ADS

Menyikapi Persaingan Dengan Bijaksana.

Menyikapi Persaingan Dengan Bijaksana.
Persaingan bisnis akan selalu ada alasannya produk yang sejenis dan juga pasar yang dilayani, semakin ke depan nanti persaingan akan semakin ketat alasannya jumlah pemain semakin banyak. Seharusnya hal ini sangat wajar, namun sebagian pelaku UMKM masiih menyikapi persaingan dengan sangat emosional, bahkan ada sebagiannya lagi yang "alergi" terhadap pesaing. Menjadi tujgas kita untuk memperlihatkan pemahaman yang lebih baik mengenai persaingan kepada mereka.

Pasar semakin tumbuh, dan kapasitas produksi mereka pun tidak akan menjangkau semua pasar yang ada, jadi gotong royong mereka masih bisa menyebarkan pasar. Atau mereka bisa menciptakan segmentasi dan targeting pasar mereka yang tidak banyak pemainnya.

Saking seriusnya fokus peda persaingan, mereka lupa bahwa fokus yang gotong royong yaitu pada pasar, pada cusstomer kita. Bagaimana kita benar-benar mengenaii pasar kita akan hal yang lebih penting daripada upaya untuk menjadi lebih cepat dari pesaing, lebih berpengaruh dari pesaing dan bagaimana mengalahkan pesaing.

Ketika kita bisa mengenal pasar kita dengan lebih baik, berkomunikasi dengan mereka dengan lebih sering dan lebih dekat, maka apa yang menjadi permasalahan dan kebutuhan pasar akan kita ketahui. Dengan begitu kita akan bisa memperlihatkan produk dan layanan yang seusai benar dengan apa yang mereka butuhkan.

Bahkan gotong royong keberadaan pesaing akan membantu kita dalam memperlihatkan visual apa yang gotong royong diharapkan oleh pasar. Seringkali survey yang kita lakukan tidak bisa memperlihatkan gambar yang sesungguhnya mengenai apa yang diharapkan pasar, tetapi dengan mangamati produk pesaing dan reaksi pasar terhadap pesain kita akan mendapat informasi yang penting untuk pembiasaan produk kita terhadap apa yang diharapkan oleh psar.

Amati bagaimana customer memilih, membandingkan dan membeli produk.
Interaksi produk dengan pasar yaitu visual yang penting untuk diamati. Interaksi ini  bisa menggambarkan banyak hal, apakah kemasan produk cukup menarik bagi customer? Apakah harga kita masuk dalam jangkauan pasar? Dan sebagainya.

Keberadaan produk pesaing di sekitar produk kita, seolah menyerupai ujian multiple choice bagi customer. Minat dan pilihan mereka yaitu informasi pasar yang paling penting. Pertimbangan mereka bisa jadi pada harga, ukuran kemasan, kemasan yang "menantang" dan sebagainya.

Nah, jadi dalam menyikapi persaingan haruslah sangat bijaksana. Buatlah produk pemasaran yang mendekatkan perusahaan anda bersahabat dengan customer, gampang dihubungi dan selalu bisa memperlihatkan solusi kepada mereka. Memenangkan hati customer yaitu salah satu cara yang bijaksana dalam menyikapi persaingan. Sukses!



Subscribe to receive free email updates:

ADS