ADS

Trend Kuliner Es Kopi Susu Membantu Pertumbuhan Pasar Gulanas.

Es Kopi Kopi Kesuwon, Jember Jawa Timur.
Awalnya kami saya tidak menyadari dan kurang update dengan informasi bahwa ketika ini Es Kopi Susu ialah minuman ikonik yang sangat digemari ketika ini. Kami gres sadar sehabis beberapa Cafe memesan produk gula aren cair, dan mulai ketika itu kami mulai buka-buka internet perihal trending culinary ketika ini. Ternyata benar bahwa es kopi susu menjadi minuman yang sedang hit ketika ini.

Es Kopi Susu Kopi Tuku, Jakarta.
Dari informasi di kumparan.com kami mendapat informasi bahwa es kopi susu dipopulerkan oleh Kopi Tuku milik Mas Andanu Prasetyo (Tyo) pada tahun 2015 dan secara blak-blakan pula Mas Tyi ini membuka resep bagaimana menciptakan es kopi susu yang nikmat. Meskipun pada kenyataannya tidak semua orang pun menciptakan es kopi susu yang lezat tersebut alasannya ialah tidak mempunyai peralatan yang cukup di rumahnya, alasannya ialah lebih baik mereka menikmati es kopi susu sambil nongkrong dengan teman dan hubungan di Cafe.

Menyimak dari resep Mas Tyo bahwa es kopi susu yang juara diawali dengan base kopi yang kental yaitu expresso alasannya ialah expresso ini kaya rasa, perbandingan antara expresso dan air dan expresso harus akurat, gunakan susu yang kaya lemak, kentalkan susu dengan penambahan krim dan terakhir gunakan gula aren sebagai kunci resepnya. 

Gula aren cari menjadi identitas dari es kopi susu tersebut. "Saya memakai gula aren dengan tingkat kekentalan tertentu. Biasanya perbandingannya, 40 gr kopi, 120 gr susu dan (sekitar) 30 gr gula aren," ungkap Tyo secara blak-blakan. 

Terbukti ketika ini demam isu es kopi susu mulai merebak dari kota besar hingga dengan kota kecil semenjak tahun 2015 lalu. Indonesia memang mempunyai cita rasanya sendiri, dan cita rasa ketika ini sedang menentukan es kopi susu gula aren, yang merupakan perpaduan antara kesegaran, pahit, bagus dan sensasi gurih.

---
 
Trend ini merupakan peluang untuk GULANAS dalam melaksanakan promosi yang masif ke pasar-pasar yang telah menjadi targetnya, mengingat produsen gula aren cair belum banyak di Indonesia. Dan sementara ini para pelaku perjuangan cafe masih "mencairkan" gula aren sendiri dengan konsekwensi stabilitas rasa gula aren yang tidak konsisten. 

Inilah peluang bagi GULANAS yang memproduksi gula aren cair yang ready to use, alasannya ialah tidak perlu mencairkannya dari gula aren padat. Lebih praktis, lebih hygienis, alami serta mempunyai stabilitas dalam cita rasa. 

Dan terbukti bahwa beberapa cafe di kota-kota besar dan bahkan care di kota kecil pun telah menghubungi GULANAS untuk melaksanakan trial dan juga uji cita rasa es kopi susu-nya. Pasar GULANAS ialah hotel, resto dan cafe, sementara pasar retail meskipun agak lambat tetapi memperlihatkan ada pertumbuhan.

Rumah UMKM melaksanakan pendampingan pemasaran GULANAS .
Sejak awal sasaran pasar produk GULANAS ialah pasar bisnis, yaitu hotel, resto dan cafe serta Indonesia. Untuk pasar konsumsi GULANAS menentukan distribusi melalui retail modern dan toko-toko materi makanan. Penetapan pada pasar bisnis ini diadaptasi dengan benefitnya yang lebih praktis, hygienis, alami (sehat) dan mempunyai kestabilan pada rasa. Faktor simpel dan stabilitas rasa menjadi sangat penting bagi pasar bisnis, sementara faktor hygienis dan alami (sehat) merupakan benefit konsumsi atas gula cair ini.

Upaya promosi pun terus dilakukan untuk terus membangun awareness atas produk yang terbilang gres di pasaran ini. Promosi melalui media online dan social media menjadi pilihan ketika ini, alasannya ialah dirasakan sangat efektif dan justru memperlihatkan feed back yang aktual dari pasar. Banyak produk UMKM yang lambat dalam pemasaran alasannya ialah tidak terus menerus melaksanakan upaya promosi.

Promotion effort list.
Dengan upaya promosi yang terus menerus secara online, dan upaya pemasaran secara online dan offline ketika ini produk gula cair GULANAS telah mendapat beberapa kepercayaan dari customer bisnis. Beberapa biro telah mulai bergabung dengan GULANAS untuk pasar Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatra, Bali dan selanjutnya yang sedang dibangun ialah disribusi untuk Jawa Barat, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Timur lainnya. 

Beberapa customer yang telah mulai memakai produk GULANAS ialah sebagai berikut:

Customer List
DI tahun 2018 ini perkembangan customer gres akan semakin pesat alasannya ialah upaya pemasaran kami yang lebih masif, baik oleh GULANAS sebagai prinsipal maupun oleh kawan biro kami di daerahnya masing-masing. Dengan pertumbuhan ini, GULANAS telah merencanakan akan membuka pabrik gres melalui penawaran investasi alasannya ialah undangan dari industri-industri besar kuliner dan minuman yang sementara belum dapat terlayani seluruhnya alasannya ialah kapasitas produksi yang masih terbatas. 

Semangat membangun merk lokal menjadi merk nasional inilah yang menciptakan Rumah UMKM setalu setia mendampingi GULANAS dalam membangun pasar, bahkan ketika ini pun undangan dari luar negeri untuk eskpor pun telah masuk ke GULANAS.

 














Subscribe to receive free email updates:

ADS