ADS

Bagaimana Melaksanakan Riset Pasar?


Bagaimana Melakukan Riset Pasar?
Tahapan terpenting dari pemasaran ialah bagaimana memahami pelanggan, apa yang mereka inginkan dan apa yang mereka butuhkan. Oleh lantaran itu setiap perusahaan berusaha keras untuk melakuan sebuah upaya pemahaman pelanggan mereka dengan melaksanakan survey atau riset pasar.. 

Apa itu riset pasar dan mengapa hal ini penting?

Market research atau riset pasar ialah sebuah perjuangan untuk mengumpulkan gosip terkait masyarakat yang akan menjadi sasaran dari sebuah bisnis, alias calon pengguna. Tak hanya di dunia startup, tahapan ini pun perlu dilakukan jikalau kau ingin memulai bisnis konvensional.

Ada empat hal yang sanggup dapatkan sehabis melaksanakan riset pasar:

Pertama,
kau sanggup mengetahui huruf calon pengguna (persona) dari produk atau layanan yang kau buat, dan seberapa banyak jumlah mereka di Indonesia.

Kedua, kau sanggup mengetahui apakah produk atau layanan yang kau hadirkan memang akan dipakai oleh orang-orang tersebut. Jangan hingga kau menghadirkan layanan yang bahu-membahu dibutuhkan, namun gagal mendapat pengguna lantaran tampilan aplikasi yang jelek atau harga layanan yang terlalu mahal.

Ketiga, kau sanggup mengetahui siapa saja yang berpotensi menjadi pesaing kau secara pribadi dan tidak langsung. Dengan begitu, kau sanggup mempersiapkan taktik untuk mengalahkan mereka.

Keempat, kamu pun sanggup mengetahui kendala menyerupai apa yang akan kau hadapi, menyerupai permasalahan infrastruktur internet, regulasi pemerintah, atau minimnya vendor yang tersedia.

Seorang pakar pernah menganalogikan riset pasar sebagai peta atau rambu kemudian lintas yang sanggup mengarahkan para pengemudi yang hendak bepergian dari satu kota ke kota lain. Dengan peta atau rambu tersebut, kau sanggup mengetahui ke arah mana kau harus pergi, kapan kau harus memperlambat laju kendaraan dan kapan kau harus berbelok.

Serupa dengan hal tersebut, riset pasar pun sanggup membantu perusahaan untuk memilih arah startup yang kau dirikan, mulai dari taktik pemasaran menyerupai apa yang harus kau lakukan, produk menyerupai apa yang harus kau buat semoga sanggup memuaskan para pengguna, hingga bagaimana kau sanggup mengalahkan kompetitor.

Riset pemasaran mengatakan citra bisnis seperti jenis produk dan layanan baru yang sanggup mendatangkan keuntungan. Untuk produk dan layanan yang sudah tersedia, riset pemasaran sanggup memberi tahu perusahaan apakah mereka telah memenuhi kebutuhan dan cita-cita pelanggan mereka. Dengan meneliti tanggapan atas pertanyaan spesifik, pemilik perjuangan kecil sanggup berguru apakah mereka perlu mengubah desain paket mereka atau mengubah metode pengiriman mereka - dan bahkan apakah mereka harus mempertimbangkan memperlihatkan layanan tambahan.


"Kegagalan melaksanakan riset pasar sebelum memulai perjuangan bisnis atau selama operasinya menyerupai mengendarai kendaraan beroda empat dari Texas ke New York tanpa peta atau rambu jalan," kata William Bill dari Wealth Design Group LLC di Houston. "Anda sudah tahu arah mana yang harus dituju dan seberapa cepat untuk pergi. Rencana riset pasar yang baik memperlihatkan di mana dan siapa pelanggan Anda. Ini juga akan memberi tahu Anda kapan mereka kemungkinan besar dan bersedia membeli barang Anda atau memakai jasa Anda."


Ketika Anda melaksanakan riset pasar, Anda sanggup memakai hasil baik untuk menciptakan rencana bisnis dan pemasaran atau untuk mengukur keberhasilan rencana Anda ketika ini. Itulah mengapa penting untuk menanyakan pertanyaan yang tepat, dengan cara yang benar, kepada orang yang tepat. Penelitian, yang dilakukan dengan buruk, sanggup mengarahkan bisnis ke arah yang salah. Berikut ialah beberapa dasar riset pasar yang sanggup membantu Anda memulai dan beberapa kesalahan untuk dihindari.

Jenis Penelitian Pasar

Riset Utama: Tujuan utama penelitian ialah mengumpulkan data dari menganalisa penjualan ketika ini dan keefektifan praktik-praktik ketika ini. Riset utama juga mempertimbangkan rencana pesaing, memberi Anda gosip ihwal pesaing Anda.

Pengumpulan penelitian utama sanggup meliputi:
  • Wawancara (baik melalui telepon atau tatap muka)
  • Survei (online atau melalui surat)
  • Kuisioner (online atau melalui surat)
  • Kelompok fokus mengumpulkan sampel klien potensial atau pelanggan dan mendapat umpan balik pribadi mereka
Beberapa pertanyaan penting mungkin termasuk:
  • Faktor apa yang Anda pertimbangkan ketika membeli produk atau layanan ini?
  • Apa yang Anda suka atau tidak suka ihwal produk atau layanan yang ketika ini ada di pasar?
  • Bidang apa yang akan Anda sarankan untuk perbaikan?
  • Berapa harga yang pantas untuk suatu produk atau jasa?

Penelitian Sekunder: Tujuan dari penelitian sekunder ialah untuk menganalisis data yang telah diterbitkan. Dengan data sekunder, Anda sanggup mengidentifikasi pesaing, menetapkan tolok ukur dan mengidentifikasi segmen sasaran. Segmen Anda ialah orang-orang yang masuk ke dalam demografis bertarget Anda - orang-orang yang menjalani gaya hidup tertentu, memperlihatkan rujukan sikap tertentu, atau jatuh ke dalam kelompok usia yang telah ditentukan.

Mengumpulkan Data

Tidak ada bisnis kecil yang sanggup berhasil tanpa memahami pelanggannya, produk dan layanannya, dan pasar secara umum. Persaingan sering sengit, dan beroperasi tanpa melaksanakan penelitian sanggup memberi keunggulan kepada pesaing Anda.

Ada dua kategori pengumpulan data: kuantitatif dan kualitatif. Metode kuantitatif memakai analisis matematis dan membutuhkan ukuran sampel yang besar. Hasil dari data ini menjelaskan perbedaan yang signifikan secara statistik. Satu kawasan untuk menemukan hasil kuantitatif jikalau Anda mempunyai situs web ialah dalam analisis web Anda (tersedia dalam rangkaian alat Google). Informasi ini sanggup membantu Anda memilih banyak hal, menyerupai dari mana prospek Anda berasal, berapa lama pengunjung tinggal di situs Anda dan dari halaman mana mereka keluar.

Metode kualitatif membantu Anda menyebarkan dan menyempurnakan metode penelitian kuantitatif Anda. Mereka sanggup membantu pemilik bisnis mendefinisikan problem dan sering memakai metode wawancara untuk berguru ihwal pendapat, nilai, dan keyakinan pelanggan. Dengan penelitian kualitatif, ukuran sampel biasanya kecil.

Banyak pemilik bisnis baru, yang sering kekurangan waktu dan uang, sanggup mengambil jalan pintas yang nantinya sanggup menjadi bumerang. Berikut ini tiga jebakan yang harus dihindari.

Mulai Menganalisa Data.

Setelah data terkumpul kita sanggup mulai melaksanakan analisa dengan aneka macam kombinasi kemungkinan yang ada. Yang diharapkan dalam memilih taktik pemasaran ialah data yang telah teruji dan telah dianalisa. Berbagai hasil data dan kombinasinya akan banyak mengatakan fakta terhadap pasar yang kita survey.


Kesalahan Pemasaran Umum

Hanya memakai penelitian sekunder. Mengandalkan karya yang diterbitkan orang lain tidak memberi Anda citra lengkap. Ini sanggup menjadi kawasan yang anggun untuk memulai, tentu saja, tetapi gosip yang Anda peroleh dari penelitian sekunder sanggup menjadi usang. Anda sanggup melewatkan faktor-faktor lain yang relevan dengan bisnis Anda.

Hanya memakai sumber daya web. Ketika Anda memakai mesin pencari umum untuk mengumpulkan informasi, Anda hanya mendapat data yang tersedia untuk semua orang dan mungkin tidak sepenuhnya akurat. Untuk melaksanakan penelusuran yang lebih dalam sambil tetap sesuai dengan anggaran Anda, gunakan sumber daya di perpustakaan setempat, kampus, atau sentra bisnis kecil.

Hanya survei orang yang Anda kenal. Pemilik perjuangan kecil terkadang hanya mewawancarai anggota keluarga dan rekan bersahabat ketika melaksanakan penelitian, tetapi teman dan keluarga sering kali bukan subjek survei terbaik. Untuk mendapat gosip yang paling berkhasiat dan akurat, Anda perlu berbicara dengan pelanggan faktual ihwal kebutuhan, keinginan, dan cita-cita mereka.

Kelamahan perjuangan kecil ialah tidak pernah melaksanakan riset atau survey pasar, kebanyakan mereka melaksanakan pemasaran tanpa tahu siapa pasar mereka dan apa yang menjadi kebutuhan mereka sehingga permasalahan pemasaran sering timbul karenanya. Semoga tulisan yang singkat ini sanggup bermanfaat. Sukses!

 


Subscribe to receive free email updates:

ADS