ADS

Social Media, Media Promosi Terbaik Bagi Umkm

Promosi GULANAS, melalui Instagram.
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa media promosi termudah, tercepat, termurah dan paling efektif yaitu social media. Istilah the world is connected muncul saat social media hadir disetiap smartphone yang ada di tangah kita sebagai titik hubung antar semua orang yang memilikinya. Harus diakui pula bahwa social media membawa dampak revolusi sosial yang luar biasa, dan hal ini perlu disikapi dengan cara yang posisif yaitu: mamanfaatkannya dengan benar dan menguntungkan kita.

Akhir-akhir ini kami mulai melirik media social Instagram dan LinkedIn dalam mempromosikan produk UMKM dan membangun awareness-nya di social media. Asyik, dan kami mulai memahami bahwa bahwa visual jauh lebih efektif dibandingkan bahasa goresan pena meskipun kita dihentikan menyampaikan bahwa goresan pena tidak penting. Tulisan sangat mendukung bahasa visual, sebab dengan "caption" yang menarik dan mendukung visual maka pesan yang akan disampaikan menjadi lebih efektif. Visual menarik, apalagi bahasa audio visual. Pelan-pelan UMKM harus melirik ke arah sana.

Produk Bali Dance Figurine dari Nuanza Porceelen
 
Produk Golf Trophy dari Nuanza Porcelen.
Ketika beberapa tahun yang kemudian kami menunjukkan pembekalan food photography dengan smartphone, kami sangat gembira saat UMKM-UMKM binaan kami telah bisa membuka pasar produk mereka melalui social media sebab hasil foto yang menarik. Namun kini tuntutan lebih berat lagi, yaitu bagaimana menciptakan foto yang "mampu bicara" lebih banyak untuk memberikan pesan "pasar" apa yang akan dibidik oleh produk UMKM tersebut.

Dibutuhkan kemampuan fotografi yang lebih baik lagi dan kemampuan editing foto yang selangkah lebih "canggih" dari kemampuan yang lalu. Key word-nya yaitu menciptakan pesat dalam bentuk visual, dan hal ini terus kami lakukan supaya pasar yang kami bidik di social media bisa tertarik dengan gaya visual kami apalagi social media yang kami pilih yaitu Instagram dan satu lagi yaitu LinkedIn yang tentunya pesannya harus lebih "profesional dan serus".

Gula Cair GULANAS, pasarnya yaitu HOREKA.

Kamtumi Jepara, fokusnya yaitu kerajinan dengan finishing yang vintage dan unik.

Sapu Upcycle, kemampuannya dalam merecycle materi baku menjadi produk yang berkualitas tinggi.

Coklat KAKAKOA, Pasarnya yaitu belum dewasa muda jaman sekarang.

 
Mina Sambel Bandeng, Pasarnya yaitu retail modern.
Kemampuan menggarap pesan dalam social media marketing memang menjadi sebuah tuntutan dasar dalam membangun koneksi dan audience. Semakin luas koneksi dan audience maka semakin besar peluang produk kita dalam membangun merk awareness, selain peluang dalam membangun direct selling.

Konsepnya yaitu bagaimana membaut akun social media kita menjadi media bacaan dan hiburan yang menarik dan tertata dengan, dan inilah hal yang tersulit dalam menggarap sebuah social media. Belum lagi tuntutan akan konsistensi kita atas konsep tersebut yang juga menjadi hal tersulit lainnya.

Semoga sharing singkat ini bermanfaat, sukses !


Subscribe to receive free email updates:

ADS