ADS

Pusat Grosir, Menunjukkan Kesempatan Kepada Orang Lain Untuk Berbisnis.

Pusat Grosir Makanan & Minuman.
Di bisnis skala UMKM, produsen sangat ingin ketemu dengan pembeli kesudahannya sehingga transaksi yang terjadi yaitu eksklusif antara produsen dan pengguna produk tersebut. Dengan kata lain, jalur distrubusinya pendek. Dengan jalur distribusi yang pendek, peluang bagi pebisnis lain untuk masuk sangatlah sempit sehingga pengembangan perjuangan relatif lebih usang dan berat.

Memberikan peluang seluas-luasnya kepada pebisnis lain ke dalam bisnis kita yaitu upaya memperluas jaringan dan penyebaran warta produk. Semakin luas jaringan distribusi yang terbangun maka semakin cepat produk kita dikenal oleh pasar, sehingga peluang peningkatan omzet menjadi lebih baik. Hal mana kami sering mengingatkan kepada para pelaku UMKM untuk mencari "pasar bisnis" bukan pasar konsumsi, sebab posisi mereka yaitu produsen.

Setiap produsen harus mempunyai visi ke arah industrialisasi jikalau ingin berkembang, dimana mereka harus mempunyai sistem yang bisa menjaga konsistensi kualitas produk dan juga sistem yang bisa menjamin ketersediaan supply dan pengembangan kapasitas. Peluang industrialisasi inilah yang nantinya akan membuka peluang investasi dalam bisnisnya ke depan, sehinga bisa lebih besar dan berkembang.

Pusat Grosir Produk UMKM

Memang lebih sulit mencari pasar bisnis dibandingkan dengan pasar konsumsi, bahkan beberapa ekspo yang coba digelar oleh pemerintah seringkali hanya bisa menghadirkan pasar konsumsi bagi UMKM sehingga sesudah ekspo berakhir, maka pesanan ulang tidak pernah kunjung tiba. Meskipun sulit, tetapi hal ini merupakan kewajiban dari produsen sehingga segala macam ke arah sana harus ditempuh.

Kami masih teringat dikala ngobrol dengan Bapak Munjirin, Bupati Semarang beberapa tahun yang kemudian dikala kami menunjukkan bahan pemasaran kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Semarang di kawasan training UMKM di depan Rawa Pening (maaf kami lupa nama lokasinya). Lokasi yang dulunya diperuntukkan untuk UMKM Center tersebut terasa kurang sukses dengan konsep sebelumnya, dan Bapak Bupati ingin lokasi ini dijadikan Pusat Grosir Oleh-Oleh Kabupaten Semarang.

Ide ini berdasarkan kami sangat luar biasa, sebab bisa banyak membantu UMKM produsen dalam pemasaran produknya. Dengan cara ini, UMKM produsen mempunyai peluang besar untuk bertemu dengan pasar bisnis, yang berbelanja ke sentra grosir tersebut untuk tujuan dijual kembali dan dengan kuantitas yang cukup besar.

Di sisi lain, sentra grosir ini bisa menjadi magnet wisata bisnis bagi para pedagang yang ingin melaksanakan kulakan produk di sentra grosir tersebut. Dan kami salut dengan inspirasi Bapak Bupati tersebut, namun sayang hingga dengan hari ini inspirasi tersebut belum terealisasikan.

Ya, sentra grosir merupakan salah satu solusi dalam membantu pemasaran para pelaku UMKM produsen, dengan cara mempertemukan mereka dengan pasar bisnis. Dengan kapasitas penjualan yang lebih besar, maka produsen mempunyai jaminan untuk bisa terus fokus dalam produksi tanpa harus pecah fokus ke arah pemasaran.

Masih belum terlambat untuk merealisasikan inspirasi cemerlang dari Bapak Bupati Semarang tersebut, bahkan tidak harus di Kabupaten Semarang namun bisa juga untuk kota dan kabupaten lain. Semoga sukses!







 

Subscribe to receive free email updates:

ADS