ADS

Saya Lokal Dan Aku Bangga.

Saya LOKAL, dan saya BANGGA.
Bukan Indonesia namanya jikalau tidak main slogan, dan saya pun ikut-ikutan ketika ingin mengingatkan teman-teman UMKM untuk tetap menjaga nilai lokal, unik dan orisinil meskipun pasarnya nanti yaitu pasar global. Tetap lokal dan tetap orisinil Indonesia, inilah produk yang diperlukan dari pasar ekspor.

Pembeli mencari produk dari Indonesia sebab keunikan dan kekhasannya, bukan produk yang bisa mereka buat sendiri ada di negara mereka. 

Di pasar lokal pun kecenderungan ke arah lokal sudah mulai terasa ketika produk UMKM mulai diburu sebab ada nilai-nilai tersebut di atas, yiatu: lokal, unik dan asli. Jiak dulu pasar lokal lebih besar hati dengan produk impor maka pelan-pelan mereka mulai mengapreasiasi produk lokal Indonesia sebab dampak dari aktivitas pelatihan UMKM yang serentak dilakukan di seluruh Indonesia. 

Peran edukasi melalui internet dan situs-situr yang terkait dengan pelatihan UMKM ibarat situs kami ini pun ternyata membawa dampak positif dalam memotivasi pelaku UMKM untuk menciptakan produk yang lebih baik. Bangganya lagi, para pelaku UMKM pun sudah mulai berorientasi ekspor yang secara tidak eksklusif mereka siap berguru untuk sesuatu yang lebih baik dan penuh tantangan.

Kuasai Lokal dan Hajar Pasar Global.

Pada ketika debutan awal kami dalam pelatihan UMKM, kami sudah mengingatkan kepada para pelaku UMKM ketika melaksanakan pemasaran untuk menjangkau lingkungan sekitar dulu. Mulai dari lingkup terkecil hingga wilayah terbesar di lingkungan mereka, produk mereka harus dikenal dan bisa memperlihatkan benefit kepada lingkungan sekitar baik secara ekonomi maupun solusi atas kebutuhan pasar.

Jangan hingga terjadi, ketika ada tamu tiba dan bertanya lokasi perjuangan kita para tetangga tidak tahu perihal perjuangan kita. Ini yaitu hal yang cukup mengganggu dalam promosi dan pemasaran produk kita meskipun di jaman digital hal ini seringkali terjadi.

Bagaimana kita mau kuasai pasar dari gempuran produk dari luar, jikalau kita sendiripun tidak dikenal oleh orang di wilayah kita?

Semangat membuatkan produk lokal dan orisinil Indonesia harus dipupuk semenjak dini, biar kita semakin samar mendengar teriakn orang perihal barang impor yang merajai pasar lokal dan sebagainya. Inovasi dan kreativitas yang akan menyulap produk lokal kita tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri, dan sudah banyak contohnya.

Hal lain yang paling menyemangati kami yaitu dari banyak usul produk pangan dari pasar ekspor (importir asing) yaitu produk pangan yang orisinil Indonesia dan khas Indonesia. Ini yaitu informasi bagus, apalagi di depan mata sendiri saya melihat produk ibarat kripik singkong membanjir ke China, Belanda dan TImur  Tengah. Di USA sendiri, snack yang digemari yaitu kripik kelapa dan kripik buah, hanya saja mereka ada usul khusus yang less sugar dan less oil. 

Semua itu yaitu citra bahwa produk Indonesia bisa menjadi primadona produk di luar negeri, selama kita bisa berguru untuk menciptakan produk yang berkualitas dan kondusif untuk dikonsumsi. Jangan hingga produk kita menciptakan alergi pasar Eropa dan USA ibarat yang terjadi pada produk pangan dari China.

Mari gelorakan semangat "Saya LOKAL, dan Saya BANGGA" untuk produk orisinil Indonesia. Suskes!

Subscribe to receive free email updates:

ADS