ADS

Apakah Kita Sudah Perlu Seorang Manajer Social Media Untuk Bisnis Kita?

Social media penting untuk menciptakan bisnis kita tetap terkoneksi.
Hanya sedikit orang yang menyangkal manfaat yang sanggup diberikan oleh media umum kepada bisnis mereka akhir-akhir ini sehingga semakin banyak pemilik bisnis yang tiba ke wangsit tersebut. Hal inilah yang menjadikan Manajer Komunitas (adalah istilah industri untuk manajer media sosial) menjadi banyak diminati.

Mes
kipun begitu masih banyak muncul kebingungan di antara para pemilik bisnis, terutama bisnis skala kecil dan menengah, apakah mereka akan melaksanakan outsource pengelolaan socail media atau bahkan melaksanakan pengelolaan social media mereka sendiri dengan merekrut seorang manajer komunitas. Berikut ini yakni pertimbangan-pertimbangan yang masuk nalar untuk hal-hal tersebut:

Mengapa Anda Mungkin Tidak Membutuhkan Manajer Komunitas?

Dalam banyak kasus, tidak masuk nalar bagi pemilik perjuangan kecil untuk menyewa komunitas di sini. Inilah alasannya:

1. Tidak Ada yang Tahu Bisnis Anda Sama baiknya dengan Anda.Ini yakni realitas yang tak terbantahkan. Bukan hanya Anda mengkhususkan diri dalam industri atau niche Anda, tetapi Anda juga mengkhususkan pada hal-hal yang menciptakan bisnis Anda unik.Kebanyakan manajer komunitas profesional yakni generalis yang mengelola komunitas untuk banyak sekali bisnis. Mungkin sulit untuk menemukan seseorang yang tahu perihal bidang perjuangan Anda menyerupai Anda. Selain itu, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapat manajer komunitas gres untuk mempercepat apa yang bekerjsama menjadi tujuan perusahaan Anda.Tidak peduli seberapa pintar dan siapnya mereka, manajer komunitas yang dialihdayakan tidak akan sanggup menggantikan Anda.

2. Anda Sudah Terintegrasi Dengan Bisnis AndaBanyak konten sosial yang cantik berasal dari operasi bisnis Anda sehari-hari. Apakah Anda mendapat ada mendapat pesanan besar dari setiap hadirnya produk baru? Apakah restoran Anda menyampaikan hal yang Istimewa yang berbeda setiap hari? Manajer komunitas yang di-outsource tidak akan berada di lokasi untuk mengambil foto dan membagikannya dengan komunitas Anda. 

Bagaimana jikalau Anda mempunyai salon dan Anda ingin mendorong bisnis selama periode tertentu yang lebih cepat? Satu-satunya cara untuk memanfaatkan peluang itu yakni jikalau manajer komunitas Anda di sana, bukan di luar bisnis Anda.

3. Orang-Orang Mengharapkan Anda Dapat Diakses Melalui Media SosialBanyak orang tidak menyadari bahwa saat pelanggan menjangkau bisnis online — terutama bisnis kawasan mereka pernah bertemu dengan pemilik di masa kemudian — mereka berharap sanggup berkomunikasi dengan pemilik. Pemasar tahu bahwa itu tidak sering terjadi, tetapi teman, keluarga, dan klien reguler Anda percaya bahwa Anda yakni orang di ujung lain dari smartphone mereka. Jika manajer komunitas Anda tidak menyadari kekerabatan yang ada, interaksi online sanggup masuk ke wilayah canggung dengan sangat cepat.

4. Anda Dapat Mempelajari Banyak Tentang Bisnis Anda Dari Komunitas Online AndaJika Anda ingin memengaruhi eksklusif pelanggan Anda atau mendapat umpan balik yang solid dan wangsit bisnis baru, tidak perlu mencari lagi. Ini yakni salah satu belahan paling berharga dari media umum dan kesempatan ini terlalu cantik untuk diberikan kepada orang luar! Pelanggan Anda akan memberi tahu Anda apa yang mereka sukai, dan mereka terutama akan memberi tahu Anda apa yang mereka benci. Media sosial yakni cara sederhana untuk mendapat pemberitahuan perihal problem serius (termasuk staf yang bermasalah), menjawab pertanyaan atau kekhawatiran umum, dan tentu saja, berguru mengapa pelanggan menentukan Anda dalam persaingan bisnis ini.

Masih Berpikir Butuh Manajer Komunitas?Terlepas dari nilai dan manfaat yang terang dalam melaksanakan media umum Anda sendiri, banyak orang masih percaya bahwa mereka perlu mempekerjakan orang lain. Kecuali Anda menjalankan bisnis berbasis web, atau Anda cukup besar untuk mempekerjakan seseorang sepenuh waktu, saya tidak merekomendasikannya.Hanya ada dua alasan mengapa pemilik bisnis menyampaikan mereka membutuhkan dukungan media sosial.
  1.     Mereka tidak punya waktu.
  2.     Mereka tidak tahu harus berbuat apa.
Kedua keberatan ini sanggup diatasi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyederhanakannya. Dan ini kondisi ini yakni kondisi dimana Anda mungkin ingin sedikit bantuan.Seorang hebat taktik sosial akan membantu Anda membuatkan proses untuk menyederhanakan pemasaran media umum Anda. Mereka bisa:
  1.     Memberikan training khusus
  2.     Tentukan di mana Anda harus menghabiskan waktu Anda
  3.     Periksa secara rutin untuk memastikan semuanya benar-benar berfungsi
  4.     Membangun kalender konten sehingga Anda mempunyai rencana aksi
  5.     Membuat Anda tetap up-to-date pada lanskap yang terus berubah
Demikian apa yang bisa kami bagikan kepada teman-teman UMKM semau, bahwa mereka belum membutuhkan manajer komunitas, yang mereka butuhkan yakni bahwa mereka masih bisa menangani social media mereka sendiri dengan alasan-alasan tersebut di atas hanya saja mereka perlu mendapat training yang memadari dalam menyederhanakan pengelolaan social media mereka dan menciptakan konten-konten dari bisnis mereka sendiri. Tidak ada yang lebih paham bisnis mereka dibandingkan mereka sendiri.
Ketika di jaman digital ini dikenal bahwa taktik marketing yang hebat yakni "Connected" atau terkoneksi maka pelaku perjuangan harus tahu bahwa mereka-lah titik koneksi tersebut, dengan cara apa? Mereka-lah yang menjadi titik koneksi bukan manajer komunitas yang mereka sewa.

Subscribe to receive free email updates:

ADS