ADS

Mirasa Food Industry, Dapat Menjadi Pola Ukm Go Export

Masalah kualitas kami tidak akan mencurigai Kripik Singkong Mirasa Food Industry
Selalu masuk dalam daftar eksportir tangguh Disperindag Propinsi Jawa Tengah, tentu bukan sebab kebetulan melainkan sebab memang UMKM dari Kabupaten Magelang ini mempunyai kinerja ekspor yang memadai untuk masuk dalam daftar akseptor eksportir tangguh. Mulai dari pengembangan pasar dari Eropa kemudian TImur Tengah, serta volume ekspor yang bertambah dari tahun ke tahun merupakan beberapa peniliaian kinerja ekspor dari team juri Eksportir Tangguh Jawa Tengah.

Pola pemberdayaan masyarakat dalam penyediaan materi baku serta pemenuhan sertifikasi-sertifikasi yang diharapkan dalam ekspor dalam sektor pangan merupakan pertimbangan lainnya.

Skala perusahaannya tidak besar, sebab memang perusahaan ini ialah perusahaan UMKM yang berlokasi di deerah Blabak, Mungkid, Kabupaten Magelang. Tetapi apa yang mereka lakukan patut mendapat acungan jempol sebab bisa mengolah sumber daya lokal menjadi sebuah komoditas ekspor yang patut dipertimbangkan.


Masalah kualitas kami tidak akan mencurigai Kripik Singkong Mirasa Food Industry Mirasa Food Industry, Bisa Menjadi Contoh UKM Go Export
Produk Kripik Singkong Mirasa Food yang Sudah Ekspor, Cap Payung.

Pada kesempatan kami berkunjung ke kota Magelang pada hari Selasa lalu, kami sempatkan mengunjungi pabrik Mirasa Food Industry di Kabupaten Magelang. Jangan terkecoh dengan nama industry di belakangnya, perusahaan ini masih skala UMKM hanya saja memang orientasinya ialah ekspor. Pada kesempatan ini kami bertemu dengan Mbak Mei yang merupakan penanggung jawab pemasaran di Mirasa Food.

Kemampuan Mirasa Food dalam mengangkat potensi lokal berupa singkong menjadi produk makanan dengan standard kualitas ekspor memang menjadi hal yang menarik untuk kami terutama untuk memotivasi UMKM yang lain untuk melaksanakan ekspor. 

Meskipun banyak komentar negatif bahwa UKM Go Export akan banyak menemui kendala, tetapi kami selalu optimis terutama melihat salah satu UMKM yang telah melaksanakan ekspor ini. Yang penting dilema legalitas, kualitas, kapasitas dan kontinuitas sudah menjadi persyaratan wajib bagi UMKM yang ingin ekspor. Bukankah sudah banyak buktinya ? Bisa.

Pada kesempatan ini kami juga menanyakan kepada Mbak Mei apa yang dibutuhkan Mirasa dari Kadin Jawa Tengah ? Kami bisa bantu promosi dan jaringan pemasarannya meskipun secara umum Mirasa Food sudah tidak mengalami permasalahan pemasaran sebab memang kualitasnya sudah di atas level rata-rata produsen yang lain.

Mirasa Food masih mempunyai peluang besar untuk supply pasar-pasar modern di Indonesia, di samping mereka juga lebih tertarik untuk pasar ekspor. Tentunya tidak akan sulit untuk memasarkan produk yang memang sudah dipersiapkan untuk standard ekspor, hanya menentukan pasar yang sempurna untuk produk ini.

Ketika kebetulan kami kedatangan expert dari Belanda, maka kesempatan ini kami manfaatkan untuk mendapat review darinya mengingat kripik singkong Mirasa Food ini sudah masuk pasar Belanda. Dan memang, produk Mirasa Food tidak perlu diragukan dalam dilema cita rasa dan kualitas pengolahannya. Sukses selalu buat Mirasa Food.









Subscribe to receive free email updates:

ADS