ADS

Bisnis Modal Minim ? Anda Dapat Mulai Dengan Jasa Belanja.

Jasa belanja, bisnis modal minim bagi para pemula usaha.
Apa yang unik dari pasar tradisional? Beberapa orang eksklusif menjawab bahwa produk di pasar tradisional satu dengan yang lainya tidak sama, itulah keunikannya. Setiap pasar tradisional di suatu tempat niscaya mempunyai produk lokal yang khas yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Misalnya di Pasar Gede di Kota Solo, aneka macam produk sambal orisinil dari Solo yang cukup untuk, kemudian pasar tradisional di tempat Pati yang dimana kita bisa temukan produk terasi udang dan olahan ikan lainnya dan sebagainya. Dan niscaya banyak juga produk unik dari setiap tempat yang dijual di pasar tradisional di tempat tersebut.

Inilah potensi yang akan kita garap, dikala kita tidak cukup banyak modal untuk memulai sebuah usaha. Modal kita ialah kemauan dan kemampuan kita dalam menciptakan visual yang menarik atas produk-produk tersebut. Hal lain yang perlu diperhatikan ialah bagaimana legalitas produk tersebut, apakah sudah ada PIRT atau bahkan akta halalnya untuk produk-produk dalam kemasan. Untuk produk yang bersifat segar, pastikan bahwa produk tersebut masih gres dan mempunyai kedaluwarsa yang cukup untuk masa pengiriman barang. Kita perlu mencar ilmu melaksanakan pengemasan yang baik dan benar semoga produk tersebut "aman" hingga dengan customer.

Apalagi yang perlu anda persiapkan? Anda perlu mencar ilmu social media dan pengambilan foto atau video (visual) yang bisa menyakinkan konsumen. Berikut ada tips yang bisa anda pakai untuk melaksanakan visualisasi produk yang ingin anda pasarkan melalui social media anda:

Tips ini bisa diterapkan pada produk non food.

Tips ini bisa diterapkan parda produk food.
Belajar marketing dengan facebook, instagram dan sebagainya hampir sama prinsipnya, yaitu menyajikan visual yang baik, baik berupa foto maupun video. Selain itu caption atau informasi untuk foto dan vieo juga harus menarik, dan hal ini bisa anda pelajari dikala anda tahu benar siapa pasar anda dan apa yang mereka butuhkan. Dengan memahami hal tersebut maka anda bisa menciptakan caption yang sesuai dengan apa yang diperlukan oleh pasar anda.

Social media ialah media yang paling mendominasi kehidupan generasi milenial dan generasi-generasi setelahnya. Kemampuan dalam memanfaatkan social media beserta etikanya dalam bisnis sangat penting untuk dipahami. Sebagai alat, social media tergantung kepada siapa yang memanfaatkannya.

Nah, apalagi yang perlu anda pelajari? Pastinya ialah logistik yang akan memahamkan bagaimana anda memastikan produk anda bisa terkirim kepada konsumen dengan aman, baik dalam handling produknya maupun dalam delivery time-nya. Dengan packaging yang baik, maka anda tinggal memastikan handling pengiriman yang baik semoga produk anda kondusif hingga konsumen.

Pemilihan kurir dan ekspedisi yang sempurna sangat penting dalam menjaga kepastian delivery dan pertimbangan ongkos kirim. Saat ini ada banyak kurir yang cukup handal dalam menangani pengiriman anda, baik yang bisa sehari hingga atau yang normal. Pastikan produk yang anda kirim tidak melebihi rusak atau kedaluwarsa dalam masa pengiriman.

Bisnis Modal Minim?

Contoh citra di atas ialah upaya saya membangun ide dan ide dari pembaca untuk yang ingin segera memulai perjuangan tetapi tidak butuh banyak modal. Bahkan yang lebih kreatif lagi, mereka tidak melaksanakan pembelian terlebih dahulu melainkan hanya memotret produk dari pedagang. Pastikan bahwa produk tersebut terjamin ketersediaannya di pedagang tersebut sebelum anda promosikan. Mereka akan membeli produk tersebut dikala pesanan sudah tiba dari konsumen. 

Anda akan sangat diuntungkan ketikan pasar tradisional atau pusat produksi ada di sekitar anda atau tidak jauh dari tempat tinggal anda. Hal serupa juga saya lakukan dikala memulai perjuangan shop online sekitar 7-8 tahun silam, dikala saya tidak mempunyai banyak modal untuk memulai bisnis. Saya diuntungkan dengan menemukan produk terasi udang yang yummy dan spesial. 

Ketika sudah yakin bahwa produk ini unik dan jarang ada di tempat lain, maka saya pun segera melaksanakan uji di laboratorium dinas kesehatan untuk memastikan produk tersebut bebas dari materi pewarna dan pengawet yang berbahaya serta mikro basil yang bisa mengganggu kesehatan. Selanjutnya dengan dasar hasil uji tersebut, saya mengajukan PIRT ke dinas kesehatan setempat alasannya ialah saya akan melaksanakan pengemasan ulang terhadap produk tersebut semoga lebih menarik.

Setelah ada ijin PIRT dan kemasan, maka saya melaksanakan pemotretan produk dan mulai mempromosikan produk tersebut melalui sosial media dan blog kami dan ternyata produk tersebut diminati oleh konsumen-konsumen di kota besar dan bahkan di restoran besar. Mengapa? Karena produk tersebut mempunyai cita rasa yang yummy dan orisinil dan tidak ada di kota-kota besar.

Demikian apa yang bisa saya sharing kepada teman-teman pemula perjuangan yang sedang kehabisan ide. Selamat melaksanakan hunting produk di pasar-pasar tradisional di tempat anda atau sentra-sentra produksi di tempat anda. Sukses!





 

Subscribe to receive free email updates:

ADS