ADS

Gulanas, Perjalanan Panjang Menyakinkan Sebuah Kualitas.

Joko Budi Wiryono - PT Gula Energy Nusantara
Pasti apa yang telah dicapai ketika ini jauh lebih lezat dipandang daripada 2 hingga 5 tahun sebelumnya. Meskipun masih berproses, jerih payah lebih selama dari 5 tahun dari GULANAS telah mulai menuai hasil, selain mulai mendapat awareness dari masyarakat juga mendapat iman dari aneka macam industri dan bisnis.

Kami sangat beruntung dapat mendampingi UMKM ini lebih dari 5 tahun, sehingga perjalanan berat yang dilaluinya pun dapat kami rasakan. Sama-sama belajar, perusahaan berguru untuk selalu dapat bangun dan kami pun berguru untuk melihat kenyataan bisnis. Tidak semuanya mulus, tidak semua teori yang ada sesuai dengan kenyaataan namun banyak juga teori yang dapat diterapkan dengan baik dan bahkan memperlihatkan pengalaman bagi kami untuk terus menyempurnakan setiap teori yang kami yakini.

Kami sadar sepenuhnya bahwa mengubah kebiasaan atau kultur mengkonsumsi gula pasir dari masyarakat tidak dapat serta merta kami lakukan, butuh waktu, yang penting masyarakat tahu bahwa ada gula tebu dalam bentuk cair dan ada juga gula kelapa atau aren dalam bentuk cair. Yang penting masyarakat tahu bahwa kami buat dalam bentuk cair ialah untuk memperlihatkan nilai kepraktisan dan nilai efisiensi.  Kestabilan struktur gula dan hygienitas ialah kelebihan lain yang mungkin tidak kami sampaikan kepada masyarakat umum, melainkan kepada pasar bisnis.

Investasi waktu, tenaga, fatwa dan biaya yang telah dikeluarkan oleh PT Gula Energy Nusantara dalam perjalanan untuk mendapat awareness dari masyarakat telah dimulai dari semenjak 2015 kemudian ketika perusahaan retail modern sudah mulai melirik produk ini hadir di rak dispaly-nya. Perlahan namun pasti, beberapa agen di kota-kota besar ibarat Jakarta, Bandung dan Surabaya pun sudah meminang wilayah pemasaran kepada UMKM ini.

Saat ini pemasaran GULANAS sedang difokuskan untuk agen di luar Jawa, industri franchise minuman, Cafe Teh, dan industri. Ketika awareness masyarakat telah tumbuh, maka hal ini akan memudahkan kawan agen dalam penjualan. Sementrara itu dari pasar industri, meskipun harus melalui perjalanan panjang namun banyak industri minuman yang sudah merasa cocok dengan kualitas dari GULANAS, disamping alasannya ialah pertimbangan kepraktisan dan kestabilan kualitasnya.

Beberapa franchise minuman baik lokal, nasional maupun nasional pun ketika ini sudah menentukan produk gula cair gulanas dengan pertimbangan mudah dan stabil kualitasnya sehingga membantu mereka dalam menjaga cita rasa resep minumannya. Bahkan untuk menjaga konsistensi rasa es teh pun, beberapa resto telah memutuskan untuk memakai gula tebu cair GULANAS.

Investasi Peningkatan Produksi
 

Peningkatan kapasitas pun telah dipikirkan semenjak awal ketika produk ini telah dikenal masyarakat. Konsep gula cair ini harus digarap sebagai sebuah industri, tidak cukup digarap dengan perusahaan skala UMKM, oleh sebab itu GULANAS telah mempersiapkan beberapa alternatif investasi pendirian pabrik yang akan ditawarkan kepada investor yang benar-benar memahami industri gula.

Tujuan dari pendirian pabrik ini ialah untuk menanggapi permintaan dari aneka macam industri minuman dan kecap yang telah berkomitmen order dengan GULANAS, sehingga bisa dikatakan untuk pasar industri bergotong-royong GULANAS telah memilki prospek yang definitif.

Kegiatan produksi yang telah rutin ketika ini ialah untuk memenuhi pesanan dari mitra agen dan beberapa franchise minuman di kota-kota besar. Sebuah perjuangan panjang dalam membangun rutinitas produksi, yang ketika 2 atau 3 tahun yang kemudian masih berupa harapan bagi kami.

Tidak gampang merubah kebiasaan dari gula pasir ke gula cair, namun GULANAS tidak akan pernah berhenti mengingatkan konsumen untuk mencoba dan memutuskan sendiri gula apa yang akan konsumen pakai. Alami, praktis, hygienis dan stabil - hanya itu yang dapat kami janjikan kepada konsumen. Terima kasih atas kepercayaan konsumen kepada GULANAS.
 






Subscribe to receive free email updates:

ADS