ADS

Jika Sdm Semakin Membebani, Maka Kemitraan Yaitu Solusinya.

Mitra ialah apa yang mesti dikembangkan oleh UMKM
Setiap tahun upah minimum regional naik, tanpa pernah ada kompromi dengan para pengusaha terutama UMKM sebelumnya. Yang dijadikan contoh oleh pemerintah ialah tingkat kebutuhan hidup tanpa melihat realitas bahwa banyak perjuangan yang kssulitan untuk bertahan justru alasannya ialah beban-beban ibarat ini. Kenaikan UMR/UMK yang ditentukan oleh pemerintah tidak mengajarkan kepada para tenaga kerja untuk bersaing dalam hal kompetensi dan justru seolah memanjakan mereka.

Imbas dari semua ini ialah pada para pelaku UMKM yang semakin kesulitan dalam mencari tenaga kerja (karyawan) atau juga semakin berat beban biaya perjuangan yang harus mereka tanggung tanpa ada "benefit" atas kenaikan UMR tersebut kepada mereka alasannya ialah kenaikan UMR ialah alasannya ialah regulasi.Banyak UMKM yang mengeluhkan hal ini kepada kami, apalagi beban perjuangan yang lain juga tidak mau kalah, ibarat listrik, materi baku, pajak dan sebagainya. 

Jika memang hal ini sudah sulit untuk diakomodasi maka perlu suatu upaya efisiensi dari para pelaku UMKM dalam menekan biaya perjuangan semoga profit perjuangan mereka selalu terjaga. Salah satu upaya ialah dengan jalur kemitraan, mulai dari kawan produksi hingga kawan pemasaran. Sudah banyak pelaku UMKM yang melaksanakan sub kontrak pekerjaannya dengan perusahaan lain, dimana perusahaan sub kontraktor mengerjakan sebagian pekerjaan tersebut kepada pemilik pekerjaan. Hal ini dilakukan alasannya ialah dengan cara sub kontraktor ini maka pemilik pekerjaan bisa menekan biaya produksi daripada harus melaksanakan produksi sendiri. Hal ini biasa terjadi pada perjuangan skala kecil dan menengah alasannya ialah beban perusahaan mereka sudah mulai berat.

Dalam bidang pemasaran pun sudah banyak pelaku UMKM yang mencari kawan distributor atau biro untuk mengurangi beban biaya pemasaran apabila mereka melaksanakan pemasaran sendiri. Kemampuan menentukan kawan menjadi suatu kemampuan fundamental yang harus dimiliki oleh para pelaku UMKM semoga tujuan mereka bermitra bisa tercapai. Tujaun kemitraan ini selain untuk melaksanakan percepatan progres juga dimaksudkan untuk melaksanakan efisiensi produksi dan meningkatkan produktivitas.

Sebelum bermetamorfosis besar, para pelaku UMKM harus sudah menguasai kemampuan dalam membangun kemitraan alasannya ialah stategi ini akan banyak membantu pengembangan perjuangan mereka. Semoga sukses !



 

Subscribe to receive free email updates:

ADS