ADS

Rumahumkm.Net, Edukasi Sembari Minum Kopi.

RumahUMKM.Net, Edukasi Sembari Minum Kopi.
Tanpa terasa RumahUMKM.Net, blog yang selalu mendampingi UMKM dalam mencari solusi permasalahan yang sering terjadi dalam perjalanan membangun usaha, sudah lebih dari 4 tahun. Sebuah blog yang kami coba berdiri untuk mendampingi agenda Rumah UMKM di Kadin Jateng. Sangat sederhana, namun kami yakin bahwa beberapa yang kami sampaikan di blog kami dapat bermanfaat bagi para UMKM, baik di Jawa Tengah maupun di luar propinsi yang lain alasannya yakni ternyata blog ini juga banyak dibaca oleh teman-teman UMKM di luar propinsi.

Solusi-solusi yang mudah kami coba sajikan kepada UMKM yang setia bersama kami. Mungkin cara kami dalam memandang permasalahan yang dihadapi UMKM berbeda, namun justru itulah yang menyebabkan kami menjadi warna tersendiri dalam pembinaan UMKM di Indonesia ini. 

Kadang membagi waktu antara kerja kami sendiri dengan terus menyebarkan gosip dan edukasi UMKM sangat berat bagi kami, namun perjalanan hampir 5 tahun ini sudah menerangkan bahwa kami masih dapat melakukannya.

Roh dari RumahUMKM.Net yakni mempromosikan perjuangan dan produk UMKM yang memang seharusnya mendapat porsi perhatian dari pasar. Pengalaman kami di praktek pemasaran kami coba untuk mengembangkan produk-produk UMKM di Jawa Tengah menembus pasar yang lebih luas, bahkan pasar ekspor.

Konsultasi dan training yakni bab awal kami dalam memahamkan apa yang harus dipersiapkan oleh UMKM menapaki jenjang yang lebih tinggi, selanjutnya promosi dan pemasaran yang kami lakukan yakni interaksi komersial yang harus dipahami oleh UMKM sebagai pengusaha yang dapat berdiri diatas kaki sendiri dan profesional. Tidak mungkin kami memperlihatkan kemudahan yang selalu gratis kepada UMKMm namum kami juga tidak akan membebani mereka dengan hal-hal yang belum mereka rasakan. Tahap sesudah konsultasi dan pelatihan, yaitu tahap promosi dan pemasaran yakni tahap dimana UMKM bersedia terikat dalam kesepakatan komersial dengan kami. Setiap pihak harus mendapat benefit dalam bisnis, dan itulah yang akan kami sampaikan kepada UMKM binaan kami yang ingin melangkah ke jenjang yang lebih tinggi.

Apa Yang Telah Kami Miliki Sekarang

Rutinitas kami dalam pembinaan UMKM selama ini telah membuatkan hasil yang anggun berupa data base produk unggulan dan UMKM unggulan, disamping di sisi lain kami juga telah menghimpun data buyer dari dalam dan luar negeri yang dapat dikembangkan menjadi kegiatan perdagangan. Data yang kami miliki yakni data yang telah terseleksi dan terverifikasi alasannya yakni kami juga melaksanakan kunjungan lapangan untuk melihat dari bersahabat mereka berproduksi dan mereka berkembang. 

Selain jaringan supply dan pasar, kami juga terfasilitasi jaringan pembiayaan yang selama ini menjadi kawan kerja kami. UMKM yakni pasar yang potensial bagi mereka, apalagi UMKM yang telah kami upgrade jenjangnya. Mereka butuh pembiayaan untuk berkembang.

Beberapa jaringan retail modern juga sering melibatkan kami dalam sourcing produk-produk UMKM dari binaan kami, sebagaimana juga eksportir dan importir yang sudah menjadi kawan pemasaran kami.

Untuk pasar domestik, beberapa biro nasional dan lokal juga telah merapatkan barisan kepada kami dalam sourcing produk UMKM yang berpontesi untuk dikembangkan menjadi industri. 

Beberapa investor juga telah mulai melirik keberadaan kami, saat kami sering melaksanakan promosi dan pemasaran produk UMKM binaan kami. Beberapa dari investor tersebut melihat peluang bagaimana mengembangkan bisnis UMKM tersebut menjadi bisnis yang lebih besar sehingga mereka dapat terlibat di dalamnya.

Inlah yang kami miliki dan kami sangat terbuka untuk berafiliasi dengan pihak-pihak yang memilki visi yang sama dengan kami, mengembangkan UMKM Indonesia!
 


Subscribe to receive free email updates:

ADS