Pentingnya desain produk untuk pengembangan produk baru. |
Bisnis menuntut kita untuk terus bergerak dan berinovasi, Setiap produk mempunyai apa yang disebut dengan life cycle atau masa hidup, sehingga harus selalu ada produk gres dan seterusnya. Sulit membuat produk yang bisa terus-menerus memperlihatkan laba bagi perusahaan, akan ada masanya produk tersebut akan surut terlebih dengan adanya persaingan yang ketat ketika ini.
Desain produk ialah proses membuat produk gres yang akan dijual oleh perusahaan untuk pelanggannya. Sebuah konsep yang sangat luas, intinya generasi dan pengembangan ide-ide yang efektif dan efisien melalui proses yang mengarah ke produk-produk baru. Dalam pendekatan sistematis, desainer produk konsep dan mengevaluasi ide-ide, dan mengubahnya menjadi penemuan yang positif dari produk. Peran produk desainer ialah untuk menggabungkan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi untuk membuat produk-produk gres yang sanggup dipakai orang lain.
Peran mereka berkembang telah difasilitasi oleh alat digital yang kini memungkinkan desainer untuk berkomunikasi, memvisualisasikan, menganalisis dan benar-benar menghasilkan ide-ide positif dalam cara yang akan mengambil tenaga kerja yang lebih besar di masa lalu. Desain produk kadang kala resah dengan (dan tentu tumpang tindih dengan) desain industri, dan baru-baru ini menjadi istilah yang luas termasuk layanan, software, dan desain produk fisik. Desain industri yang bersangkutan dengan membawa bentuk artistik dan kegunaan, biasanya bekerjasama dengan desain kerajinan dan ergonomi, gotong royong untuk memproduksi massal barang.
Desain produk untuk kelangsungan bisnis |
Maksud dan Tujuan Desain Produk
Berdasarkan beberapa pengertian Desain Produk tersebut diatas ternyata bahwa desain produk mempunyai maksud dan tujuan untuk membantu perusahaan dalam membuat dan membuatkan produk gres atau untuk menjamin hasil produki yang sesuai dengan impian pelanggan disatu pihak serta dipihak lain untuk menyesuaikan dengan kemampuan perusahaan.
Maksud dari Desain Produk, antara lain :
- Untuk menghindari kegagalan – kegagalan yang mungkin terjadi dalam pembuatan suatu produk.
- Untuk menentukan metode yang paling baik dan hemat dalam pembuatan produk.
- Untuk menentukan standarisasi atau spesifikasi produk yang dibuat.
- Untuk menghitung biaya dan menentukan harga produk yang dibuat.
- Untuk mengetahui kelayakan produk tersebut apakah sudah memenuhi persyaratan atau masih perlu perbaikan kembali.
- Sedangkan tujuan dari Desain Produk itu sendiri, ialah :
- Untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi dan mempunyai nilai jual yang tinggi.
- Untuk menghasilkan produk yang demam isu pada masanya.
- Untuk membuat produk seekonomis mungkin dalam penggunaan materi baku dan biaya – biaya dengan tanpa mengurangi nilai jual produk tersebut.
Keinginan pasar juga akan selalu berubah seiring perkembangan kebutuhan jaman, sehingga produk pun harus selalu bisa menyesuaikan dengan kondisi ini, mungkin produknya tidak berubah tetapi bentuk dan kemasaannya akan berubah. Ketika sepuluh tahun kemudian produk kita melayani generasi sebelumnya, maka ketika ini ini produk kita sudah harus bisa memenuhi kebutuhan generasi selanjutnya yang sudah niscaya berbeda dengan generasi sebelumnya.
Saat penting dipertimbangkan bahwa perusahaan harus selalu fokus pada pengembangan produk-produk gres biar perusahaan tersebut akan terus tumbuh dan berkembang seiiring perubahan generasi. Sukses selalu!