ADS

Simple Survey Dengan Facebook.

Simple Survey dengan Facebook.
Sosial media yaitu tool yang dapat dimanfaatkan untuk banyak sekali keperluan, mulai dari networking, marketing maupun survey pasar. Hal mana sering saya lakukan untuk mendapat tanggapan dari audience sosial media saya, terutama facebook. 

Dengan pengelolaan facebook yang benar, terutama dalam audience management, maka kita dapat melaksanakan banyak hal dengan facebook. Usahakan audience kita yaitu segment atau sasaran market kita sehingga komunikasi yang kita berdiri di facebook sangat efisien dan efektif.

Kegiatan ask question, get answer perlu kita lakukan untuk melaksanakan survey ringan atas satu hal. Misalnya belum usang ini saya melemparkan pertanyaan : "Apakah UMKM lebih menentukan mentor yang bersertifikasi atau seorang mentor yang praktisi, meskipun tanpa sertifikasi?" 

Dari banyak sekali tanggapan UMKM ternyata lebih dari 90% mereka menentukan seorang mentor yang praktisi, dengan banyak sekali alasan antara lain:
  1. Best Practise, UMKM membutuhkan banyak pola riil dalam wirausaha, mengapa ini dapat dilakukan dan mengapa ini tidak perlu dilakukan dan apa alasannya. Menurut impian mereka, seorang praktisi dapat menunjukkan pola pengalamannya sendiri dalam berwirausaha dan hal ini sangat penting bagi para pelaku UMKM.
  2. Pelaku UMKM mempunyai waktu yang terbatas untuk mencerna sebuah teori dari mentor yang bukan praktisi. Meskipun sebetulnya teori tersebut juga dibutuhkan, tetapi dengan mentor seorang praktisi teori ini diperingkas dengan contoh-contoh riil.
  3. Pelaku UMKM ingin melihat bukti nyata.
Survey ringan ini saya maksudkan untuk menunjukkan alasan dalam melaksanakan banyak sekali perubahan sistem pembinaan dan pembinaan yang selama ini telah berjalan. Dalam entrepreurship apa yang kita lakukan harus terukur dan terbukti. Misalnya dalam pembinaan marketing dasar maka dibutuhkan sehabis pembinaan mereka pribadi mendapat citra siapa pasar mereka, dan apa yang mesti mereka lakukan selanjutnya.

Untuk mendukung perubahan ini, maka saya pun akan menggandeng "siapa yang sebetulnya dibutuhkan oleh UMKM". Misalnya dalam pembinaan pemasaran diusahakan melibatkan pihak calon buyer sehabis sebelumnya diseleksi para pelaku UMKM yang memang sudah layak dipertemukan dengan buyer. Tujuannya yaitu quick win, dan UMKM dapat melihat hasil konkret dari pembinaan tersebut.

Hal serupa akan dilakukan juga pada pembinaan financial usaha, yang akan melibatkan pihak forum finansial. UMKM yang akan mengikuti pembinaan inipun akan diseleksi sesuai dengan audience yang dibutuhkan oleh forum finansial.

Untuk UMKM yang belum masuk kategori-kategori seleksi tersebut akan dimatangkan lebih lanjut dengan program-program pembinaan mudah yang pribadi mengarah kepada tujuan. 

Berbagai survey sederhana dapat kita lakukan dengan facebook dikala kita membutuhkan tanggapan dari audience kita. Mulailah dengan bertanya kepada pasar atau audience kita. Sukses!






Subscribe to receive free email updates:

ADS