ADS

Menyikapi Persaingan

Kompetisi bisnis tidak bisa dihindari, harus dipahami dan diakrabi.
Persaingan niscaya akan terjadi dalam situasi bisnis yang semakin banyak pemain ibarat ini. Tidak mungkin untuk menghindarinya, hanya perlu memahami dan menyikapi dengan benar. Bisnis mempunyai etika, dan siapapun yang bisa bertahan dalam persaingan dengan memegang teguh adat bisnis yaitu seorang pebisnis yang profesional.

Meskipun ada banyak kemenangan persaingan dengan cara-cara yang tidak seharusnya, tetap belajarlah menjadi sosok pebisnis yang jujur dan taat hukum dan adat alasannya yaitu pada risikonya konsumenlah yang akan menunjukkan evaluasi akhir. Konsumen yaitu pihak yang ingin dimenangkan dalam persaingan ini, bukan pesaing anda. Mereka akan tahu bahwa bisnis anda yaitu untuk mereka, dan mereka pada risikonya akan tahu apa yang anda lakukan dibalik persaingan yang anda menangkan.

Hal tersulit yaitu membuka hati dan pikiran anda terhadap persaingan, dan menyikapinya sebagai hal yang niscaya akan anda hadapi dalam bisnis anda. Bagaimana memenangkan hati konsumen anda yaitu hal yang paling penting dalam bisnis anda.

Lantas, bagaimana anda harus bersikap?
  1. Pahami bisnis anda, lebih dari orang lain memahaminya. Semangat ini yang harus selalu anda tanamkan semoga anda terus berguru berbagi pengetahuan dan rujukan bisnis anda terharap bisnis yang anda jalankan.
  2. Pahami siapa pesaing anda di bisnis ini, baik bisnis yang sejenis dengan anda maupun bisnis yang bisa menghipnotis bisnis anda. Pahami kekuatan dan kelemahan bisnis mereka sebagai isu yang harus anda kembangkan dalam memperbaiki dan berbagi bisnis anda, bukan untuk diceritakan kepada orang lain.
  3. Anda tidak akan bisa memenuhi kebutuhan pasar yang luas ini sendirian, anda perlu berkolaborasi atas dasar kekuatan dan kelemahan anda dan pesaing atau berkolaborasi atas dasar spesialisasi masing-masing semoga kapasitas produksi dan kualitas bisa lebih meningkat.
  4. Bisnis yang bisa bertahan dikala ini yaitu sistem jejaring, bukan konglomerasi. Makara mulai erat dengan pesaing anda yaitu salah satu upaya anda untuk membangun jejaring. Pengaturan proporsi bisnis dengan rate dan tarif yang seragam akan membantu sistem jejaring yang akan dibangung.
  5. Pesaing anda bisa jadi akan menjadi pasar anda. Jangan mau dibutakan dengan anggapan bahwa pesaing yaitu lawang, melainkan sebagai mitra.
Mengapa hal tersebut di atas perlu kami sampaikan kepada teman-teman UMKM? Semua yaitu alasannya yaitu contoh pikir dan wawasan mereka yang masih sangat terbatas sehingga sering meyikapi persaingan dengan salah. Tidak akan ada bisnis yang benar-benar sama, kecuali kita memang menirunya. Dan siapa pun yang menjiplak niscaya akan selalu tertinggal dari siapa ditirunya, dan konsumen yang akan tahu dan menilainya.
 
 
 


Subscribe to receive free email updates:

ADS