ADS

Networking, Jikalau Anda Ingin Lebih Besar.

NetworkingUsaha - Upaya mengikis keterbatasan warta dan peluang untuk menjadi lebih besar.
Terliihat bahwa beberapa pelaku UMKM yang mengalami progress cukup pesat yaitu UMKM yang mempunyai kemampuan networking yang lebih baik dari yang lainnya. Dan kami pun sempat ngobrol dengan beberapa di antara dan menerima instruksi bahwa mereka tahu benar apa tujuan mereka membangun networking dan bagaimana mereka mencapai tujuan tersebut dengan banyak sekali kerjasama yang telah mereka lakukan. Oleh alasannya itu ketika pembekalan teknis untuk produksi, pemasaran dan administrasi telah diberikan maka saatnya para pelaku UMKM dibekali kemampuan membangun jejaring (networking) dan melaksanakan kerjasama. 

Di sisi lain kami pun mendapati beberapa fakta bahwa banyak juga pelaku UMKM yang aktif dalam setiap acara dalam berjejaring namun tidak menampakkan progress perjuangan yang cukup signifikan, dan ketika kami dalami ternyata memang mereka kurang fokus dalam tujuan mereka berjejaring dan bagaimana melaksanakan kerjasama-kerjasama yang bisa memperlihatkan peluang pengembangan usahanya.

Sebagaimana kita ketahui bahwa berjejaring yaitu cara yang paling efektif dalam melaksanakan akselerasi progress pengembangan usaha. Sehingga akselerasi progress pengembangan perjuangan inlah yang harus selalu dijadikan tujuan utama dalam membangun jejaring. Dengan fokus kepada tujuan utama tersebut, pelaku UMKM bisa dengan sangat selektif menentukan jejaring yang akan menjadi prioritasnya sesuai dengan kebutuhan progress usahanya ketika ini.

Jejaring yang efektif yaitu jejaring yang memperlihatkan peluang saluran warta yang lebih baik terhadap supply materi baku, teknologi, manajemen, pemasaran dan pembiayaan. Sementara kerjasama yang produktif yaitu kerjasama yang berwujud partisipasi bisnis, sinergi bisnis atau akselerasi bisnis.

Kerjasama merupakan sanksi dari acara jejaring (networking) kita. Percuma saja membangun banyak jaringan, namun tidak ada kerjasama atau janji kerjasama yang dicapai. Dan hal ini masih seringkali kami lihat dalam acara jejaring pada pelaku-pelaku UMKM.

Untuk lebih memahami bagaimana membangun jejaring dan kerjasama, berikut kami bagikan materi dari kami sebagai ihwal bagi para pelaku UMKM dalam membangun jejaring.




























 

 



 


Subscribe to receive free email updates:

ADS