ADS

Bagaimana Membangun Merk Di Jaman Digital?

Strategi Brand untuk UMKM
Jika bicara merk niscaya akan selalu menarik, tidak hanya bagi UMKM namun bagi perusahaan besar sekalipun. Membangun merk bukan hanya hak sebuah perusahaan besar yang mempunyai sumber daya yang memungkinkannya merencanakan dan membangun sebuah merk yang kuat, perusahaan dengan skala kecil dan menengah pun berhak untuk merencanakan brand-nya semenjak awal.

Menjadi sebuah tantangan yang besar ketika sebuah perusahaan UMKM tiba ke konsultasi kami dan menyatakan keinginannya membangun merk yang superior, sebab persaingan di kategori bisnisnya sangatlah ketat dan sudah banyak merk besar bertengger di sana terlebih dahulu. 

Ada aneka macam seni administrasi yang kami diskusikan, mulai dari bagaimana mereka membangun segmen pasar mereka sendiri dari segmen yang telah ada dengan cara mempersempit jangkauan pasarnya. Bermain di niche market memang akan mengatakan peluang yang lebih besar pada merk development dan hal ini harus mereka lakukan. Untuk merk yang superior, maka merk yang mereka bangkit bukanlah sekedar brand, melainkan sebuah master brand.

Apa yang dimaksud dengan  'Master Brand' ?

Sebuah merk name yang menyeluruh yang berfungsi sebagai titik penahan utama dimana semua produk berbasis pada grup band tersebuts. Master branding mencoba untuk membuat kekerabatan yang berpengaruh antara produk perusahaan dan apa yang mewakili merk tersebut. Sementara produk customer akan selalu mempunyai merk mereka sendiri, master merk inilah yang memberi kontribusi pada kepercayaan konsumen bahwa produknya berbeda dari yang lain di kelasnya.
 
BREAKING DOWN 'Master Brand'

Sebagai contoh, Intel ialah satu master merk dengan beberapa penawaran produk berikutnya menyerupai Pentium, Centrino dan Core Duo. Sementara masing-masing produk ini mengatakan tingkat kinerja yang berbeda, merk Intel-lah yang memungkinkan konsumen untuk percaya bahwa chip yang beliau beli akan mempunyai tingkat kualitas yang sama menyerupai semua produk Intel lainnya.

Kata kunci yang kami berikan kepada klien UKM tersebut adalah "engage with customer's emotional" karena produk mereka ialah food and beverage. Biarlah customer mengembangkan merk mereka sendiri untuk bisnisnya, tetapi produk yang digunakan oleh customer ialah supply dari UKM kami. Bukan sekedar produk yang ditawarkan melainkan bisnis, bukan sekedar benefit melainkan emotional benefit. Semua clue yang kami sampaikan ialah dengan maksud membuat market yang unik untuk produknya. Karena hanya dengan cara inilah maka merk yang mereka bangkit akan menjadi superior dan terasosiasi dengan brand-brand dari customernya.

Mungkin kami tidak sanggup buka lebih detail solusi apa yang kami berikan kepada UKM kami tersebut, melainkan hanya sekedar warta petunjuk saja. Tetapi pada kesempatan ini kami ingin mengembangkan tips bagaimana langkah membangun merk bagi UKM sebagai berikut:

Membangun Merek Anda

Jadi apa artinya membangun merk anda? Saya pikir Laura Lake menangkap konsep ini dengan cukup baik di situs webnya www.thebalance.com

"Ini lebih dari sekedar merek dagang; Ini ialah bagaimana Anda menampilkan diri Anda secara online dan offline kepada calon klien dan pelanggan. Merek pribadi Anda membangun bisnis Anda, tapi tetap berpusat di sekitar Anda sebagai individu. "

Topik ini penting terlepas dari apakah Anda ialah pemilik bisnis atau karyawan, sebab berfokus pada individu. Konsep membangun merek pribadi ialah perihal mengembangkan pemahaman perihal siapa Anda dan mengembangkan dengan dunia.


Berikut ialah proses 5 langkah untuk membangun merek pribadi yang berpengaruh dan sukses.


1. Tahu Siapa Anda. Apa nilai inti, hasrat, tujuan?  

Berikan beberapa pemikiran. Jika Anda ialah pemilik toko, Anda mungkin telah merancang sebuah misi atau pernyataan visi sebelumnya. Luangkan waktu untuk membacanya. Tinjaulah untuk memastikannya mencerminkan hasrat, nilai, dan tujuan Anda secara akurat. Mungkin perlu diperbarui? Mungkin mengulasnya berfungsi sebagai pengingat berpengaruh mengapa Anda memulai bisnis ini? Jika Anda seorang karyawan, tinjau kembali pernyataan misi organisasi dan tentukan apakah nilai perusahaan sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Mereka mungkin bukan pertandingan langsung, tapi setidaknya harus, bukan konflik. Sebagai karyawan, Anda ingin memastikan bahwa Anda ialah penggalan dari organisasi kawasan Anda mengembangkan dan mendukung nilai-nilai bersama.

Evaluasi kekuatan dan tantangan Anda. Apa yang kau lakukan dengan sangat baik? Di mana Anda sanggup memakai beberapa bantuan? Seringkali solusi untuk mengoreksi atau mengkompensasi kekurangan melibatkan terlebih dahulu mengakui mereka, diikuti oleh perpisahan dengan sejumlah uang dan kontrol. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini. Risiko apa yang terlibat dalam terus melaksanakan sesuatu sendiri sehingga saya tidak hebat? Berapa biaya dalam melewatkan kesempatan sebab saya tidak akan membiarkannya pergi? Memfokuskan energi pada kompetensi inti Anda, mendelegasikan dan melaksanakan outsourcing di kawasan yang Anda butuhkan dukungan akan membuat Anda lebih efisien. Pada akhirnya, kesuksesan bergantung pada penilaian otentik perihal diri Anda. Dalam pekerjaan konsultasi yang saya lakukan, saya menemukan bahwa banyak peritel paling efektif ialah perusahaan yang sangat terperinci perihal di mana kekuatan mereka berbohong dan melengkapinya.


Langkah ini benar-benar perihal kesadaran diri. Sering kali pengecer mencoba membuat dan menampilkan versi Merek Pribadi mereka yang kurang autentik; memilih untuk menggambarkan apa yang mereka pikir orang harapkan atau menyembunyikan ketidakamanan di balik topeng palsu. Ini ialah pandangan gres yang jelek sebab beberapa alasan. Pertama-tama itu salah. Kedua, orang pada balasannya akan melihatnya. Dan akhirnya, melelahkan untuk mengikuti permainan itu. Orang yang jujur ​​dengan diri mereka sendiri, perihal kekuatan dan kelemahan mereka menavigasi bisnis dengan lebih mudah.



2. Kenali Posisi Anda.  

Mengetahui posisi anda mengharuskan anda menjadi mahasiswa industri perabot rumah tangga dan juga pesaing Anda. Apa yang membedakanmu? Apa yang Anda lakukan lebih baik dari orang lain? Apa Proposisi Jual Unik Anda? Apa yang membuatmu unik? Jika Anda berjuang dengan yang satu ini, pikirkan kembali umpan balik yang Anda terima dari klien dan pelanggan. Sudahkah mereka memberi tahu Anda betapa terkesannya mereka dengan waktu penyelesaian Anda atau solusi Anda yang sangat kreatif? Komentar mereka kemungkinan besar akan menjadi hal yang sama yang masih menggairahkan Anda-alasan mengapa Anda terlibat dalam pekerjaan ini semenjak awal.

Kita hidup di masa perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Jadi, ini lebih penting daripada sebelumnya untuk tetap dikala ini sehingga Anda sanggup mengadopsi pendekatan progresif untuk bisnis Anda.


Merek pribadi akan sangat berbeda, tapi yang ideal ialah mengirim pesan ke prospek dan klien yang sangat kompeten, jago di bidang Anda. Anggota tim penjualan yang sangat sukses ialah mereka yang memikulnya untuk tetap mengikuti produk mereka, tren pasar dan industri mereka. Operasi ritel yang berpengaruh menyadari bahwa ada pengembalian investasi yang besar dalam pengembangan profesional untuk kepemilikan, administrasi dan anggota tim. Jika Anda membaca artikel industri dengan hati-hati, menghadiri seminar dan konferensi - ini akan membantu Anda tetap terdepan dan memberi Anda keunggulan kompetitif.

3. Jadikan kekerabatan pribadi sebagai prioritas.  

Apa yang kita bicarakan di sini hanyalah membangun kekerabatan positif. Ini ialah keterampilan kritis. Tidak ada yang akan repot-repot mencoba dan memahami Merek Pribadi Anda kecuali kalau Anda terhubung dengan mereka pada tingkat tertentu. Anda harus rela memasukkan energi ke dalam hubungan. Ini sanggup sesederhana mengekspresikan ketertarikan yang otentik pada orang lain. Dalam bisnis, ini ialah hal yang indah dan tak terduga. Mengekspresikan minat otentik terhadap kebutuhan pelanggan atau klien Anda seringkali mengarah pada diskusi perihal bagaimana Anda sanggup memenuhi kebutuhan tersebut. Ada nilai besar dalam membangun kekerabatan ketika perusahaan leverage meningkat sebab orang ingin berbisnis dengan orang dan merek yang mereka kenal, sukai dan percaya.

4. Capailah kualitas.  

Jika Anda telah meluangkan waktu untuk membangun hubungan, Anda akan ingin mempertahankan kekerabatan tersebut dengan merangkul kualitas. Ketika saya berbicara perihal mengatakan produk atau layanan berkualitas, saya tidak bermaksud harus menjadi yang terbaik. Mungkin Anda menjual sofa seharga $ 699 dan bukan $ 6999. Merangkul kualitas berarti dengan terperinci mengkomunikasikan nilai produk dan layanan yang Anda tawarkan, nilai yang sesuai dengan pelanggan Anda. Tentu saja, itu selalu merupakan seni administrasi membangun merek yang baik untuk mengambil kesempatan untuk melangkah di atas dan di luar, melebihi impian pelanggan kapanpun memungkinkan. Konsep kualitas juga melibatkan tindak lanjut. Tidakkah Anda menyukai "orang-orang yang mengikuti" dalam hidup Anda? Orang-orang yang ketika Anda meminta mereka untuk menangani sesuatu, Anda tidak berpikir dua kali perihal hal itu? Jadilah orang yang mengikuti orang baik untuk pelanggan eksternal, rekan kerja dan karyawan Anda.

Menjaga kata-kata Anda sangat kuat. Mengikuti dan menjaga kata-kata Anda sayangnya tidak lagi biasa, jadi ini ialah seni administrasi yang berpengaruh untuk memisahkan diri. Ini juga hal yang sempurna untuk dilakukan.


5. Komunikasikan pesan merek Anda.  

Anda telah bekerja keras untuk memahami diri sendiri, memahami industri furnitur, membangun kekerabatan dan merangkul kualitas. Sekarang Anda perlu mengembangkan warta ini dengan terlihat dan gampang diingat. Ini mengharuskan Anda mencocokkan seni administrasi komunikasi Anda dengan audiens sasaran Anda. Dalam mengkomunikasikan merek pribadi Anda, buat pesan yang terperinci dan konsisten. Dengan kata lain, tindakan Anda, kata-kata dan pesan pemasaran harus bersifat kohesif. Anda sanggup memakai merek pribadi Anda sebagai barometer. Sebelum membuat dan mengeposkan ke media sosial, memasang iklan di surat kabar lokal, atau mengunggah blog desain Anda ke LinkedIn, tanyakan pada diri Anda, apakah masing-masing potongan warta itu selaras? Apakah mereka semua mendukung merek pribadi Anda? Operasi ritel yang sangat menguntungkan telah menguasai seni perpesanan yang berpengaruh dan konsisten dan kesepakatan ini bahkan lebih berpengaruh lagi ketika dipeluk pada tingkat individu juga.

Inilah ajaran terakhir dari seseorang yang tahu sedikit perihal branding, Jeff Bezos dari Amazon. Bezos berkata: "Merek Anda ialah apa yang orang katakan perihal Anda dikala Anda tidak berada di dalam ruangan."

Kesimpulan 

Ingat, ketika orang mendengar nama Anda atau nama toko Anda, apa yang harus Anda hadapi ialah bahwa Anda berpengetahuan luas, menyenangkan, dan sanggup dipercaya. Dengan kata lain, Anda ialah seseorang yang ingin mereka ajak berbisnis.

Jika Anda ingin mengembangkan operasi ritel secara optimal, penting untuk mengembangkan dan memanfaatkan kekuatan personal branding. Ini memerlukan perekrutan orang-orang yang tepat, tetapi juga pada kesepakatan untuk mengalokasikan waktu dan sumber daya untuk melatih anggota tim perihal bagaimana membangun merek pribadi yang kuat.

Subscribe to receive free email updates:

ADS