ADS

Membangun Jejaring Pemasaran Dengan Alibaba.Com.

Meet Up dengan Team Alibaba.Com Jawa Tengah
Jika bicara duduk perkara pemasaran ekspor, niscaya kurang lebihnya kita akan menyebut-nyebut nama Alibaba.Com yang sudah usang dikenal sebagai eCommerce ekspor. Dengan peran selama kurang lebih 20 tahun, Alibaba.Com telah membukukan data base eksportir dan importer yang sangat luar biasa sehingga apapun lead yang kita tawarkan mempunyai peluang besar dalam mendapat balasan dari buyer.

Bahkan belum usang ini kita mendengar bahwa beberapa eCommerce besar di Indonesia pun sebagian sahamnya telah dibeli oleh Alibaba.Com, yang artinya yakni bahwa Alibaba.Com terus berupaya menghimpun data base perdagangan yang semakin luas. 

Dengan informasi tesebut di atas tidak salah jikalau kami mencoba untuk ngobrol santai dengan perwakilan Alibaba.Com di Semarang untuk menjajagi banyak sekali peluang kerjasama jaringan pemasaran dengan Alibaba. Tidak akan pernah ada ruginya bicara dengan ahlinya, semua akan menjadi informasi yang bermanfaat.

Kali ini Team Alibaba.Com diwakili oleh Mas Fahri yang sudi menyempatkan waktunya tiba ke kantor kami, dan ngobrol selama kurang lebih 2 jam. Dari obroalan ini banyak hal yang dapat kami kerjasamakan ketika melihat Alibaba.Com mencari perusahaan (eksportir) yang sudah siap untuk melaksanakan ekspor secara FCL untuk ditawarkan menjadi member dari Alibaba.Com, alasannya begitulan platform income generating dari Alibaba.Com. 

Di sisi lain, Alibaba.Com melihat bahwa jadwal Rumah UMKM mempunyai peluang besar untuk membangun dan mengarahkan UMKM di Jawa Tengah ke level yang diinginkan oleh Alibaba.Com. Hanya saja untuk perusahaan level UMKM, masih ada sedikit ganjalan dengan nilai membership yang (menurut kami) masih di atas jangkauan UMKM, alasannya nilainya sekitar Rp 22.5 juta per tahun. Dan hal ini perlu ada solusi antara kami, contohnya dengan cara konsorsium atau dengan trading house.

Hal lain yang menguntungkan UMKM yakni peluang pembinaan gratis terkait pemasaran ekspor dan mekanisme ekspor di kantor Alibaba.Com sebagai kerjamsama dengan Rumah UMKM dimana kami juga akan terlibat dalam pembinaan tersebut.

Dalam kesempatan ini juga, Mas Fahri menyampaikan bahwa potensi ekspor Indonesia termasuk Jawa Tengah sanagt besar namun belum banyak dari para eksportir ini tergerak untuk memasuki kala pemasaran gres dengan eCommerce. Kebanyakan dari mereka masih percaya dengan metode usang dan konvensional, yang jikalau dihitung secara biaya bersama-sama lebih mahal dari sekedar biaya membership di Alibaba.Com. Tugas team Alibaba.Com di Jawa Tengah ini yakni untuk mengedukasi para eksportir mengakrabi eCommerce ekspor.

Di China sendiri, kultur pemasaran dengan eCommerce sudah jauh lebih baik daripada Indonesia meskipun bersama-sama potensi produknya Indonesia pun tidak kalah dari China. Untuk sementara ini pasar yang dibidik oleh Alibaba.Com yakni perusahaan besar yang berorientasi ekspor di Jawa Tengah.

Mas Fahri juga menyampaikan bahwa traffic perdagangan di Alibaba.Com dikala ini tinggi dan yang dapat disupply oleh Jawa Tengah yakni VCO, briket, minyak atsiri, furnitur dan handicraft. Untuk produk-produk tersebut ada jadwal sendiri dari team Alibaba.Com untuk mengakselerasi ekspor para UMKM yang memproduksi produk-produk tersebut di atas. 

Dengan data base yang luar biasa di bidang perdagangan eskpor, Alibaba.Com menunjukkan peluang yang tinggi dalam pemasaran ekspor melalui portalnya. Sukses!



 


Subscribe to receive free email updates:

ADS