ADS

Mengenalkan Sriboga Kepada Umkm Jawa Tengah

Sebuah amanat penting dari Founder Sriboga Mengenalkan Sriboga kepada UMKM Jawa Tengah
Kedekatan Sriboga dengan pelaku UMKM.
Sebuah amanat penting dari Founder Sriboga, Bapak Bustanil Arifin, bahwa Sriboga harus peduli kepada UMKM secara sedikit demi sedikit telah terealisasi dengan berdirinya UMKM Center Sriboga di UMKM Center Jawa Tengah. Tetapi pelatihan ini sendiri pun sudah berlangsung lama, bahkan sekitar 6 tahun kemudian pun kami telah mendapat gosip secara eksklusif dari CEO Group Sirboga, Bapak Alwin Arifin bahwa ketika itu Sriboga telah melaksanakan pelatihan terhadap ribuan UMKM yang tersebar di pulau Jawa, ketika itu ada sekitar 4 ribuan UMKM yang mereka bina dan ketika ini sudah mencapai lebih dari 8 ribuan UMKM.
Sekilas menengok keterkaitan Sriboga dengan UMKM, berikuta saya cupik dari gosip resmi perusahaan Sriboga Group:

Bekerjasama dengan UKM

Bagian dari visi Sriboga sebagai sebuah perusahaan ialah untuk bekerja sama dengan Indonesia, UKM dan koperasi yang bergerak di bidang industri terkait tepung terigu yang mencapai 40% dari basis pelanggan perusahaan. Sejak tahun 2004, kami mulai aktif terlibat dengan UKM dan koperasi di seluruh nusantara dan hari ini kami besar hati untuk menghitung 4.674 UKM di 175 komunitas dan koperasi dalam bagan “Koperasi Koparomieyo”.

Melalui kemitraan tersebut, kami menyediakan pendidikan dan pertolongan terkait dengan teknik produksi, pemasaran dan administrasi keuangan untuk mendorong praktik bisnis terbaik di industri tepung terigu di seluruh Indonesia. UKM disediakan dengan alat yang diharapkan dan pengetahuan untuk secara efektif mengembangkan bisnis mereka dan bergerak ke atas rantai nilai, sementara mengikuti standar industri dalam kebersihan dan kualitas makanan.

Sementara menjadi pecahan dari janji CSR kami, kami mengambil pendekatan strategis dalam acara kami dengan berpartisipasi pada pembangunan berkelanjutan dan industri tepung terigu lokal termasuk semua. Pendekatan yang unik ini telah memungkinkan kita untuk maju dengan cepat dalam menjadi produsen tepung terigu terkemuka di Indonesia, dan melalui memelihara kontak bersahabat dengan industri produk tepung terigu kita bisa merespon dengan cepat terhadap perubahan tren pasar. Kami membangun hubungan jangka panjang dengan pemula UKM dan mendukung pertumbuhan bisnis lokal gres dan merek. 

Visi Sriboga Program UKM: Mengembangkan dan memperluas kehadiran menguntungkan, Koperasi multi-tujuan bisa mengembangkan perjuangan mikro, kecil, dan bisnis berbasis tepung-menengah.  
Program CSR Perusahaan

Pada Sriboga Flour Mill, kita terlibat dalam acara CSR pada tingkat holding, dengan visi menawarkan bantuan bagi masa depan Indonesia melalui pembangunan berkelanjutan dari bawah ke atas serta pendekatan dari atas hingga bawah. Pendidikan dan membuat generasi pemimpin yang bertanggung jawab untuk bisnis dan pelayanan kepada masyarakat merupakan pilar utama dari filosofi ini.

Program Tanggung Jawab Perusahaan (CSR) didasarkan pada unsur keempat misi perusahaan kami yang menyatakan bahwa ‘Sriboga Flour Mill menyebarkan tanggung jawab dengan pemerintah untuk mengambil tugas aktif dalam memperbaiki dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya dan, khususnya, bahwa masyarakat di mana perusahaan beroperasi.


Pada tahun 1984, pemegang saham utama kami mendirikan IPMI Business School, sekolah bisnis terkemuka di Indonesia dan aktivis dalam menawarkan jadwal MBA dengan aba-aba dalam bahasa Inggris. Kami terus memberi proteksi kepada sekolah sebagai penyedia dana utama untuk menawarkan kesempatan kepada siswa Indonesia yang paling berpotensi melalui beasiswa, dan dengan demikian menawarkan bantuan untuk membuat banyak manajer Indonesia dan pengusaha. IPMI telah menghasilkan sejumlah 2.300 alumni yang lulus dan telah mendapat posisi senior di perusahaan multinasional besar serta menjadi pebisnis yang paling diakui di Indonesia.


Selain itu, kami juga menawarkan kesempatan beasiswa kepada keturunan kawan kami UKM untuk berguru di IKOPIN (Jatinangor, Jawa Barat) yang mengkhususkan diri dalam UKM dan ekonomi koperasi. Program ini telah berjalan semenjak 2009 dan dirancang untuk berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut dari UKM dengan mendukung pengembangan generasi berikut yang profesional dan berkualitas. Pada 2013, bagan telah menawarkan 35 beasiswa dan telah menghasilkan 10 lulusan berkualitas.
Mengenal Sriboga Group tidak akan terlepas dengan mengenalkan profil CEO Sriboga, Bapak Alwin Arifin kepada para pelaku UMKM, dan berikut ialah liputan khusus dari SWA yang berkesempatan berdialog dengan Bapak Alwin Arifin:

Alwin Arifin: Nanti, Bahan Baku Terigu Tidak Impor, tetapi Cari dari Lokal

Setelah sukses mengembangkan Grup Daniprisma, Alwin Arifin diserahi tanggung jawab mengelola dan mengembangkan Sriboga Ratu Raya. Kini, di tangan anak kedua Bustanil Arifin ini Grup Sriboga semakin menggurita.

Sriboga fokus pada bisnis tepung terigu, kuliner dan distribusi. Induk usahanya di bawah PT Sriboga Ratu Raya. Perusahaan yang dinakhodai Alwin ini membawahkan beberapa anak usaha, yaitu PT Sriboga Flour Mill (bisnis tepung terigu), PT Sari Melati Kencana (Pizza Hut), PT Sriboga Bakeries Integra (bisnis roti), PT UD Sumber Rezeki (distribusi tepung terigu), PT Ratu Sima Internasional (roti pita), PT Sriboga Marugame Indonesia (Marugame), juga masuk ke bisnis pendidikan, melalui sekolah bisnis IPMI.

Secara keseluruhan, Grup Sriboga merupakan penyumbang terbesar pendapatan kelompok bisnis keluarga itu. Bagaimana Alwin mengembangkan Sriboga hingga beranak-pinak dan besar ibarat sekarang? Berikut ini petikan wawancara wartawan SWA Sri Niken Handayani dengan Alwin.

Sebuah amanat penting dari Founder Sriboga Mengenalkan Sriboga kepada UMKM Jawa Tengah
Alwin Arifin, CEO Grup Sriboga (foto: Priyo Santoso)

Sejauh ini, bagaimana perkembangan bisnis Grup Sriboga?

Pada 1998, kami mendirikan pabrik terigu di tempat Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Lalu tahun 2002, kami mendirikan PT Usaha Dagang Sumber Rejeki untuk mendistribusikan terigu. Memasuki tahun 2004, Sriboga mulai merambah bisnis restoran dengan mempunyai waralaba Pizza Hut. Tahun 2012, di bawah PT Sriboga Flour Mill, merilis PT Sriboga Bakeri Integra dan PT Sriboga Marugame Indonesia. Pada 2013, Sriboga Raturaya melaksanakan kolaborasi investasi dengan Mitsubishi Corporation. Dan di tahun 2014 kami mendirikan PT Ratu Sima Internasional, merupakan satu-satunya perusahaan yang memproduksi roti pita di Indonesia.

Model bisnisnya lebih ke B2B atau B2C?

Kami lebih ke business to business, dan ketika ini gres merambah business to customer. Konsumen kami yang paling besar dan usang ada tiga pilar. Ada Sauron Bakery, pabrik terbesar kedua di Indonesia, 20% produksi kami sudah diambil sama mereka. Kedua, Nissin Biskuit di Semarang juga pakai punya kami. Dan, beberapa toko roti brand terkenal juga pakai tepung dari kami.

Namun, kami pun sudah meluncurkan produk gres berjulukan Easy Mix pada Desember 2015. Easy Mix merupakan bumbu serbaguna instan. Kelebihannya, tidak menggunakan MSG. Easy Mix sudah dijual di beberapa supermarket, tetapi memang belum kami lakukan promosi besar-besaran. Easy Mix terdiri dari dua macam, ada yang khusus tempura, ada juga yang khusus kue-kue. Saat ini Easy Mix sudah digunakan oleh beberapa resto. Ritel di terigu memang kami sudah masuk, tetapi tujuannya hanya untuk branding dan awaraness. Impor gandumnya dari Australia, Kanada, Rusia dan Ukrania.

Dari jumlah produksi, berapa jumlah yang dikonsumsi untuk Grup?

Untuk terigunya hanya 10%. Ke depan tetap akan business to business yang besar, sedangkan business to consumer akan menjadi pemanis saja.

Apa sih kekuatan yang dimiliki Sriboga Raturaya?

Kekuatan kami ialah membuat spesifik terigu, dan administrasi untuk resto.

Bagaimana citra pertumbuhan bisnis Sriboga?

Tahun 2015, total omset mencapai Rp 5,1 triliun. Kontribusi terbesar dari Sriboga Flour Mill. Kalau dari logistik masih kecil kontribusinya, sedangkan Pizza Hut bisa mencapai Rp 2,5 triliun kontribusinya. Pangsa pasar untuk terigu sendiri ketika ini sebesar 7%.

Sebuah amanat penting dari Founder Sriboga Mengenalkan Sriboga kepada UMKM Jawa Tengah
 Alwin Arifin (foto: Wisnu Tri Raharjo)

Saat ini berapa jumlah cabang Pizza Hut, PHD dan Marugame?

Saat ini Pizza Hut sudah mempunyai 330 cabang, yang terdiri dari 100 cabang PHD yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Tahun 2016, akan ada penambahan lagi 30 cabang yang terdiri 20 PHD dan 10 Pizza Hut. Marugame Udon sudah ada 30 cabang. Tahun ini rencananya akan tambah lima cabang lagi.

Tentang PHD, awalnya kami sudah mendengar bahwa Domino akan masuk ke Indonesia. Di luar sana Domino lebih unggul dibandingkan Pizza Hut. Maka sebelum Domino masuk waktu itu, kami eksklusif membuka banyak PHD.

Berapa investasinya?

Satu resto Pizza Hut membutuhkan sekitar Rp 3 miliar, sama juga dengan Marugame. Itu hanya untuk fisik, belum termasuk sewa. Karena jika sewa, tergantung pada lokasinya.

Mengapa tertarik terjun ke resto?

Karena, marginnya lebih besar daripada terigu. Kalau resto eksklusif berafiliasi dengan konsumen. Kami memang ingin adanya integrasi dari ujung ke ujung, upstream dan downstream. Kalau ketika ini perusahaan terigu terbesar di Indonesia telah bermain di mi dan roti, kami tidak akan mau masuk ke situ. Karena jika bermain di bidang yang sama, kami akan mati. Karena itu, kami masuk dari terigu ke resto. Lagipula, resto yang kami kembangkan semua materi bakunya dari terigu.

Apa lagi yang sedang dikembangkan oleh Sriboga?

Kami sedang membuat satu perusahaan media khusus untuk digital. Bentuknya online digital, yang akan digunakan untuk marketing online seluruh Grup. Rencananya akan diluncurkan simpulan tahun ini. Selain itu, kami juga sedang membuat resto lokal, ibarat resto Indonesia-Chinese.

Bagaimana dengan bisnis logistik?

Logistiknya PT Usaha Dagang Sumber Rezeki itu khusus untuk pendistribusian terigu, contohnya Pizza Hut mau ambil terigu bisa pakai itu. Tetapi, ini tidak hanya untuk internal, untuk eksternal juga.

Apa sih tantangan utama dalam bisnis terigu ini?

Sekarang di terigu ada tiga hal yang negatif. Pertama, rupiah selalu lemah terhadap dolar. Kedua, supply over demand, kini pabrik lebih banyak daripada demand-nya. Ketiga, ada persaingan tidak adil, persaingan antarpemain-besar. Kalau pemerintah tidak memperhatikan, nanti akan ibarat mi instan, ada dua pemain besar yang bersaing dan mendominasi: Indofood dan Wings.

Saat ini persaingannya ibarat apa?

Persaingannya semakin berat, ditambah kondisi ekonomi yang sedang buruk sehingga ada beberapa perusahaan yang diambil alih oleh perusahaan lain.

Tahun 2008-09 pertumbuhan bisnis terigu terlalu bagus, sehingga banyak yang tertarik investasi. Lalu, dua-tiga tahun gres selesai bikin pabrik, eh di tahun 2015 ekonominya turun. Jadi, jika mereka mengeluarkan produk baru, kan harus menawarkan diskon. Kalau tidak, ya tidak laku. Sementara yang ada, mereka terus menjaga pasar juga, sehingga harga semakin turun. Jadi, tahun 2015 berat. Saat ini, di Indonesia total ada 30 pabrik terigu. Ada 12 pemain baru.

Dampaknya terhadap Sriboga? Bagaimana menyiasatinya?

Bagi Sriboga sendiri, bekerjsama tidak terlalu besar lengan berkuasa sebab kami sudah punya konsumen sendiri dari tahun 1998. Mereka tidak pindah. Cuma, costumer yang baru-baru itu sangat gampang digoyang. Jadi, dari segi pasar kami tidak merasa berat.

Walaupun, tahun 2015 penjualan kami turun, tidak mencapai target. Kira-kira turunnya hampir mencapai 15%. Tahun 2015 kami targetkan 14 juta karung terigu, tetapi hanya sanggup 12,5 juta karung (25 kg/karung).

Langkah yang diambil, kami melaksanakan efisiensi ibarat mengurangi produksi, juga SDM. Saat ini jumlah karyawan sekitar 16 ribu orang.

Bagaimana pertumbuhan tahun ini?

Tahun ini kami optimistis akan naik 10%. Dulu kami merasa tidak perlu ekonomis, tetapi kini perlu sebab kami butuh analis untuk proyeksi ke depan.

Tahun ini berapa proyeksi investasinya?

Tahun 2016 kami butuh Rp 500 miliar, di mana Rp 300 miliar untuk Sriboga Food Solution dan sisanya untuk resto.

Ke depan akan ibarat apa model bisnis Sriboga?

Sekarang kami kan materi bakunya impor, kemudian dijual lokal. Ke depan kami akan balik: materialnya akan berasal dari lokal kemudian pendapatannya dari dolar. Jadi, materi bakunya akan kami cari dari lokal, contohnya rumput bahari yang memang orisinil dari Indonesia.

Anda kan generasi kedua keluarga Arifin. Bagaimana dengan generasi selanjutnya, apakah sudah disiapkan?

Saat ini, generasi ketiga ada 10 orang. Ada lima yang sudah lulus kuliah. Pertama, anaknya Bu Yani. Kedua, anaknya Emil kerja di CIMB, satu lagi jadi chef. Anak saya, satu senangnya film jadi kerja di MAP, yang kedua gres lulus dari teknologi pangan, satu lagi masih kuliah, dan yang terakhir masih SMA. Adapun anaknya Alex, yang satu masih kuliah di Jepang. Anak keduanya gres masuk kedokteran.

Rencananya, mereka jika bisa tidak ikut gabung di sini. Biar mereka dengan profesi masing-masing, supaya ini profesional yang pegang. Mereka jadi komisaris saja, supaya tidak ribut.

Anda kan empat bersaudara. masing-masing pegang perusahaan apa?

Saya mengurus bisnis tepung terigu Sriboga Ratu Raya. Emil mengurus Daniprisma. Alex kini memegang Danitama, distribusi terigu. Selain itu, ia juga main di jagung, ketan, serta pabrik kayu dan karet di Medan.

Kakak saya, Yani, pegang sekolah Al Azhar di Lebak Bulus. Adapun ibu saya sendiri pegang pesantren Darul Hikmah dan perkebunan di Sumbawa.

Apa kearifan dari orang tua?

Bapak berpesan, dalam perusahaan jangan sendiri-sendiri, setiap buat perusahaan harus berempat masuk di dalamnya. (AMBS)

Subscribe to receive free email updates:

ADS