Mengenali Pesaing Anda. |
Yang menarik dalam marketing yakni pepatah ini: marketing is a game atau marketing yakni sebuah permainan. Mungkin tidak semua marketer menganggap apa yang melaksanakan dikala ini yakni sebuah permainan, namun bagi mereka yang telah enjoy dan bahagia dengan tantangan memang benar adanya bahwa ternyata marketing yakni sebuah permainan.
Sebagai salah satu teladan yakni ketika kita diminta mengenali pesaing kita, bukankah ini sebuah permainan? Permainan detektif menyerupai itulah yang hendak kita coba mainkan kini ini. Dengan menganggap marketing yakni sebuah permainan maka mempelajari marketing yakni sebuah kesyikan tersendiri.
Karena beberapa teman-teman UMKM masih ada yang alergi terhadap pesaing dan persaingan, maka memang tidak ada salahnya kalau kita sedikit menyinggung perihal pentingnya mengenali pesaing kita dan tujuan mengenali pesaing untuk perjuangan kita.
Mengapa Ada Persaingan?
Menghindari "kesamaan" tidaklah mudah, ketika jumlah pelaku perjuangan yang semakin bertambah dan bisnis semakin padat menyerupai kini ini. Karena ada kesamaan maka akan terjadi "pembagian", dan lantaran setiap orang ingin cuilan yang lebih banyak maka timbullah apa yang disebut dengan persaingan. Sangat wajar, dan dunia bisnis selalu ada persaingan.
Meskipun ada perjuangan lain yang tidak menghasilkan produk sejenis, mereka sanggup menjadi pesaing lantaran produk mereka lebih menunjukkan kenyamanan, kemudahan, efisensi, kecepatan dan nilai tambah lainnya, sehingga nilai tambah tersebut akan menjadi alasan pelanggan meninggalkan suatu produk tertentu dan beralih ke produk lainnya.
Kesamaan yang dimaksudkan bisa berarti sama di produknya, sama di pasarnya, sama dalam cara pemasarannya, sama dalam wilayah pemasaran, sama dalam melayani pasar dan sebagainya. Banyak sekali kesamaan yang bisa terjadi, dan itulah sebabnya dalam marketing, mengenali pesaing sangatlah penting.
Mengapa Perlu Mengetahui Pesaing?
Ada beberapa alasan penting mengapa kita perlu mengetahu pesaing kita, antara lain:
- Jika ada beberapa pesaing yang melayani pasar yang sama, maka kita perlu mengetahui apakah pasar tersebut cukup besar untuk mendapatkan pemain baru.
- Mengetahui seberapa besar perbedaan antara produk (barang atau jasa) yang kita hasilkan dengan produk pesaing.
- Untuk mengetahui bagaimana mereka menerapkan taktik pemasaran sehingga bisa bertahan dan berhasil.
Nah, berikut yakni check list mengenai apa yang perlu diketahui dari pesaing-pesaing kita, sehingga hal ini bisa menjadi data pendukung dalam memilih taktik dan arah kebijakan perusahaan. Check list tersebut adalah:
- Berapa harga yang ditawarkan oleh pesaing?
- Bagaimana kualitas produk yang mereka tawarkan?
- Bagaimana cara mereka mempromosikan produk mereka?
- Tambahan jasa atau layanan apa yang mereka tawarkan?
- Bagaimanakah karyawan mereka?
- Apakah perlu pelatihan, sudah terlatih dan mereka digaji berapa?
- Bagaimanakah mereka mempromosikan? Apakah memasang iklan atau dengan cara lain?
- Bagaimanakah mereka mendistribusikan produk?
- Bagaimana taktik pemasaran mereka?
- Apakah kekuatan dan kelemahan pesaing?
Sangatlah penting untuk mendapatkan info apakah para pesaing kita berhasil dengan taktik pemasarannya, apalagi kalau dikaitkan dengan potensi yang mereka miliki, kekuatan dan kelemahan mereka. Informasi ini akan menjadi formulasi keberhasilan dari perjuangan anda sendiri nantinya.
Oleh alasannya itu, perlu sekali info di bawah ini perlu anda cari jawabannya:
- Apakah perusahaan-perusahaan yang berhasil tersebut memiliki cara yang sama dalam beroperasi?
- Apakah perusahaan-perusahaan yang berhasil tersebut memiliki cara yang sama dalam tetapkan harga, tunjangan jasa, penjualan atau produksi?
Setelah semua info dan data-data mengenai pesaing kita telah kita dapatkan, maka langkah selanjutnya yakni menganalisa info tersebut terkait dengan potentsi, kekuatan dan kelemahan perusahaan kita.
Kita juga perlu melaksanakan penilaian terhadap info perihal pelanggan Anda, kumpulkan, gunakan proses yang sama (serupa) dengan pesaing Anda, dan selanjutnya:
Formulasikan sebuah solusi bagaimana memberi nilai tambah dan menciptakan differesiasi sehingga produk kita menjadi lebih diminati dan sukses di pasar, mulai dari desain produk, kemasan, kualitas, harga, akses distribusinya, promosinya dan sebagainya.
Semua tujuang diferensiasi dan tunjangan nilai tambah (benefit) harus sesuasi dengan harapan pasar dan sesuai dengan positioning yang kita ambil.
Semoga sharing singkat ini bermanfaat, silahkan menikmati permainan detektif-detektifan ini. Pasti asyik !