ADS

Ukm Naik Kelas, Sebuah Upaya Training Ukm Meniti Bisnis Tahap Demi Tahap.

UKM Naik Kelas, Sebuah Upaya Pembinaan Mengantarkan UKM Meniti Bisnis Tahap Demi Tahap.
Slogan UKM naik kelas cukup berhasil, terbukti banyak sekali UKM yang termotivasi dengan slogan tersebut untuk membenahi perilaku kewirausahaan dan usahanya. Intinya mereka ingin berkembang dengan melalui tahapan-tahapan yang kondusif untuk bisnis mereka. 

Lantas tahapan yang kondusif itu yang ibarat apa, maka dari banyak sekali pengalaman kami saat membantu beberapa UKM di Jawa Tengah ialah sebagai berikut:
  1. Naik kelas dalam kualitas produk, baik kualitas produk itu sendiri maupun kemasannya. Sebagian UMKM, terutama UMKM pangan masih dalam tahapan ini. Berbagai training dalam teknologi produksi dan perbaikan proses produksi perlu dibekalkan kepada para pelaku UMKM. Kemasan yang menarik juga masih selalu menjadi hambatan bagi para pelaku UMKM.
  2. Ketika tahapan pertama telah terselesaikan, maka tahapan kedua ialah bagaimana membantu para pelaku UMKM memahami pasar mereka dan mengenalkan potensi-potensi pasar semoga omzet penjualan dan profit mereka meningkat, sehingga memungkinkan untuk melaksanakan pembenahan-pembenahan berikutnya.
  3. Naik kelas dari sisi legalitas perjuangan dan sertifikasi perjuangan dan produk.
  4. Naik kelas dalam bidang administrasi pengelolaan usaha, baik administrasi SDM dimana para pelaku UMKM telah mempunyai sistem untuk mengatur pembagian kiprah dan kerja serta tanggung jawabnya, administrasi keuangan yang memungkinkan mereka memonitor dan mencatat semua uang masuk dan uang keluar serta bisa menciptakan laporan-laporan keuangan yang baku, administrasi operasi (produksi) yang memungkinkan mereka menerapkan efisiensi dan produktivitas kerja dan administrasi pemasaran yang memungkinkan mereka meningkatkan omzet dan profit perusahaan.
  5. Naik kelas dalam kemampuan perusahaan dalam mempunyai sistem administrasi yang baku dan SOP yang baik.
Bagi kami kelima tahapan di atas sudah memungkinkan kami untuk mendampingi UMKM tersebut dalam memperluas pemasaran produknya, sebab kami pun membutuhkan jaminan keseriusan dari UMKM untuk menjelma perusahaan yang lebih besar. Pasti tahapan tersebut tidak semudah teorinya, namun tahapan tersebut ialah tahapan yang wajib dilalui oleh pelaku UMKM untuk bisa dikatakan naik kelas.



Subscribe to receive free email updates:

ADS