil - produk anda?
  • Apakah mereka akan ditempatkan di lantai, atau di rak, meja atau dimana?
  • Apakah mereka perlu diamankan atau dikurung?
  • Akankah didemonstrasikan?
  • Berapa banyak yang perlu dibawa?
  • Apakah anda mempunyai bintang atau produk andalan?
  • Apakah produk Anda membutuhkan tenaga tambahan? Berapa banyak?
  • Apakah anda mempunyai produk non-fisik/layanan untuk dipromosikan?
Jawaban Anda atas pertanyaan tersebut akan membantu Anda untuk memulai membuat desain stand ekspo anda. Untuk lebih meningkatkan kemungkinan kesuksesan anda, berikut ada beberapa gagasan yang bisa membantu pelaku UMKM layak untuk mengikuti ekspo dagang.
  1. Jangan membawa terlalu banyak produk. Pameran yang meluap dengan produk terlihat menyerupai pasar loak dan membangun barikade yang menghambat prospek memasuki stand anda. Anggap saja sebagai laci sampah - lantaran akan jadi sangat penuh sehingga anda tidak bisa membukanya, dan bila Anda melakukannya, maka anda tidak sanggup menemukan apapun. Untuk menghindari terciptanya kekacauan ini, coba pertimbangkan untuk hanya menghadirkan produk andalan dan produk gres anda (ingat, selalu tampilkan yang terbaik dan sempurna!). Saran ini terbukti bisa membantu banyak akseptor ekspo untuk mengoptimalkan pemasaran produk mereka sesudah melaksanakan perubahan.
  2. Menunjukkan produk anda. Demo produk yang bagus sangat efektif dalam menghentikan kemudian lintas, melibatkan prospek, dan meninggalkan kesan abadi. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dan kelebihan dalam ekspo dagang dibanding media lainnya. Investasikan waktu yang cukup usang dalam membuat dan mempraktikkan demo hebat untuk hasil ekspo dagang yang lebih baik, dan kemudian rancang ruang untuk demo di stand Anda.
  3. Dukung produk besar. Sementara ini produk besar sering terletak di lantai, tetapi anda bisa membuat perubahan dengan cara yeng berbeda dalam menampilkan produk yang besar contohnya dengan cara menggantungnya sehignga anda perlu melengkapi stand adan dengan gantungan dan menara. Anda bisa membuat produk besar anda sebagai primadona dalam stand anda, lantaran produk ini mendominasi stand anda.
  4. Perbaiki produk kecil. Bawa produk yang ukurannya kecil untuk tampil anggun dengan latar yang mempunyai grafis yang menarik semoga terlihat oleh pengunjung pameran  atau lakukan demo yang difilmkan dan diproyeksikan ke monitor yang lebih besar di sekitar stand.
  5. Pasang produk anda. Produk yang berat, berharga atau yang anda inginkan di daerah tertentu dengan grafis pendukung atau untuk mendapat perhatian lebih ketika ditampilkan, lebih baik dipasang pribadi ke dinding. Seringkali produk berukuran kecil hingga menengah dipasang dalam pengaturan, namun produk besar bahkan bisa dipasang di dinding juga, meski memerlukan struktur yang lebih berpengaruh untuk mendukungnya.
  6. Bangun satu set. Buatlah lingkungan yang serupa dengan daerah yang benar-benar akan digunakan, entah itu dengan arsitektur stand, gambar pada grafis, atau alat peraga pelengkap di luar produk anda yang akan membantu memberi arahan atau edukasi kepada pembeli sehingga mereka merasa seakan-akan di "lingkungannya".
  7. Katakan mengapa Anda lebih baik. Kami semua suka memikirkan produk kami bisa menjual diri sendiri, dan sangat menarik hati untuk berpikir bahwa begitu produk Anda dipajang, mereka akan melakukannya. Berikan lebih banyak bukti visual yang mendukung produk anda, contohnya dengan grafis yang membuat laba produk anda terlihat jelas. Apakah produk anda lebih awet? Bisa melaksanakan lebih banyak, lebih cepat? Biaya bisa berkurang dari waktu ke waktu? Mengurangi energi? Atau apa? Ceritakan dongeng produk anda dengan grafis dan/atau teknologi AV.
  8. Terangi produk Anda. Jika produk Anda yakni bintang stand Anda, sorot mereka dengan pencahayaan ekstra. Mungkin lampu spot yang memberi perhatian lebih pada produk anda, menerangi rak atau kotak display, atau dengan banyak cahaya yang menerpa seluruh stand anda jikalau sebagian besar ruang Anda penuh dengan produk.
  9. Jika produk anda yakni layanan, anda mungkin berpikir bahwa anda berada pada posisi yang kurang menguntungkan, lantaran Anda tidak mempunyai produk fisik untuk ditunjukkan dan ditunjukkan. Namun, Anda masih bisa memakai grafis dan membuat pengalaman yang secara terang mengkomunikasikan apa yang anda lakukan dan mengapa orang harus membeli dari anda. Anda bisa membangun ruang yang memungkinkan anda berinteraksi dengan pelanggan, contohnya ruang konsultasi atau ruang informasi. Game atau quiz bisa anda lakukan di ruang stand anda, lantaran stand anda tidak banyak produk. Tampilan audio visual akan menjadi andalan dalam stand anda.
Berikut yakni beberapa pola stand yang bisa menjadi ide teman-teman UMKM dalam membangun stand pamerannya:
 
Tampilkan warna-warni produk anda dengan latar belakang yang kontras dengan permainan pencahayaan yang prima.

Rak display ini yakni daya tarik stand anda.

Jika anda ingin menampilkan banyak produk, sesuaikan exhibition kit anda dengan produk anda.
 
Demikian apa yang bisa kami bagikan kepada teman-teman UMKM sekaligus menjawab saran dari rekan-rekan pengusaha besar di Kadin Jawa Tengah dan beberapa pejabat di dinas terkait terhadap apa yang menjadi keprihatinan mereka. Satu hal lagi, promosi yakni investasi anda untuk merk yang anda bagus, promosi dan ekspo bukan sekedar ajang untuk jualan lantaran penjualan sifatnya yakni jangka pendek.


Subscribe to receive free email updates:

ADS