ADS

Kurasi Produk, Sebelum Umkm Terjun Ke Pemasaran.

Kurasi Produk, Sebelum UMKM Terjun ke Pemasaran.
Banyak permasalahan kualitas produk dan kemasan dari perjuangan skala UMKM di pasar, sehingga sangat perlu adanya tahapan kurasi dari pihak-pihak terkait terutama dari para penggiat UMKM. Banyak produk UMKM yang sudah anggun dan mempunyai legalitas, tetapi tidak sedikit produk UMKM yang belum di level tersebut. Hal yang sering terjadi yakni pada produk pangan, lantaran memang produk pangan ini menguasai lebih dari 70% perjuangan skala UMKM.

Untuk menjamin keamanan pangan bagi konsumen dan keberlangsungan perjuangan dari produsen sendiri, maka UMKM produsen perlu mendapat training dan kurasi produk sebelum produk mereka meluncur di pasaran. Tujuannya yakni untuk pengecekan kualitas dan sekaligus solusi-solusi peningkatan kualitas produk bila dibutuhkan, termasuk kualitas kemasan produk yang lebih menarik dan tetap menjaga fungsi kemasan tersebut.

Kurasi Legalitas Produk

Masyarakat butuh jaminan bahwa produk yang mereka konsumsi harus benar-benar diproduksi oleh produsen yang legal, dengan dibuktikan adanya ijin perjuangan atau ijin dari dinas kesehatan yang dikenal dengan PIRT. Khusus untuk olahan berair susu, ikan dan daging diharapkan ijin edar dari BPOM.

Jika ketika ini masyarakat lebih kritis terhadap akta halal, maka akan lebih baik bila produk pangan telah mempunyai akta halal. 

Kurasi legalitas kami lakukan untuk mendeteksi produk-produk yang bekerjsama belum layak edar masuk ke pasaran.

Kurasi Kualitas Produk

Dalam bisnis pangan, persoalan cita rasa akan menjadi pola dalam kualitas sehingga kami akan melaksanakan uji rasa kepada produk-produk UMKM sesudah sebelumnya kami melaksanakan uji visual produk (fisik). 

Kandungan dan nutrisi dari produk pangan juga akan menjadi materi pertimbangan dalam kurasi kualitas produk, terutama masakan yang masih memakai pengawet, pewarna, penyedap, perasa, penggumpal, pemutih dan sebagainya. Bisa dikatakan bila banyak materi aditif yang ditambahkan, maka masakan tersebut tidak berkualitas.

Kebersihan masakan juga menjadi unsur penting dalam kurasi kualitas, termasuk sisa-sisa minyak dan materi lain yang tidak perlu ada.

Kurasi Kemasan Produk
Kemasan menjadi hal yang penting dalam pemasaran produk, oleh alasannya yakni itu kurasi kemasan produk menjadi sangat penting. Mulai dari penataan produk dalam kemasan, materi kemasan, pemenuhan fungsi kemasan, desain bentuk dan grafis kemasan dan semua hal yang terkait dalam label kemasan.

Kami harus akui bahwa perjuangan skala UMKM sangat lemah dalam desain kemasan, oleh alasannya yakni itu kurasi kemasan kami lakukan untuk memperbaiki mutu kemasan dan daya tarik produk.

Menjelang ajang UKM Pangan Award 2018 ini, kami akan melaksanakan road show ke banyak sekali kawasan di Jawa Tengah untuk memperlihatkan kurasi produk dan kemasan kepada para akseptor UKM Pangan Award 2018 yang diajukan oleh kota dan kabupaten di Jawa Tengah. Semoga acara roadshow kurasi produk dan kemasan ini dapat membantu para UMKM bekembang lebih besar dalam hal pemasarannya. Sukses!




Subscribe to receive free email updates:

ADS