ADS

Pelatihan Pemasaran Ekspor Untuk Umkm Di Balatkop Propinsi Jawa Tengah

Pelatihan Pemasaran Ekspor
Sempat bertanya-tanya saat pada awalnya disodori agenda oleh rekan-rekan dari Unisbank yang menggarap training ekspor untuk UMKM di Balatkop Propinsi Jawa Tengah selama seminggu penuh ini. Pertanyaan saya tentunya berkisar pada siapa audience saya dan bahan apa yang mereka butuhkan dari saya.

Informasi yang disampaikan kepada saya hanyalah bahwa saya akan mengisi kelas ekspor dengan audience sekitar 30 pelaku UMKM perwakilan dari kota dan kabupaten di bidang food dan non food, dan waktu yang diberikan kepada saya ialah dari jam 7.30 sd 16.30. Waktu yang sangat panjang ini diserahkan mutlak kepada saya untuk memilih bahan training kepada UMKM.

Akhirnya kepada rekan-rekan panitia dari Unisbank saya mengajukan 4 bahan yang akan saya berikan kepada pera peserta, yaitu:
  1. Perencanaan Strategi Pemasaran; dimana saya memperlihatkan pemahaman yang cukup sederhana mengenai pemasaran dan bagaimana menciptakan perencanaan taktik pemasaran bagi para pelaku UMKM yang dipersiapkan untuk dapat ekspor.
  2. Membangun Brand, disini saya memperlihatkan pemahaman awal mengenai merk sebagai sebuah persepsi yang akan dibangun oleh para pelaku UMKM dan bagaimana membangunnya semenjak awal.
  3. Packaging is A Silent Salesman, yang memperlihatkan pemahaman lengkap wacana kemasan yang baik dan taktik kemasan yang mendukung pemasaran.
  4. UKM Go EKspor, dalam bahan ini kami memperlihatkan motivasi kepada akseptor bahwa ekspor dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah dan sederhana.
 Dan materi-materi tersebut disetujui untuk saya berikan kepada akseptor pelatihan.

Ternyata dugaan saya benar, bahwa para akseptor belum mendapat materi-materi tersebut di atas. Hal ini saya pahami dari beberapa pengalaman memperlihatkan pembekalan ekspor kepada para pelaku UMKM dari instansi pemerintah. Setidaknya bahan di atas akan sangat mempunyai kegunaan bagi mereka untuk mempersiapkan diri untuk ekspor, meskipun dengan skala dan cara UMKM.

Banyak obrolan dan interaktif dalam penyampaian bahan merupakan taktik saya untuk mendengar apa yang diperlukan dari para pelaku UMKM atas apa yang mereka angankan wacana ekspor atau pemasaran pada umumnya. Tanggapan dan feeb back dari mereka merupakan data yang sangat berharga bagi saya dalam menciptakan beberapa agenda dan aktivitas di masa mendatang.

Semoga apa yang kami berikan dalam training tersebut dapat ditindaklanjuti oleh akseptor untuk kemajuan dan perkembangan usahanya. Sukses !



Subscribe to receive free email updates:

ADS