ADS

Soto Mas Boed, Konsistensi Rasa Itulah Kuncinya.

Mas Boed, Pemilik Soto Ayam Mas Boed
Bertahun-tahun kami menjadi langganan Soto Ayam Mas Boed ini, alasannya yakni memang lokasinya hanya sekitar 3-5 menit dari rumah. Dari dulu sampai hari ini rasanya tidak berubah, masih tetap sama. Konsistensi rasa ini sangat sulit dilakukan oleh warung-warung soto yang lain, apalagi kalau sudah diserahterimakan ke generasi berikutnya.

Konsistensi rasa atau kualitas memang selalu menjadi permasalahan umum bagi produsen masakan dan minuman. Jika ada UMKM yang dapat konsisten dalam rasa dan kualitas, maka peniliaian dari kami yakni alasannya yakni mereka mempunyai SOP dan memiiki kontrol kualitas yang jelas. Meskipun mungkin yang dimaksudkan SOP di sini tidak secara tegas dalam wujud tertulis namun yakni sebuah proses yang konsisten dan terang yang dapat diikuti dengan baik oleh pelaksana proses.

Dalam rutinitas memang terlihat pemilik warung soto ini dengan konsistensi mengawal proses tersebut, alasannya yakni tanggung jawabnya kepada konsumen. Integritas menyerupai ini memang dibutuhkan oleh seorang pengusaha dalam memperlihatkan jaminan kualitas kepada konsumen. 

Selalu ramai dengan pelanggan tetapnya.
Beberapa kali kami terlibat diskusi dengan warung soto ini, terutama terkait dengan pengembangan usahanya ke depan. Apakah warung soto ini akan menjadi wara keuntungan atau akan menyebarkan cabang sendiri dengan cara kemitraan. Jika tertarik dengan waralaba (sebenarnya memang sangat potensial untuk waralaba) maka Mas Boed harus segera mengurus merk, mempersiapkan sistem administrasi baku dan SOPnya. Tetapi kalau hal ini butuh waktu yang lama, maka melaksanakan kemitraan dengan investor dapat menjadi alternatif.

Tidak sedikit pelanggan luar kota yang mempertanyakan kemungkinan buka cabang di kotanya, alasannya yakni melihat adanya peluang di daerahnya. Dan hal inipun sedang dipertimbangkan untuk bagaimana dapat memenuhi usul tersebut, mulai dari bagaimana menciptakan racikan bumbu yang sudah pre-mixed, mengajarkan SOP memasak soto dan menyajikannya melalui pembinaan dan memonitor kualtias secara bersiklus untuk memastikan bahwa kualitas di cabang tidak bergeser atau berubah. Yang tidak kalah penting yakni bagaimana melaksanakan profit share perjuangan ini dan bagaimana kontrol penjualannya. 

Perkembangan bisnis sangat ini harus "memaksa" bisnis warung soto ini berkembang, dan hal ini disadari benar oleh Mas Boed sehingga hal-hal tersebut diatas sedang digodog dengan masak semoga lumayan kawan bisnisnya. Bagi para investor, melihat bisnis ini niscaya sangat menjanjikan sehingga "anggukan kepala" dari principal sangat mereka tunggu. Sekilas pemilik perjuangan ini mengisyatkan bahwa untuk cabang yang masih di sekitar Semarang yakni sangat memungkinkan, tetapi untuk yang jauh dari Semarang sementara belum dapat disepakati.

Ya inilah Soto Ayam Mas Boed, yang memperlihatkan warna masakan di kawasan Banyumanik Semarang menjadi beragam. Meskipun banyak pesaing, tetap saja warung soto itu tetap bertahan alasannya yakni sangat teguh dalam berkomintmen dengan rasa dan konsistensinya. Sikap ini yakni penghargaan yang besar kepada para pelanggannya, dimana mereka tidak akan kecewa dengan ekspektasi mereka dikala mengunjungi warung soto ini. 





















Subscribe to receive free email updates:

ADS