ADS

Memahami Esensi Marketing

Memahami Esensi Marketing
Hari Selasa ini, aku diberikan waktu untuk memperlihatkan pembekalan kepada start up bisnis di lingkup UPP IPTEKIN Jateng (Bappeda Propinsi Jawa Tengah). Dalam kesempatan ini bahan yang aku berikan yakni taktik pemasaran untuk start up dalam masa digital. 

Para audiens yang berjumlah 75 orang yakni start up bisnis yang berlatar pendidikan bermacam-macam, sehinga bahan yang aku berikan harus benar-benar dapat menjangkau mereka terutama ketika berbicara mengenai esensi marketing pada awalnya. Sebelum berbicara mengenai digital marketing secara umum, esensi marketing harus dapat mereka pahami secara seragam.

Lantas apa esensi marketing yang perlu mereka pahami tersebut? 

Ada 3 hal pokok dalam marketing, yaitu:
  1. Mengidentifikasi dan Mengenali Pelanggan. Untuk mengidentifikasi dan mengenali pelanggan, audiens harus memahami bagaimana melaksanakan survey mudah dan menerapkan teknik STP (Segmentation, Targeting dan Positioning). Segmentasi pasar harus dipahami dengan sederhana sebagai pemilihan segmen pasar mana yang akan kita garap. Hal ini kita ibaratkan mirip ketika ada beberapa bak ikan, maka kita akan menentukan bak ikan mana yang akan kita pancing. Target pasar dapat kita ibaratkan dari bak ikan yang kita pilih untuk dipancing, maka ikan apa yang akan kita pancing. Terlihat bahwa terjadi pengerucutan fokus terhadap pasar, dan fokus yang paling final yakni sasaran pasar. Lebih utama lagi yakni memahami arti positioning, posiitoning berarti umpan apa yang sesuai dengan ikan tersebut. 
  2. Mengenali Permasalahan dan Kebutuhan Pasar. Untuk mengetahui apa yang menjadi kebutuhan pasar, maka kita perlu tahu permasalahan apa yang dihadapi oleh pasar. Teknik yang kita gunakan untuk mengupas hal ini yakni teknik komunikasi pasar. 
  3. Memenuhi (Memuaskan) Kebutuhan Pelanggan. Setelah mengetahui kebutuhan pasar, maka kita akan melaksanakan penyesuaian-penyesuaian semoga produk dan layanan yang kita berikan benar-benar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Teknik yang dipakai yakni marketing mix, dimana kita telah melaksanakan pembiasaan stategi produk, taktik harga, taktik distribusi dan taktik promosi.
Ketiga hal tersebut di atas inilah yang bagi aku merupakan esensi dari pemasaran, alasannya hal tesebut masih tetap dipakai dalam pemasaran digital dikala ini. Ketika membaca goresan pena aku sebelumnya, yaitu Marketing is Dead! Maka hanya esensi marketing inilah yang tidak akan hilang atau terdisrupsi oleh teknologi digital marketing dikala ini. 
 
Dengan memahami esensi marketing tersebut, setidaknya dalam menentukan taktik digital marketing yang dikala ini pekat dengan acara di media sosial, yang didominasi oleh komunitas dan diperngaruhi oleh influencer, tidak akan bergerak jauh dari ekspektasi kita dan masih terukur. Suskes!
 


 


Subscribe to receive free email updates:

ADS