ADS

Brand Lokal Dari Umkm Pun Dapat Menggebrak Internasional.

SPEDAGI Sepeda Bambu, merk lokal Temanggaung yang sudah dikenal di Eropa dan Jepang.
Saat bertemu dengan Mas Arto Soebiantoro dari Brand Abventure, kami menyatakan bahwa RumahUMKM.Net siap mendukung Brand Adventure dalam mengangkat merk lokal menjadi merk internasional, lantaran gotong royong dalam kegiatan promosi ekspor kami hal ini yang menjadi konsentrasi kami.

Brand sangat penting dalam menciptakan keputusan dan kepercayan pasar terhadap produk kita, meskipun merk tidak hanya dibangun dari sebuah "standard kualitas" suatu produk melainkan juga bagaimana sebuah paket layanan, gambaran perusahaan, komunikasi pasar dan sebuah kisah semua itu disampaikan kepada audience. Brand ialah sebuah paket acara dalam membangun persepsi yang diinginkan perusahaan terhadap produk kita.

Lantas apa yang kami sampaikan kepada para UMKM kami dalam membangun merk mereka? Karena kami berposisi di lapangan dan bertemu pribadi dengan UMKM dan pasar secara pribadi maka kami dituntut untuk lebih mudah dalam memberikan konsep membangun brand. Ada beberapa hal (mungkin bisa disebut tips) yang bisa kami share dalam goresan pena ini, yaitu:

Brand dimulai dari konsep desain produk anda.

Tentulah merk produk dimulai dari desain produk anda sendiri. Produk tersebut didesain untuk segmen dan sasaran pasar yang mana? Apakah penentuan segmentasi dan sasaran pasar ini sudah survey sikap pasar anda? 

Sesederhana apapun survey pasar yang anda lakukan, haruslah hal ini dilakukan untuk penentuan segmentasi dan sasaran pasar anda semoga produk yang kita hasilkan tidak "meleset" dari apa yang diharapkan oleh pasar. Target pasar inilah yang menunjukkan informasi positioning yang akan kita tentukan, yang akan menjadi "tag line" dalam merk kita.

Desain produk merupakan kesatuan yang utuh dari kualitas produk dan visual produk termasuk kemasan yang sesuai dengan sasaran pasar yang kita bidik. Visual produk inilah komunikasi pasif kita kepada pasar, komunikasi merk berawal dari sini.

Layanan terhadap customer merupakan bab membangun merk yang sangat penting.

Banyak yang lupa bahwa produk saja tidaklah cukup, layanan perusahaan anda terhadap customer menjadi sangat penting dalam membangun persepsi atas perbedaan merk anda dengan merk yang lain. Menjadi unik dan terkoneksi ialah konsep yang selalu dikembangkan oleh perusahaan dalam membangun brandnya.

Konsep terkoneksi ini yang memaksa sebuah perusahaan harus memanfaatkan semua media yang ada, termasuk media digital untuk bisa menjangkau customer dan prospek customer untuk bisa berkomunikasi dengan perusahaan. Ingat, komunikasi bukan sekedar informasi.

Membangun Networking dan Kerjasama.

Brand ialah sebuah keunikan atau perbedaan, atau bisa dikatakan sebagai sebuah spesialisasi. Setiap specialis niscaya membangun keterbatasannya sendiri, oleh lantaran itu setiap merk harus saling berkolaborasi dalam menggarap audience yang lebih luas tanpa harus keluar dari keterbatasannya.

Misalnya dalam dunia fashion, sebuah merk pakaian bisa berkolaborasi dengan merk tas, merk sepatu, merk fashion accessories dan sebagainya semoga bisa membangun kelengkapan dalam memenuhi kebutuhan pasar.

Dinamis dan up-to-date.

Rencana merk kita haruslah mempertimbangkan kedinamisan dan up-to-date atas semua perkembangan dan pergeseran sikap pasar dan ekspresi dominan bisnis. Sebuah merk dituntut untuk selalu peka terhadap perubahaan tersebut.

Sebuah merk harus selalu menjadi leader dalam inovasi.

Sangat sulit untuk selalu menjadi beda tanpa melaksanakan penemuan dibandingkan dengan pesaing. Selalu lebih gres dan selalu beda menunjukkan dorongan kepada merk untuk selalu berinovasi terhadap tuntutan pasar dan bisnis. Sebuah merk harus mempertimbangkan bahwa mereka ialah "influencer" pasar sehingga mereka harus selalu keluar dari persaingan.

Menjadi Nara Sumber.

Untuk menjadi influencer, sebuah merk harus bisa menjadi nara sumber menjangkau edukasi merk yang lebih masif seperi dalam seminar dan diskusi. Membuat termotivasi, terinspirasi ialah cara terbaik dalam membangun persepsi positif atas merk anda.

Terstruktur dan rapi.
 
Konsep merk dan branding harus terstruktur dan rapi semoga gampang diikuti dan dilaksanakan oleh orang lain di lingkup perusahaan. Paham atas visi, wewenang dan kiprah merupakan hal yang sangat penting dalam menjami bahwa acara membangun merk bisa dilakukan dengan baik.

Manfaatkan semua pontensi yang ada.

Membangun merk berkonsekwensi atas waktu, energi dan biaya yang tidak sedikit. Manfaatkan semua potensi yang ada sebagai asset yang bisa dikembangkan, apalagi potensi yang mempunyai differensiasi yang tinggi sehingga bisa menciptakan perbedaan yang tinggi terhadap pesaing.

Potensi sumber daya merupakan asset yang sangat penting dalam membangun brand, baik yang intangible maupun yang intagible. Sebuah merk yang sukses ialah merk yang mempunyai kemampuan mengelola intangible asset menjadi sebuah kekuatan yang unik dalam merk tersebut.


Di Jawa Tengah sendiri kami secara praktek telah mendapati beberapa UMKM yang level pemikirannya atas merk di atas rata-rata, bahkan dibandingkan dengan perusahaan besar sekalipun. Mereka membangung merk dari semenjak konsep desain produk yang dipadu dengan kekuatan resources serta kekuatan sosial yang luar biasa, sebut saja di Jawa Tengah kami punya Mas Singgih Susilo Kartono dengan merk RADIO MAGNO dan SPEDAGI-nya. Mungkin belum banyak orang Indonesia mengenal merk tersebut, tetapi Eropa menyerupai Belanda dan Jerman, Australia dan Jepang sudah mengenal merk tersebut melebihi orang Indonesia.

Radio Magno, radio kayu yang didesain vintage.

SPEDAGI, sepeda bambu berkualitas tinggi.
Brand lokal dari Mas Singgih Susilo Kartono ini ialah teladan bahwa merk lokal juga sudah menunjukan diri di luar negeri, tidak hanya jago kandang. Lebih hebatnya lagi, merk ini muncul dari "Wong Ndeso" di Temanggung. 

Selain Mas Singgih Susilo Kartono, kita juga harus mengapresiasi Mas Sindhu Prastyo bersama team dari SAPU UPCYCLE Salatiga yang bisa membangun merk SAPU menjadi merk produk upcycle produk yang pasarnya ialah ekspor.

SAPU Upcycle, bisa menciptakan produk materi baku limbah menjadi produk berkualitas tinggi.
Apa yang dilakukan oleh team SAPU UPCYCLE ialah mengelola limbah produk menjadi produk dengan desain mutrakhir dan berkualitas tinggi untuk menggarap pasar ekspor. Konsep mereka memang unik, tidak hanya recycle saja namun mereka mengahgkat produk recycle tersebut menjadi produk yang layak diekspor.

Beberapa pameran di luar negeri juga mereka garap bareng antara SAPU UPCYCLE dan SPEDAGI plus RADIO MAGNO sebagai kerja sama yang solid dalam memperkenalkan merk lokal Indonesia di luar negeri, tanpa proteksi pemerintah melainkan swadaya mereka sendiri.

Masih banyak merk lokal di Jawa Tengah ini yang bisa digenjot menyerupai SPEDAGI, RADIO MAGNO dan SAPU UPCYCLE. Sukses buat grup band lokal Indonesia!
 

 

Subscribe to receive free email updates:

ADS