ADS

Semua Tidak Harus Diakhiri Dengan Beli, Kadang Sementara Cukup Untuk Sekedar Tahu.

Semua tidak harus diakhiri dengan keputusan membeli, kadang sementara cukup untuk memberitahu customer apa yang kita punya untuk mereka.
Obrolan perihal pemasaran, promosi, sales dan branding akan selalu menjadi topik yang menarik, terlebih sebab topik ini tidak pernah bau sebab variasinya terlalu banyak. Sebagaimana apa yang saya obrolkan hari ini dengan teman-teman sales di suatu perusahaan media konvensional.

Sebuah dialog yang seharusnya sangat biasa menjadi sangat penting sebab seringkali kita melewatkan poin-poin pentingnya, contohnya sebagai berikut:

Siapakah Customer Kita?

Bukankah pertanyaan ini cukup sederhana? Tetapi apakah anda yakin mereka akan bisa menjawabnya dengan sempurna dan detail? 

Pertanyaan yang sederhana ini menjadi sulit saat perusahaan tidak benar-benar ingin tahu siapa sebetulnya customer mereka. Tidak benar-benar melaksanakan upaya riil untuk mengetahui siapa sebetulnya pembeli dari produk-produknya. Tidak pernah melaksanakan survey siapa sebetulnya customer mereka.

Lantas saat perusahaan memilih "strategi" pemasaran yang harus dijalankan, apakah berdasarkan anda taktik tersebut tepat? Tidak tahu customernya siapa, tidak pernah berkomunikasi dengan customer apa yang mereka inginkan dan tidak pernah tahu apa yang sebetulnya diperlukan oleh customer.

Hal yang kelihatannya sederhana tetapi sebetulnya merupakan titik perjalanan yang sangat memilih arah dan taktik selanjutnya.

Apakah Kita Memiliki Data Base Customer?

Bukti dari semua upaya awal dalam pemasaran dan penjualan yakni data base, data base yang telah diverifikasi dan dikonfirmasi valid oleh customer. 

Semakin banyak data base yang bisa diverifikasi dan dikonfirmasi oleh team sales anda menerangkan bahwa mereka telah melaksanakan pekerjaan dan fungsi mereka dengan benar. Tugas awal mereka yakni validasi data base tersebut dan sekaligus melengkapinya dengna informasi-informsi yang terbaru. Berarti mereka bekerja!

 
Apakah Kita Memiliki Program Pemasaran atau Penjualan Untuk Mereka?

Sebelum bertemu atau berkomunikasi dengan customer anda, tentunya anda sudah mempunyai "materi" untuk dibicarakan kepada customer anda misalnya: paket penjualan, jadwal penjualan atau sebagainya.

Jika ada, berarti team sales anda telah terbekali dalam melaksanakan acara penjualannya. Pertanyaan selanjutnya adalah: "Apakah semua customer yang ada di data base yang telah dimiliki sudah mengetahui jadwal pemasaran atau penjualan anda?" 

Seringkali seorang salesman "terlalu" ingin cepat membawa pulang hasil, sehingga lupa bahwa pada awalnya mereka butuh "mengenal" customer mereka dan apa yang mereka butuhkan dari perusahaannya. Setelah mengetahui kebutuhan tersebut, maka selanjutnya mereka akan mempersiapkan paket yang sesuai dengan kebutuhan dari customer tersebut.

Tidak harus eksklusif membeli, beri customer anda waktu untuk memahami perusahaan dan produk anda dan berikan klarifikasi yang "masuk akal" untuk mereka "mengapa" mereka harus membelinya dari anda. Apa benefit dan fitur yang anda tawarkan kepada mereka akan menjadi sangat penting saat anda ketemu dengan customer dengan kebutuhan yang relevan.

Apakah Anda Mencatat Setiap Progress dari Setiap Prospek Customer Anda?

Hal yang sederhana lagi, yakni apakah anda mencatat semua apa yang anda lakukan kepada setiap prospek customer anda? Apakah anda melihat adanya progress yang anda lakukan? Jika belum, buatlah sebuah progress apapun pogress itu meskipun hanya sekedar pengayaan informasi customer anda.

Apakah Anda Memberikan Solusi kepada Prospek Customer Anda pada Setiap Tahapan Progress?

Seringkali seorang salesman lupa bahwa mereka bertemu dengan customer yakni untuk menunjukkan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh customer. Mereka terlalu fokus pada produknya, bukan pada solusi yang seharusnya diperlukan oleh customer.

Apakah benefit dari produk yang mereka tawarkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan customer? Apakah perlu ada penyesuaian?

Apakah Anda Menjadwalkan Komunikasi Rutin dengan Customer Anda?
 
Anda yang membutuhkan customer anda, sehingga anda perlu menciptakan jadwal untuk berkomunikasi untuk update informasi maupun hanya sekedar menyapa.Jeda komunikasi bisa menunjukkan peluang untuk kehilangan customer anda, meskipun begitu anda juga harus mengatur waktu anda dengan baik supaya customer tidak merasa terganggu dengan jadwal anda.

Jika Anda Telah Lakukan Semua, Maka Waktu akan Berada di Pihak Anda.

Ketika hal-hal di atas telah anda lakukan maka waktu akan berpihak kepada anda untuk setiap kabar baiknya. Demikian apa yang bisa saya share hari ini, semoga bermanfaat. Sukses!



 

Subscribe to receive free email updates:

ADS