Shireen Poyck, Senior Expert dari PUM Belanda |
Selalu ada baiknya jikalau kita mau berguru dari banyak sekali sumber, dan kali ini saya mendapat kesempatan besar alasannya kedatangan senior expert dari PUM Belanda yang seorang hebat di marketing communication. Kebetulan lagi, Shireen (begitu beliau dipanggil) akan menjadi sobat satu ruangan dengan saya selama 2 ahad ini.
Tujuan dari kedatangan senior expert dari PUM ialah untuk membantu para UMKM meningkatkan kemampuan mereka dari bidang-bidang yang mereka anggap masih kurang, mulai dari produksi, manajemen, pemasaran, IT dan sebagainya. Konsultasi pendampingan mereka ialah FREE, UMKM hanya dibebani biaya kemudahan (menginap, makan siang dan transportasi dari penginapan ke lokasi) dan hal itu tentu tidak akan sebanding dengan konsultasi pendampingan yang mereka berikan kepada UMKM.
Kesempatan ini saya manfaatkan untuk berguru banyak mengenai ilmu komunikasi, terutama ilmu-ilmu terapan komunikasi dan pemahaman yang paling sederhanda dan simpel dari seorang expert menyerupai Shireen Poyck ini.
Shireen Poyck, Senior Expert in Communication |
Dari banyak ilmu yang diberikan kepada saya hari ini, saya sangat tertarik dengan bagaimana melaksanakan "positioning" dalam komunikasi. Ada 3 hal penting dalam melaksanakan positioning yang harus kita pahami, yaitu:
- Authentic, menjadi diri kita sendiri dengan segala potensi dan kemampuan yang ada dalam diri kita.
- Focus, fokus kepada potensi dan kompetensi kita dan yang paling penting ialah fokus kepada audience atau pasar.
- Be special, menjadi Istimewa sehingga memperjelas perbedaan kita dengan para pesaing.
Respon dari market atau audiece menjadi satu hal yang paling penting dalam komunikasi. Bukan mengenai pendapat kita, melainkan apa pendapat audience terhadap diri, produk dan perusahaan kita.
Shireen & Me @ Office |
Lantas communication tool apa yang paling efektif untuk mendapat respon dari konsumen ? Ternyata justru ialah cara yang paling konvesional, yaitu berbicara pribadi kepada kostomer.
Apa yang menciptakan positioning kita berpengaruh ? Hal yang seolah sederhana ini ternyata justru sering terlewat, apa ? Member atau customer lah yang menciptakan posistioning kita berpengaruh alasannya hanya kita yang tahu siapa pasar kita Bagaimana kita tahu customer kita ? Adalah alasannya kita menerapkan prinsip komunuikasi yang benar.
Kami berharap besar dengan kehadiran para expert dari PUM Belanda bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM di Jawa Tengahn sehingga mereka mendapat edukasi dan warta yang bermanfaat bagi pengembangan perjuangan mereka.