ADS

Back To Work, Kembali Beraktivitas Sehabis Lebaran.

Saatnya kembali bekerja sehabis liburan panjang.
Liburan lebaran tahun 2018 ini cukup panjang dan tentunya akan berdampak kebutuhan konsumtif. Bagi karyawan dan pegawai hal ini memang yang mereka tunggu sehabis bekerja selama setahun, namun bagi para pelaku UMKM apakah dapat berlama-lama menunggu untuk beraktivitas kembali sehabis pengeluaran cash flow yang besar menjelang lebaran?

UMKM memang tidak mengenal kata libur, kecuali memang dipaksa libur alasannya yaitu merekalah denyut ekonomi nasional. Perekonomian harus tetap hidup terutama ketika menyangkut pemenuhan kebutuhan pokok untuk hidup, dan di sinilah terlihat tugas UMKM sangat luar biasa dalam "hybernasi ekonomi" sejenak ini.

Tulian ini yaitu untuk mengingatkan kepada teman-teman UMKM untuk kembali beraktivitas dan menjalankan roda ekonomi semoga tidak terlarut dengan suasana liburan panjang yang dapat mengganggu denyut ekonomi nasional. Masalah finansial perjuangan yang biasanya terjadi ketika menjelang lebaran akan berlanjut lesu sehabis sebulah pasca lebaran dan hal ini harus menjadi perhatian bagi para pelaku UMKM (terutama yang mikro dan kecil). Harus cari mencari "cash in" lagi, yaitu kembali beraktivitas usaha.

Dalam kondisi ekonomi yang semakin berat menyerupai ini, denyut ekonomi dari urat-urat kecil perekonomian rakyat (UMKM) sangat diharapkan ketika perusahaan-perusahaan besar ketika ini sedang mengalami "demam" jawaban krisis dan beban ekonomi yang berat. Banyak sudah perusahaan besar yang terpaksa merampingkan diri alasannya yaitu tidak mampu bertahan dengan beban perjuangan yang berat dan tidak sedikit juga yang mulai menutup usahanya. Harapan untuk bertahan yaitu terus menggalang perekonomian rakyat melalui UMKM.

Ketika produk-produk UMKM yang tumbuh sudah mulai setara kualitas dengan perusahaan besar maka bekerjsama kekuatan mereka sudah dapat menggantikan kekuatan perusahaan besar. Penambahan kapasitas produksi dalam skala UMKM yaitu dengan cara penambahan pelaku usaha, atau dengan cara pusat produksi dan inilah yang disebut dengan konsep industrialisasi kerakyatan.

Semoga UMKM semakin tumbuh dan berkembang sehingga ekonomi Indonesia semakin kokok dan tidak gampang praktis terkena krisis, terutama krisis global. Eksplorasi kekuatan lokal merupakan kekuatan yang luar biasa dari perekonomian Indonesia, apalagi dari yang lokal dapat menjadi global. Sukses!


Subscribe to receive free email updates:

ADS