Dalam pemasaran, komunikasi yaitu aktivitas yang sangat penting dalam membangun kesan pelanggan kepada produk kita. |
Bicara pemasaran seolah kita akan berdiskusi mengenai ratusan bahkan ribuan teknik yang bervariasi alasannya banyaknya kombinasi-kombinasi yang berbeda. Meskipun harus mempertimbangkan kondisi pasar, namun justru yang paling penting yaitu bagaimana kita melaksanakan komunikasi wacana siapa kita sebetulnya ada apa yang sebetulnya kita lakukan.
Luasnya pasar dan beragamnya sikap setaip segmen pasar yaitu pilihan bagi kita, dan pilihan yang sempurna yaitu pasar yang paling banyak membutuhkan produk kita dan kita sanggup untuk memenuhinya.
Ketika teman-teman UMKM ngobrol santai dengan kita dan bertanya, sebetulnya dalam pemasaran apa yang perlu mereka asah semenjak awal? Dan dari pengalaman kami, maka kami jawab bahwa mereka harus mengasah kemampuan komunikasinya. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, maka pelaku pemasaran akan mendapat isu yang penting mengenai permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan, keinganan dan kebutuhan mereka disamping isu mengenai latar belakang dan siapa sebetulnya pelanggan anda tersebut.
Informasi-informasi itulah yang sangat penting dalam menciptakan keputusan seni administrasi dalam pemasaran sehingga keputusan yang akan dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Komunikasi juga menjadi aktivitas yang sangat penting dalam membangun kesan dan persepsi pelanggan terhadap perusahaan dan produk kita. Customer sulit mengingat apa yang kita ucapkan dan apa yang kita lakukan, mereka lebih gampang mengingat kita ketika kita bisa memperlihatkan "suatu" kesan kepadanya. Dan kesan-kesan yang diingat oleh customer yaitu hal-hal yang terkait dengan kepentingannya, yaitu cita-cita dan kebutuhannya.
Dengan dasar ini kami sering mengingatkan semoga teman-teman UMKM mulai melaksanakan komunikasi yang terperinci dan tegas, dua arah dan lebih bisa mendengar apa yang diinginkan dan diharapkan oleh pelanggan. Sukses!