ADS

Networking Usaha

Membangun Jejaring & Kemitraan Bagi UMKM
PT Sriboga Four Mill menggelar Sriboga Expo 2017 di JEC Yogyakarta tanggal 15, 16 dan 17 September 2017 dan mengundang para kawan Sriboga di bidang training untuk menunjukkan materi pada kelas-kelas yang disediakan. Mewakili EduKadin, saya menunjukkan materi Networking Bisnis kepada para pelaku UMKM di Yogyakarta mengenai pentingnya membangun jejaring dan bagaimana membangunnya.

Kelas Entrepreneur yang berada dalam satu lokasi expo ini memang disediakan kepada para pengunjung Expo yang ingin meningkatkan pengetahuan dan wawasannya terhadap food preneur, entrepreneur dan kelas-kelas baking yang disediakan oleh Sriboga.

Sebagaimana beberapa goresan pena saya beberapa waktu yang lalu, bahwa jejaring merupakan upaya yang paling efektif bagi UMKM untuk mengembangkan usahanya, selain acara promosi yang lain menyerupai iklan dan pameran. Mengapa demikian ? Karena dalam jejaring kita mendapat 2 hal sekaligus, yaitu gosip dan rekomendasi.
Jejaring kemitraan yaitu sebuah sistem yang terdiri dari beberapa individu atau perusahaan atau forum yang “terhubung” dan bisa “bekerja bersama” dalam mencapai suatu tujuan menurut kesepakatan prinsip dan tugas masing-masing. Jika masih dalam kondisi "terhubung", maka kami menyebutnya jejaring, sementara kalau sudah "bekerja bersama" maka kami menyebutnya kemitraan.

Membangun jaringan kemitraan pada hakikatnya yaitu sebuah proses membangun komunikasi atau hubungan, membuatkan ide, gosip dan sumber daya atas dasar saling percaya (trust) dan saling menguntungkan di antara pihak-pihak yang bermitra, yang dituangkan dalam bentuk nota kesepahaman atau perjanjian kontrak tertentu guna mencapai kesuksesan bersama yang lebih besar. 

Dalam kemitraan, seluruh elemen mendapat apa yang menjadi kebutuhannya. Sinergi antar elemen menjadi kunci dalam memainkan kiprahnya masing-masing. 

Edukasi dan Konsultasi
Bangunan kemitraan harus didasarkan pada hal-hal berikut: kesamaan perhatian (common interest) atau kepentingan, adanya perilaku saling mempercayai dan saling menghormati, tujuan yang terang dan terukur, dan kesediaan untuk berkorban baik, waktu, tenaga, maupun sumber daya yang lain.Secara umum, prinsip-prinsip kemitraan yaitu persamaan atau equality, keterbukaan atau transparancy dan saling menguntungkan atau mutual benefit. 

Kemitraan digalang dengan maksud untuk memfasilitasi dan membuka kanal UMKM terhadap informasi supply materi baku, gosip & teknologi produksi, administrasi organisasi dan pemasaran, dan tidak menutup kemungkinan gosip atas kanal modal dan investor. Kemitraan ini juga sangat bermanfaat sebagai sarana promosi dan sarana membuat daya dukung usaha. 

Kelas Networkin Usaha


Sementara itu tujuan membangun kemitraan adalah:
  • Partisipasi Bisnis, dari tidak ada peluang menjadi mempunyai peluang.
  • Sinergi Bisnis, memperkuat daya saing dan kapasitas supply.
  • Akselerasi Bisnis, percepatan mencapai tujuan bisnis.

Para pelaku UMKM harus benar-benar memahami beberapa hal tersebut diatas, termasuk juga beberapa contoh kerjasama seperti: inti plasma, perdagagan umum, keagenan dan distributor, modal ventura, waralaba dan sub kotrak biar mereka tahu contoh mana yang akan mereka pakai dalam bermitra.

Dalam kelas training ini juga kami menunjukkan konsultasi bagaiamana membangun kemitraan secara cerdas dengan memanfaatkan IT dan juga jejaring asosiasi yang telah ada. Semoga materi ini bermanfaat bagi para pelaku UMKM di Yogyakarta.









Subscribe to receive free email updates:

ADS